logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

13 Jenis Kurma Terbaik untuk Takjil Buka Puasa Sehat

open-summary

Berbagai jenis kurma memiliki ciri khas dari bentuk, tekstur, dan juga rasanya. Buah manis ini cocok untuk takjil saat berbuka puasa untuk mengembalikan tenaga.


close-summary

14 Mar 2023

| Ade Irawan

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

jenis kurma terbaik

Takjil puasa yang paling sehat

Table of Content

  • Macam-macam kurma untuk buka puasa
  • Manfaat buah kurma saat berbuka puasa

Kurma merupakan salah satu makanan yang paling diburu pada bulan puasa. Pasalnya, buka puasa dengan kurma terbukti baik untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang. Kamu pun bisa memilih macam-macam kurma yang banyak dijual sesuai dengan selera. Yuk, cari tahu jenis kurma yang bisa kamu cari di pasaran saat bulan Ramadan ini.

Advertisement

Macam-macam kurma untuk buka puasa

Masing-masing kurma yang dijual di pasaran memiliki ciri khasnya tersendiri. Perbedaan jenis kurma pun akan mempengaruhi harga dan rasanya. Kurma yang lebih mahal umumnya memiliki rasa yang lebih ‘bersih’ dan manis yang lebih pekat. Supaya tidak bingung saat memilihnya, kenali macam-macam kurma berikut ini:

1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa dikenal juga dengan sebutan kurma nabi. Inilah jenis kurma pertama yang dibudidayakan Nabi Muhammad SAW. Salah satu jenis kuma terfavorit ini berwarna cokelat tua hingga hitam. Rasa dan tekstur kurma Ajwa umumnya manis dan lembut. 

 

Di dalamnya terkandung banyak nutrisi, termasuk vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Kurma Ajwa juga memiliki indeks glikemik yang rendah. 

2. Kurma Medjool

Kurma medjool adalah jenis kurma yang ukurannya besar dan harganya cenderung lebih mahal. Kurma ini berwarna cokelat gelap kehitaman dan teksturnya lunak jika disentuh. 

Saat dikeringkan, kadar gulanya meningkat dan mempengaruhi tingkat kemanisan yang dihasilkan. Bagian luar kurma Medjool terlihat seperti ‘berdebu’, tetapi itu sebenarnya adalah gula alami yang dikeluarkan oleh buah tersebut.

Kurma ini mengandung serat yang tinggi untuk membantu menyehatkan pencernaan. Selain itu, kurma ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin B6, tembaga, zat besi, kalium, dan magnesium.

3. Kurma Hayani

Dari macam-macam kurma yang umumnya beredar, Hayani merupakan jenis yang paling berbeda. Hal ini bisa dilihat dari bentuk, warna, dan teksturnya

Jika kurma biasanya terlihat seperti buah yang dikeringkan, kurma Hayani terlihat seperti buah segar dan bisa dipanen sepanjang tahun. Kulit kurma ini juga mengkilap dan teksturnya lebih berserat.

4. Kurma Bahri

Kurma Barhi berukuran kecil dan bulat. Kurma ini memiliki kulit yang tipis berwarna cokelat. Rasanya termasuk yang lebih manis dengan daging buah yang empuk dan kenyal.

Hal ini membuat kurma Barhi disenangi banyak orang. Di dalamnya juga terkandung nutrisi yang menyehatkan, seperti vitamin B, serat, kalium, zat besi, dan antioksidan.

5. Kurma Safawi

Sama seperti kurma Medjool, kurma Safawi juga berwarna cokelat gelap kehitaman. Bedanya, tekstur kurma ini lebih kenyal saat dikunyah. Jenis kurma Safawi mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dinilai baik untuk kesehatan pencernaan.

6. Kurma Deglet noor

Kurma Deglet Noor merupakan salah satu jenis yang paling banyak dijual di pasaran. Kurma ini biasanya berwarna lebih terang dari kurma biasanya dan malah cenderung kemerahan. Ciri lain dari kurma Deglet Noor adalah kulitnya cukup keras dan dagingnya lebih kering layaknya kismis.

7. Kurma Amber

Kurma Amber merupakan kurma berkualitas tinggi. Kurma ini memiliki ukuran yang besar dan berbentuk lonjong. Sekilas terlihat mirip dengan kurma Ajwa, tetapi warnanya lebih terang. Tekstur kurma Amber juga lembut dengan daging buah yang lezat. Kurma ini berasal dari wilayah Madinah, Arab Saudi.

8. Kurma Halawi

Kurma Halawi adalah kurma lembut yang rasanya seperti madu atau karamel. Kurma ini memiliki ukuran yang kecil hingga sedang. Kulitnya berwarna cokelat keemasan dengan daging yang empuk. Kulit kurma Halawi tampak lebih keriput ketimbang macam-macam kurma lainnya. Namun, saat digigit, kurma ini akan terasa meleleh di mulut.

9. Kurma Saghai

Kurma Saghai sering kali dijadikan camilan oleh orang-orang di Arab Saudi karena teksturnya yang kering dan ringan. Kurma ini berwarna cokelat, tetapi kuning di bagian ujungnya. Kurma yang ditanam dan dibudidayakan dari Riyadh ini memiliki kulit yang berkerut.

10. Kurma Sukari

Kurma Sukari merupakan salah satu jenis kurma yang paling digemari. Tidak mengherankan, karena tekstur kurma ini sangat lembut sehingga langsung meleleh di mulut saat digigit. Rasanya pun lebih manis dari kurma kebanyakan.

Kurma Sukari memiliki warna cokelat keemasan dengan kulit yang layu. Di dalamnya terkandung serat, vitamin, dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh. Harganya juga lebih terjangkau dibandingkan macam-macam kurma lainnya.

11. Kurma Khudri

Kurma Khudri memiliki kulit luar yang terlihat keriput. Warnanya cokelat gelap hingga hitam dan rasanya cukup manis. Ukuran kurma ini bervariasi, mulai dari kecil hingga besar.

Kurma Khudri dipercaya tetap segar untuk waktu yang lama dan harganya lebih terjangkau. Beberapa kandungan nutrisi di dalamnya adalah zat besi, kalium, magnesium, asam folat, dan vitamin.

12. Kurma Khola

Kurma Khola berwarna cokelat keemasan. Rasanya bisa terbilang cukup unik karena seperti ada rasa dipanggang, tetapi sangat manis dan lezat. Kulit dari kurma ini cenderung longgar dan agak tembus pandang jika dibandingkan dengan jenis kurma lainnya. 

Kandungan nutrisinya juga cukup lengkap, mulai dari serat, mineral, dan antioksidan. Hal ini membuat kurma Khola cocok dikonsumsi saat berbuka puasa dan sahur.

13. Kurma Zahidi

Ciri khas kurma Zahidi adalah ukuran bijinya yang cukup besar. Daging kurma ini juga cenderung lebih garing sehingga lebih sering digunakan untuk membuat olahan kurma, seperti selai atau madu.

Jenis kurma Zuhidi memiliki ukuran sedang dengan rasa yang manis. Kulitnya halus mengkilap berwarna kuning keemasan. Inilah yang membuatnya menarik perhatian orang-orang.

Baca juga: Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah kurma saat berbuka puasa

Buka puasa dengan mengonsumsi kurma ternyata bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Selain bisa menggantikan energi yang hilang selama puasa, berikut ini beberapa manfaat kurma yang bisa dirasakan.

1. Kaya serat

Kurma mengandung cukup banyak serat sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Mengonsumsi kurma bisa membantu mencegah sembelit.

2. Mengandung antioksidan

Antioksidan adalah kandungan yang bisa membantu tubuh melawan kerusakan sel akibat paparan radikal bebas berlebih. Radikal bebas bisa memicu terjadinya berbagai penyakit seperti kanker, penyakit Alzheimer, hingga penyakit jantung.

3. Baik untuk tulang

Mineral yang ada di dalam kurma, seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium, membuatnya baik untuk kesehatan tulang. Alhasil, buah ini berpotensi membantu mencegah masalah tulang seperti osteoporosis.

4. Mengontrol kadar gula darah

Kandungan serat dan antioksidan pada kurma juga dipercaya membantu mengontrol gula darah. Meski begitu, kurma tetaplah mengandung gula sehingga penderita diabetes tidak disarankan untuk terlalu banyak mengonsumsinya.

Baca juga: Cara Menahan Lapar saat Puasa Sampai Maghrib

Sudah menstok kurma belum? Mungkin Ramadan kali ini jadi waktu yang tepat untuk mencoba berbagai jenis kurma.

Advertisement

diet puasa

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 24 Jam

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved