Jenis Kepribadian INFP, Si Introvert yang Suka Menolong Orang

INFP adalah jenis kepribadian berdasarkan hasil psikotes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).
INFP adalah kepribadian orang yang introvert tapi suka menolong orang lain.

Selain ISFJ, ada juga kepribadian INFP. INFP adalah salah satu jenis kepribadian yang diidentifikasi dari hasil psikotes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). INFP adalah singkatan dari introversion, intuition, feeling, dan perception. Individu dengan kepribadian INFP dikenal sebagai sosok idealis yang suka menutup diri dari dunia luar (introvert).

INFP adalah jenis kepribadian yang idealis dan introvert

Jangan salah, walaupun introvert dan idealis, orang dengan kepribadian INFP ingin menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik untuk semua. Di tengah “perjalanannya” mencari jati diri dan berusaha berbaur dengan sesama, sosok INFP juga ingin membantu bayak orang yang membutuhkannya.

Orang INFP menghabiskan banyak waktunya untuk mencari jati diri dan mengasah segala kemampuannya untuk membantu sesama. Supaya lebih dekat lagi dengan orang INFP, kenalilah berbagai macam ciri-cirinya ini:

  • Lebih suka menyendiri

Berbaur di tengah kerumunan banyak orang, dianggap bisa menyerap energi orang-orang INFP. Itulah sebabnya mereka menjadi introvert (membutuhkan me time) dan hanya ingin berkumpul dengan teman-teman dekatnya.

Perlu diakui, orang dengan kepribadian INFP lebih suka menyendiri. Namun, bukan berarti mereka pemalu. Orang INFP lebih suka menyendiri untuk “mengumpulkan” energi yang akan dipakai ketika berbaur dengan sesama nantinya.

  • Tidak suka dengan hal-hal detail

INFP mengandalkan intuisi untuk fokus terhadap “gambar yang lebih besar”, dibandingkan memperhatikan hal-hal detail kecil. Mereka sangat peduli dan teliti tentang apa yang sedang dikerjakan, tapi cenderung mengabaikan hal-hal detail kecil yang membosankan.

  • Keputusannya dipengaruhi perasaan pribadi

Saat sedang fokus mengerjakan sesuatu, orang INFP akan memilih keputusan yang dipengaruhi oleh perasaan pribadinya.

  • Suka mengutarakan opini

Ketika orang INFP memiliki pandangan terhadap suatu hal, ia akan senang hati mengutarakannya. Dalam mengambil keputusan, biasanya orang INFP didasari oleh pandangan pribadi, bukan logika.

Itulah tadi beberapa ciri-ciri orang INFP. Kesimpulannya, mereka dikenal sebagai orang yang idealis dan introvert, tapi tetap memikirkan perasaan orang lain. Bahkan, mereka rela menyendiri (untuk mempersiapkan energi) dan membantu orang banyak dengan energinya.

Kelebihan dan kelemahan orang INFP

INFP
INFP memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri

Setiap jenis kepribadian seseorang tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, sama seperti jenis kepribadian INFP.

Berikut ini adalah kelebihan orang INFP yang membuatnya banyak disukai orang:

  • Loyal
  • Sensitif terhadap perasaan
  • Mempedulikan orang lain
  • Bekerja dengan efektif tanpa bantuan orang lain
  • Menghargai persahabatan
  • Pandai dalam melihat ke depan (visioner)

Setelah mengetahui kelebihan orang INFP, tak afdol rasanya jika tidak memahami kekurangan orang INFP. Hal ini dilakukan agar kita bisa mengenal lebih jauh tentangnya.

  • Bisa terlalu idealis
  • Mudah tersinggung
  • Sulit untuk dimengerti
  • Terkadang melupakan hal-hal detail kecil

Dari kelebihan dan kelemahan inilah orang-orang dengan INFP terbentuk. Sama seperti jenis kepribadian lainnya; di mana ada kelebihan, di situ pasti ada kekurangannya.

INFP dalam hubungan cinta dan pertemanan

Di dalam hubungan cinta dan pertemanan, INFP adalah tipe orang yang berekspektasi tinggi. Orang INFP mungkin akan “menciptakan” sosok pasangan yang ideal di dalam pikiran mereka, yang akan membuat pasangannya kesulitan dalam memenuhi ekspektasi itu.

Namun tenang, INFP adalah jenis orang yang sangat peduli dengan pasangannya. Jangan lupakan juga sifat introvert yang membuatnya sulit dimengerti. Walaupun orang dengan kepribadian INFP akan berkomitmen penuh dalam menyayangi pasangannya, ia juga akan sulit dimengerti.

Orang INFP tidak menyukai konflik dalam hubungan. Ketika konflik muncul, ia akan lebih fokus terhadap perasaannya, daripada hal-hal yang dibahas di dalam konflik itu. Namun terkadang, orang INFP akan menjadi mediator atau penghubung yang baik di saat teman-temannya terlibat dalam konflik.

Pekerjaan yang cocok untuk INFP

INFP
INFP cenderung pandai dalam menulis

Orang INFP disebut akan “bersinar” dalam pekerjaan, karena mereka cenderung pandai dalam mengekspresikan kreativitas dan visinya dalam bekerja. Orang dengan kepribadian INFP justru bisa bekerja lebih efektif jika tidak ada “campur tangan” koleganya.

Selain itu, orang dengan INFP dianggap sangat mahir dalam menulis, terutama penulisan yang mampu menggambarkan visi dan idenya.

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang cocok untuk INFP:

  • Seniman
  • Konselor
  • Desain grafis
  • Pustakawan
  • Psikolog
  • Pekerja sosial
  • Penulis

INFP adalah jenis kepribadian yang dikenal introvert tapi tidak melupakan pentingnya persahabatan dengan teman dekatnya. Namuni terkadang, ia lebih suka menyendiri dalam menyelesaikan masalah.

Walau sulit dimengerti, jangan menganggap bahwa orang INFP tidak memperhatikan yang ada di sekelilingnya, terutama teman-teman dekat dan keluarganya.

Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/infp-a-profile-of-the-idealist-personality-type-2795987
Diakses pada 3 April 2020

Counselling Resource. https://counsellingresource.com/features/2013/09/03/infp-personality-dreamer/
Diakses pada 3 April 2020

Artikel Terkait