5 Jenis Kutil Berbahaya dan Tidak yang Bisa Muncul di Kulit

(0)
24 Jul 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Lima jenis kutil yang bisa muncul di tubuh, dapat diatas dengan berbagai caraJenis kutil yang muncul di tangan biasanya tidak terlalu berbahaya
Sering dijumpai muncul di kulit, kutil ternyata terdiri dari beberapa jenis berbeda. Jenis kutil sendiri dibedakan berdasarkan bentuk dan lokasi kemunculannya. Sebagian kutil ada yang berbentuk datar dan ada juga yang menonjol seperti jari. Kutil juga dapat muncul di berbagai area tubuh seperti leher, kaki, atau mulut.Kondisi ini bisa muncul karena infeksi human papilloma virus (HPV). Umumnya, kutil bukanlah hal yang berbahaya untuk tubuh. Namun, jika muncul di area vagina, kutil kelamin tersebut bisa berkembang menjadi kanker leher rahim atau kanker serviks.

Jenis kutil yang perlu Anda ketahui

Secara umum kutil bisa dibagi menjadi lima jenis utama, sebagai berikut:

1. Kutil biasa

Kutil biasa bisa disebut juga sebagai veruca vulgaris. Kutil ini konsistensinya keras, sedikit menonjol di permukaan kulit dan permukaannya kasar. Sekilas, kutil biasa bisa terlihat seperti kembang kol.Kutil jenis ini bisa muncul di mana pun. Namun biasanya, kondisi ini paling sering muncul di jari dan buku-bukunya, siku, dan lutut. Intinya, kutil ini sering muncul di area tubuh yang kerap terluka atau terbuka.

2. Kutil pipih

Kutil pipih bisanya tumbuh di area wajah, paha, atau lengan. Karena ukurannya yang kecil, kutil ini sering tidak disadari keberadaannya. Sesuai namanya, kutil jenis ini tidak terlihat menonjol dan di kulit dan hanya terlihat seperti area sedikit kasar yang memiliki warna yang berbeda dari kulit asli. Kutil pipih bisa terlihat berwarna kecokelatan, merah muda, atau sedikit kuning.

3. Kutil filiformis

Kutil filiformis biasanya tumbuh di area mulut dan hidung. Terkadang, kutil ini juga muncul di area leher atau di bawah dagu. Kutil ini berbentuk seperti benjolan lunak yang berwarna sama dengan kulit. Kondisi ini mungkin dapat terlihat seperti “daging tumbuh” dan tidak menimbulkan rasa sakit.

4. Kutil telapak kaki

Tidak seperti kutil lain yang tumbuh ke luar permukaan kulit, kutil telapak kaki atau kutil plantar, tumbuh ke dalam kulit. Kutil ini biasanya tumbuh di bagian belakang telapak kaki atau tumit.Di permukaan kulit telapak kaki, keberadaan kutil ini ditandai dengan adanya lubang kecil yang dikelilingi oleh kulit yang mengeras. Orang yang mengalaminya juga akan merasakan sakit saat berjalan.

5. Kutil periungual

Jenis kutil yang terakhir adalah kutil periungual. Benjolan ini biasanya tumbuh di sektiar kuku kaki dan tangan, dan membuat orang yang memilikinya merasa nyeri karena bisa mengganggu arah tumbuhnya kuku.

Cara menghilangkan kutil yang efektif

Sebagian besar kutil bisa sembuh sendiri apabila virus penyebabnya berhasil dikalahkan oleh sistem imun. Namun secara estetik, kondisi ini memang bagi sebagian orang dirasa mengganggu, sehingga mereka memilih untuk segera menghilangkannya.Kutil juga sebaiknya segera diperiksakan ke dokter apabila kemunculannya disertai gejala-gejala lain seperti nyeri sudah menular ke bagian-bagian lain di tubuh. Berikut ini, beberapa cara menghilangkan kutil yang dapat dilakukan dokter.

• Asam salisilat

Dokter dapat meresepkan Anda asam salisilat berupa gel, salep, maupun krim untuk mengikis lapisan kutil satu per satu hingga benjolan ini benar-benar hilang. Obat ini mungkin perlu dipakai beberapa minggu hingga bulan sampai kutil bisa hilang tuntas.

• Terapi nitrogen cair

Prosedur ini dinamakan cryotherapy. Untuk melakukannya, dokter akan membekukan kutil menggunakan nitrogen cair.
Setelah dibekukan, maka jaringan di kutil akan mati, dan lama-kelamaan kutil akan lepas. Prosedur ini perlu dilakukan beberapa kali untuk mencapai hasil yang maksimal.

• Terapi imun

Untuk kutil yang tak kunjung hilang dengan perawatan-perawatan yang ada, maka perawatan dengan terapi imun biasanya akan dipilih. Terapi ini akan merangsang sistem imun untuk bekerja lebih baik dalam mengusir virus penyebab kutil. Pada prosedur ini, pemberian obat topikal (obat oles) berbahan diphencyprone juga dapat dilakukan. Obat ini akan memicu reaksi alergi ringan yang membuat kutil perlahan-lahan hilang.

• Laser

Laser dapat menghancurkan pembuluh darah yang ada di dalam kutil, membuat jaringan kutil menjadi mati dan nantinya akan lepas dengan sendirinya.

• Zat kimia tertentu

Dokter juga dapat memberikan bahan kimia cantharidin untuk mengatasi kutil. Bahan ini akan dioleskan di permukaan kutil untuk menghentikan suplai darah ke benjolan tersebut. Satu minggu kemudian, jaringan kutil akan mati sepenuhnya dan Anda perlu kontrol lagi ke dokter agar dokter dapat membantu menyingkirkan jaringan kutil tersebut.

• Operasi

Opsi ini biasanya dilakukan jika kutil tidak dapat merespons dengan perawatan lain. Dokter akan mengangkat kutil dengan memotongnya menggunakan pisau bedah maupun membakarnya dengan listrik.Ragam perawatan di atas bisa digunakan untuk mengobati kelima jenis kutil yang mungkin muncul. Jika ingin memeriksakan benjolan mencurigakan di kulit baik itu kutil ataupun benjolan lainnya, Anda bisa datang ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan pengobatan dan pemeriksaan lebih rinci.
kutilkutil kelaminhpv
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/warts
Diakses pada 10 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/155039
Diakses pada 10 Juli 2020
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15045-warts
Diakses pada 10 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait