Jenis-jenis Obat Osteoarthritis, Mulai dari Medis hingga Alami

(0)
26 May 2020|Salis Annisa
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Obat osteoarthritis untuk sendi yang sakitSeorang pria sedang memegang sendinya yang sakit
Ada beragam obat osteoarthritis yang bisa digunakan untuk meredakan rasa nyeri yang Anda alami. Dengan mengetahui ragam obat tersebut, dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan yang tepat dalam menangani osteoarthritis yang Anda alami.Osteoarthritis adalah bentuk radang sendi yang terjadi ketika tulang rawan pelindung yang menjadi bantalan ujung tulang Anda tergerus seiring waktu. Kondisi ini paling sering menyerang persedian lutut, tangan, tulang belakang, dan pinggul. Meski begitu, bagian sendi lainnya pun berpotensi untuk mengalami osteoarthritis.Osteoarthritis tak hanya dapat menyebabkan nyeri pada sendi, tapi juga dapat membuat sendi Anda terasa kaku sehingga mobilitas Anda terganggu. Selain itu, gejala osteoarthritis lainnya adalah:
  • Sendi membengkak
  • Otot melemah
  • Adanya tulang tambahan
  • Terdapat benjolan dan pembengkokan jari jika gejala ini terjadi pada jari tangan.
Penyakit osteoarthritis dapat terjadi karena faktor keturunan, obesitas, penggunaan sendi secara berlebih, cedera, dan ragam penyakit lain, seperti arthritis rheumatoid.

Obat osteoarthritis secara medis

Menurut ahli, beberapa obat dapat digunakan untuk meringankan rasa nyeri akibat osteoarthritis. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Obat antiperadangan nonsteroid

Salah satu obat osteoarthritis yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rasa nyeri adalah obat antiperadangan nonsteroid. Naproxen sodium dan ibuprofen masuk ke dalam jenis obat ini dan dijual bebas.Obat antiperadangan nonsteroid yang jual bebas umumnya tergolong ringan. Jika Anda membutuhkan dosis yang lebih kuat, Anda perlu mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.Perlu Anda ketahui bahwa obat jenis ini dapat menyebabkan gangguan lambung, masalah pada jantung dan pembuluh darah, perdarahan, serta kerusakan hati dan ginjal.Jika Anda khawatir dengan hal ini, Anda bisa menggunakan obat antiperadangan nonsteroid dalam bentuk gel yang dapat diaplikasikan pada bagian sendi yang terkena osteoarthritis.

2. Acetaminophen atau paracetamol

Kedua obat ini telah terbukti membantu penderita osteoarthritis yang memiliki nyeri ringan hingga sedang. Meski begitu, perlu Anda ketahui bahwa mengonsumsi kedua jenis obat ini lebih dari dosis yang direkomendasikan dapat menyebabkan kerusakan hati.

3. Duloxetine

Meski biasanya doluxetine digunakan sebagai antidepresan, obat ini juga disetujui untuk mengobati nyeri kronis, termasuk nyeri akibat osteoarthritis.Sedangkan pada kondisi yang cukup parah, beberapa pengobatan di bawah ini dapat dilakukan.

1. Suntik pelumas

Jika kondisi Anda sudah parah dan rasa nyeri tidak lagi dapat diatasi dengan beberapa obat di atas, maka penyuntikan asam hialuronat dapat dilakukan.Suntik ini akan memberikan bantalan pada lutut Anda dan mengurangi rasa nyeri. Asam hialuronat mirip dengan komponen yang biasanya ditemukan dalam cairan sendi Anda.

2. Suntik kortison

Kortison adalah hormon antiperadangan alami yang diproduksi oleh tubuh. Selama prosedur ini, dokter akan membuat area di sekitar sendi Anda mati rasa, kemudian menempatkan jarum ke dalam ruang di dalam sendi Anda dan menyuntikkan obat.Meski dapat mengatasi rasa nyeri, jumlah suntikan kortison yang boleh Anda terima setiap tahunnya terbatas hanya empat suntikan. Pasalnya, obat ini dapat memperburuk kerusakan sendi seiring waktu.Selain beberapa pengobatan di atas, terapi juga dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi osteoarthritis. Misalnya, terapi yang membantu Anda menemukan cara untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa memberi tekanan ekstra, atau terapi fisik.Terapi fisik dilakukan dengan memperkuat otot di sekitar sendi yang terkena osteoarthritis sehingga fleksibilitas otot meningkat dan mengurangi rasa sakit.

Cara mengatasi osteoarthritis secara alami

Tak hanya pengobatan secara medis, Anda bisa meringankan rasa nyeri osteoarthritis dengan beberapa cara alami. Misalnya, mengonsumsi suplemen minyak ikan, glukosamin, jahe, dan teh hijau. Selain itu, pengobatan seperti akupuntur juga telah menunjukkan hasil yang signifikan untuk mengatasi nyeri pada penderita osteoarthritis.Osteoarthritis memang berpotensi mengganggu aktivitas Anda. Tidak hanya menimbulkan rasa nyeri, tapi penyakit ini juga dapat menyulitkan Anda untuk beraktivitas sehari-hari. Selain beragam obat osteoarthritis di atas, kondisi ini juga perlu ditangani dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat.jika osteoarthritis disebabkan oleh berat badan berlebih, maka pastikan Anda untuk berusaha menjaga pola makan demi mendapatkan berat badan yang sehat. Selain itu, imbangi juga dengan olahraga secara teratur.
osteoarthritis
Patient
https://patient.info/bones-joints-muscles/arthritis/osteoarthritis#nav-5
Diakses 12 Mei 2020
Webmd
https://www.webmd.com/osteoarthritis/guide/osteoarthritis-basics#4-9
Diakses 12 Mei 2020
Mayoclinic
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/osteoarthritis/diagnosis-treatment/drc-20351930
Diakses 12 Mei 2020
Healthline
https://www.healthline.com/health/osteoarthritis#natural-treatments
Diakses 12 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait