5 Jenis Pencemaran Lingkungan yang Harus Dicegah


Pencemaran lingkungan bisa dibagi menjadi 5 jenis, yaitu pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran suara, dan pencemaran cahaya. Masing-masingnya bisa berpengaruh buruk pada kesehatan manusia.

(0)
06 Nov 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pencemaran lingkungan terdiri dari pencemaran air, tanah, udara, suara, dan cahayaPencemaran lingkungan ada 5 jenis, salah satunya pencemaran air
Rusaknya ekosistem, kotornya air laut, hingga kumpulan asap polusi di langit hanyalah beebrapa contoh pencemaran lingkungan yang kian hari kian terasa. Sebagai manusia yang masih akan bergantung pada alam sekitarnya, tentu kita harus mencari cara untuk mencegahnya.Salah satu cara memulainya adalah dengan mengenali lebih jauh soal pengertian dan jenis-jenis pencemaran lingkungan. Dengan begitu kita bisa membatasi diri untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan bumi tercinta kedepannya.

Pengertian pencemaran lingkungan

Pengertian tentang pencemaran lingkungan dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1982 tentang ketentuan-ketentuan pokok pengelolaan lingkungan hidup.Pencemaran lingkungan adalah masuknya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan dan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia maupun proses alam. Akibatnya, kualitas lingkungan menjadi kurang atau tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.Seperti yang telah disebutkan di atas, pencemaran lingkungan bisa disebabkan oleh bencana alam maupun ulah manusia-manusia yang kurang bertanggung jawab.Contoh pencemaran lingkungan yang ada akibat bencana alam adalah:
  • Debu akibat letusan gunung berapi
  • Debu dan kotoran dari tanah yang tertiup angin
  • Semburan garam laut
  • Emisi organik dari tumbuhan
Sementara itu, pencemaran lingkungan akibat ulah manusia antara lain:
  • Sisa pembakaran bahan bakar minyak (BBM) dari kendaraan
  • Kepulan asap pabrik
  • Sampah yang menggenang di laut
  • Buangan limbah pabrik di sungai
  • Emisi gas rumah kaca dari peternakan dan pertanian

5 Jenis pencemaran lingkungan

Pencemaran lingkungan bisa dibagi menjadi lima kelompok besar, yaitu pencemaran udara, pencemaran tanah, pencemaran air, pencemaran suara, dan pencemaran cahaya.

1. Pencemaran udara

Pencemaran udara salah satu jenis pencemaran lingkungan
Pencemaran udara dari asap pabrik
Pencemaran udara terjadi akibat peningkatan jumlah gas dan zat berbahaya di udara, sehingga kualitas udara yang kita hirup semakin memburuk.Jadi selain oksigen murni, gas dengan jumlah yang seharusnya kecil seperti karbon monoksida, sulfur dioksida, atau nitrogen oksida, terus menumpuk di udara.Untuk orang-orang yang tinggal di kota besar, pencemaran udara mungkin sudah jadi makanan sehari-hari. Langit yang cerah tapi berwarna abu-abu akibat kumpulan asap pekat adalah pemandangan biasa.Meski kerap dianggap lumrah, pencemaran udara sebenarnya sangat merugikan manusia dari berbagai sisi, termasuk kesehatan. Pencemaran udara akan meningkatkan risiko seseorang terkena berbagai penyakit, seperti:Baca Juga: 10 Tanaman Pembersih Udara yang Bisa Ditanam Di Rumah

2. Pencemaran tanah

Pencemaran tanah salah satu contoh pencemaran lingkungan
Pencemaran tanah oleh sampah plastik
Pencemaran tanah muncul akibat sampah, limbah, dan racun-racun sisa industri lainnya dibuang tanpa prosedur yang baik ke tanah. Akibatnya, tanah pun terkontaminasi.Pencemaran tanah bisa terjadi saat seseorang membuang sampah sembarangan di kebun atau hutan, membuka tambang minyak, hingga menjadikan suatu lahan sebagai tempat pembuangan limbah.Dari semua yang dibuang ke tanah, limbah dari bahan organik memakan porsi paling besar. Berikut ini bahan-bahan yang paling sering menjadi sumber pencemaran tanah.
  • Kertas dan kardus: 26% dari total limbah
  • Sisa makanan: 15%
  • Rumput sisa: 13%
Sementara itu, sampah plastik menjadi sumber non-organik paling banyak dengan porsi 13% dari total limbah, diikuti oleh karet dan tektstil sebanyak 9,5%, serta logam 9%.Sisanya, kayu 6,2% dari total limbah, kaca 4,4%, dan zat lain sebanyak 3%. Sehingga kita tahu, bahwa sumber pencemaran tanah sebenarnya sangatlah banyak.

3. Pencemaran air

Pencemaran air salah satu contoh pencemaran lingkungan
Pencemaran air salah satu contoh pencemaran lingkungan
Pencemaran air adalah polusi yang terjadi kala zat sisa atau limbah yang berisi zat kimia berbahaya, sampah, dan benda lain, masuk ke air, baik itu laut, sungai, hingga danau ataupun badan air lainnya.Air yang sudah tercemar biasanya akan terlihat berwarna keruh dan berbau. Pada kejadian tersebut, tentu kita bisa dengan mudah menghindarinya. Namun tidak jarang, air yang tercemar masih jernih dan tanpa aroma sama sekali.Hal ini membuat kita harus lebih berhari-hati. Sebab, mengonsumsi sesuatu dari air yang tercemar bisa menimbulkan berbagai penyakti, bahkan dalam jangka panjang.Bahkan, diperkirakan sekitar 4.000 orang anak meninggal dunia setiap harinya akibat mengonsumsi air yang tercemar. Anda juga bisa sakit bila mengonsumsi ikan yang hidup di air tercemar.Baca Juga: Penyakit  Menular yang Bisa Muncul Akibat Air Kotor

4. Pencemaran suara

Pencemaran suara adalah salah satu contoh pencemaran lingkungan
Pencemaran suara bisa disebabkan oleh suara klakson kendaraan
Pencemaran suara bisa muncul akibat kebisingan, melebihi ambang batas yang bisa ditoleransi manusia. Ukuran kebisingan suara dihitung menggunakan desibel.Contoh dari pencemaran suara antara lain:
  • Suara klakson kendaraan yang digunakan berlebihan
  • Suara dari situs pembangungan konstruksi
  • Suara bising pesawat di bandara
  • Suara dari pengeras suara yang tidak sesuai tempatnya
  • Suara bising mesin pabrik
Meski sering disepelekan, jika dibiarkan, pencemaran suara bisa memicu berbagai masalah kesehatan, seperti:
  • Gangguan pendengaran
  • Tekanan darah tinggi
  • Stres
  • Gangguan bicara

5. Pencemaran cahaya

Polusi cahaya salah satu contoh pencemaran lingkungan
Pencemaran cahaya membuat asap di langit jadi sulit hilang
Pencemaran cahaya terjadi akibat cahaya dari teknologi modern seperti lampu, mengubah persepsi siang-malam makhluk hidup, sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem.Contoh dampak pencemaran cahaya pada alam antara lain:
  • Burung yang berkicau di jam-jam tidak biasa karena terkecoh cahaya terang di malam hari
  • Hewan kesulitan mendapatkan makanan karena jadwal siang dan malam yang tertukar
  • Ilmuwan kesulitan melihat bintang dan pergerakan langit di malam hari
  • Gangguan pada pola pertumbuhan tanaman
  • Asap di langit yang jadi lebih sulit hilang
Sebagai manusia, kita sebenarnya tidak membutuhkan banyak lampu. Tentu, pemakaian lampu tetap diperlukan. Hanya saja, ada batas yang perlu diikuti. Matikan lampu saat sinar matahari masih bisa menerangi.Sebab, penggunaan listrik serta bahan bakar untuk menerangi malam dengan lampu, menghabiskan sangat banyak bahan bakar minyak, dapat berujung pada bertambahnya polusi-polusi lain.Pencemaran lingkungan adalah masalah kita bersama. Jadi, kita perlu melakukan berbagai langkah untuk mencegah keparahannya. Kita bisa memulai dari yang paling sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, mengurangi sampah plastik, hingga mematikan lampu saat siang hari.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan, Anda juga bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
alergi lingkunganoksigenbanjirpolusi udara
European Enviroment Agency. https://www.eea.europa.eu/themes/air/air-pollution-sources-1
Diakses pada 23 Oktober 2020
National Geographic. https://www.nationalgeographic.org/encyclopedia/pollution/
Diakses pada 23 Oktober 2020
Live Science. https://www.livescience.com/22728-pollution-facts.html
Diakses pada 23 Oktober 2020
Journal of Pollution Effects & Control. https://www.longdom.org/scholarly/land-pollution-journals-articles-ppts-list-2721.html
Diakses pada 23 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait