8 Jenis Kembar Umum Hingga yang Terlangka


Hingga kini, fakta seputar bayi kembar masih menjadi hal yang menakjubkan. Bahkan, jenis kembar juga semakin banyak. Bukan hanya jenis bayi kembar identik dan fraternal, namun ada juga jenis lain yang lebih langka.

0,0
20 Jul 2021|Azelia Trifiana
Bayi kembar identikBayi kembar identik
Hingga kini, fakta seputar bayi kembar masih menjadi hal yang menakjubkan. Bahkan, jenis kembar juga semakin banyak. Bukan hanya jenis bayi kembar identik dan fraternal, namun ada juga jenis lain yang lebih langka.Berkat perkembangan ilmu seputar kesuburan, kini fakta seputar bayi kembar mulai dari tahapan perkembangan dalam janin hingga tumbuh besar pun semakin jelas.

Mengenal jenis kembar

Berikut ini beberapa jenis kembar mulai dari yang paling umum hingga langka:

1. Kembar identik

Disebut juga kembar monozygotic, ini berarti bayi kembar berasal dari satu sel telur yang dibuahi. Setelah pembuahan, sel telur ini membelah menjadi dua. Masing-masing tumbuh menjadi bayi.Mengingat asal mulanya adalah sperma dan sel telur yang sama, tentu kromosomnya 100% identik atau sama. Mulai dari jenis kelamin, warna rambut, warna mata, hingga karakteristik genetik lainnya pun serupa.Namun, faktor lain dari lingkungan seperti seberapa besar ruangan dalam rahim bisa berdampak pada bentuk tubuh bayi.

2. Kembar fraternal

Kembar dizygotic berarti berasal dari dua sel telur yang dibuahi. Artinya, ibu melepaskan dua sel telur di waktu bersamaan. Setiap sel telur dibuahi oleh sperma berbeda.Mengingat asal mulanya adalah sperma dan sel telur berbeda, hanya 50% kromosomnya yang sama. Jadi, bayi kembar ini bisa berbeda jenis kelamin dan tidak identik.

3. Kembar polar body

Jenis kembar lainnya adalah polar body atau kembar half-identical. Menurut dokter, inilah jawaban mengapa bayi kembar fraternal bisa terlahir identik. Namun, belum pernah terbukti bahwa jenis kembar ini benar-benar ada.Ketika sebuah sel telur dilepaskan, ada kemungkinan membelah menjadi dua. Belahan yang lebih kecil disebut dengan polar body. Sel telur ini telah memenuhi syarat untuk tumbuh menjadi seorang bayi. Namun, jumlah cairan atau sitoplasma di dalamnya sangat sedikit.Apabila polar body bertahan hidup, ada kemungkinan sperma membuahinya. Di tahap inilah terbentuk polar twins. Mengingat mereka berasal dari satu sel telur, kromosom dari ibunya tentu identik. Di sisi lain, tidak ada kromosom yang sama dari pihak ayah. Jenis kelaminnay bisa sama atau berbeda.

4. Kembar mirror image

Subtipe dari kembar identik yang kemungkinan terjadinya lebih langka adalah mirror image. Ini terjadi ketika sel telur membelah dalam 7-12 hari setelah pembuahan, bukannya dalam pekan pertamanya. Di periode ini, embrio telah berkembang sisi kanan dan kiri tubuhnya.Artinya, jenis bayi kembar ini identik namun dalam bentuk mirror image. Sebagai contoh, gigi satu bayi tumbuh dari kanan dulu, sementara saudara kembarnya dari kiri.Begitu pula preferensi penggunaan tangan. Jika salah satu tangan dominannya adalah kanan, maka saudara kembarnya bisa jadi kidal. Bahkan, bisa jadi bayi punya kebiasaan menyilangkan kaki dengan arah berlawanan.

5. Kembar siam

Jenis kembar identik yang secara fisik melekat satu sama lain. Menurut ahli, ini bisa terjadi karena sel telur yang dibuahi tidak terpisah sempurna. Ini bisa terjadi pada periode pemisahan 12 hari setelah pertama kali pembuahan terjadi.Namun, ada pula yang menyebut kembar siamterjadi ketika sel telur sudah terpisah sempurna, namun kembali menempel.Lokasi melekatnya dua bayi ini berbeda-beda, namun paling sering di dada atau abdomen. Seberapa besar perlekatannya juga berlainan. Namun hampir selalu, kembar siam harus berbagi satu atau lebih organ vital.Lebih jauh lagi, sering kali kembar siam meninggal sebelum atau setelah lahir. Mereka yang bisa bertahan harus melalui prosedur operasi pemisahan, bergantung pada lokasi perlekatan dan organ yang digunakan bersama.Menariknya, meski tubuhnya tergabung, keduanya adalah individu berbeda yang bisa berpikir secara mandiri.

6. Kembar parasit

Merupakan jenis kembar conjoined ketika salah satu bayi berukuran lebih kecil. Dengan demikian, ada ketergantungan pada saudara kembarnya yang lebih besar. Biasanya, bayi yang lebih kecil tidak tumbuh sempurna dan bisa jadi tak memiliki organ vital seperti jantung atau otak.Bayi kembar yang lebih kecil bisa terbentuk di mana saja dan bentuknya berlainan. Mulai dari bentuk seperti benjolan, kepala yang tidak berfungsi, atau tambahan tungkai yang melekat secara acak.

7. Kembar semi identik

Jenis bayi kembar ini terbentuk karena ada dua sperma terpisah yang membuahi satu sel telur. Untuk bisa bertahan, sel telur ini harus membelah menjadi dua dengan jumlah kromosom tepat. Hingga kini, baru tercatat dua kasus kembar semi identik.

8. Kembar identik beda kelamin

Pada kasus yang lebih langka, kembar identik bisa juga berjenis kelamin berbeda. Awalnya, mereka merupakan bayi kembar laki-laki. Kromosomnya adalah XY, bukan XX seperti bayi perempuan.Namun setelah sel telur membelah menjadi dua, terjadi mutasi genetik. Salah satu bayi kembar kehilangan kromosom Y dan berubah menjadi X0. Mutasi ini disebut dengan sindrom Turner.Mengingat hanya satu kromosom X, saudara kembarnya akan terlahir sebagai perempuan. Namun, ada masalah pertumbuhan sejak lahir hingga isu terkait kesuburan ketika telah dewasa. Hal ini tak akan berdampak pada saudara kembarnya yang normal.

Catatan dari SehatQ

Kehamilan dengan janin kembar kerap dianggap sebagai kehamilan berisiko tinggi karena risiko terjadinya masalah lebih besar. Mulai dari masalah lokasi plasenta, bayi terlahir prematur, berat badan lahir rendah, diabetes gestasional, hingga perdarahan pasca-melahirkan.Dari seluruh jenis bayi kembar di atas, jenis identik dan fraternal adalah yang paling umum terjadi. Namun, tak menutup kemungkinan ada kasus bayi kembar yang lebih langka.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang menjaga kesehatan ibu hamil bayi kembar, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bayi & menyusuiibu dan anaktumbuh kembang bayi
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/types-of-twins
Diakses pada 5 Juli 2021
Pregnancy Birth Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/types-of-twins
Diakses pada 5 Juli 2021
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/unique-and-unusual-types-of-twins-2447163
Diakses pada 5 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait