Jenis-jenis Minyak Rambut dan Manfaatnya bagi Kesehatan Rambut

(0)
08 Aug 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat minyak rambut adalah melembapkan rambutMinyak rambut punya banyak manfaat bagi kesehatan rambut Anda
Sama halnya dengan kulit, rambut juga memerlukan minyak untuk tetap sehat dan kuat. Minyak rambut dapat melumasi bagian luar kutikula dan memperkuat inti rambut di bagian dalam dengan memberikan kelembapan agar rambut tidak rapuh.Kulit kepala setiap orang berbeda, bisa saja kulit kepala Anda lebih kering atau lebih berminyak. Minyak rambut berfungsi sebagai minyak tambahan dan menjadi suplemen bagi minyak alami yang telah diproduksi tubuh.Selain itu, minyak rambut juga memberikan aroma harum pada rambut. Minyak rambut dapat digunakan sebagai perawatan kesehatan rambut sekaligus membantu penataan rambut dengan membuatnya lebih halus dan  tidak mudah kusut.

Jenis-jenis minyak rambut dan manfaatnya

Ada banyak sekali jenis minyak rambut yang bisa Anda temukan di pasaran. Minyak rambut dapat ditemukan dalam beragam bentuk produk, mulai dari produk penata gaya rambut, masker rambut, tonik rambut, hingga minyak berbahan alami.

1. Penata gaya rambut

Minyak rambut umumnya digunakan sebagai penata gaya rambut. Minyak ini direkomendasikan untuk individu dengan kulit kepala kering atau kurang lembap. Mengoleskan minyak rambut saat menata rambut dapat membantu memberikan kilau alami yang bagus.Anda dianjurkan menggunakan minyak rambut di akhir penataan gaya rambut, terutama jika Anda memiliki rambut kering atau kasar, bertekstur, dan keriting. Minyak rambut dapat melapisi rambut dan meresap ke kutikula sehingga rambut menjadi lebih halus.

2. Masker rambut

Masker rambut adalah bahan perawatan rambut yang diformulasikan dari minyak, butter, dan bahan bernutrisi lainnya. Masker ini membutuhkan lebih banyak waktu didiamkan pada rambut jika dibandingkan sampo atau kondisioner. Tujuannya adalah membuat kandungan masker rambut lebih meresap sehingga memberikan manfaat dramatis dalam sekali penggunaan.Masker rambut memiliki efek restoratif atau dapat membantu mengembalikan kondisi rambut yang rusak. Masker ini dapat merawat dan membantu mengatasi kerusakan rambut akibat tekanan (sering tertutup topi, helm, sering diikat, dll.), penataan rambut dengan berbagai bahan kimia, atau paparan polusi dan kotoran yang dapat menyebabkan kerusakan rambut serius.Masker rambut dapat digunakan satu kali dalam seminggu, tapi jika rambut Anda benar-benar rusak dan kering, Anda bisa menggunakannya dua atau tiga kali dalam seminggu.

3. Tonik rambut

Tonik rambut atau hair tonic adalah produk kosmetik rambut yang bisa membuat rambut terlihat lebih berkilau. Rambut yang berkilau adalah salah satu tanda yang diidentikkan dengan rambut sehat.Minyak pada tonik rambut juga berfungsi untuk membuat gaya rambut tetap bertahan dan lebih mudah ditata. Walaupun mengandung minyak, tonik rambut memiliki tekstur lebih cair dan lebih mudah meresap jika dibandingkan dengan produk minyak rambut lainnya.Selain untuk memperindah tampilan rambut, tonik rambut juga memiliki fungsi restoratif untuk memperbaiki kondisi rambut.Tergantung bahan-bahan pembuatannya, tonik rambut memiliki fungsi untuk mencegah kebotakan, menambah kelembapan pada rambut kering, melumasi kulit kepala yang kering, mengurangi rambut bercabang, menyehatkan rambut rusak, dan mengatasi ketombe.Tonik rambut dapat digunakan pada rambut dan kulit kepala, serta bisa dibiarkan begtu saja tanpa perlu dibilas.

4. Minyak rambut alami

Minyak rambut berbahan alami terbuat dari minyak tumbuhan atau buah-buahan. Salah satu jenis minyak rambut yang terkenal di Indonesia adalah minyak kemiri. Fungsi minyak rambut ini umumnya untuk membuat rambut terlihat lebih sehat, cepat tumbuh, dan berkilau.Selain minyak kemiri, beberapa jenis tumbuhan yang sering dijadikan bahan minyak rambut alami adalah minyak argan, minyak urang aring, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak teh hijau, minyak almond, dan minyak jojoba.MInyak rambut alami ini juga dapat Anda buat sendiri di rumah. Berikut langkah-langkah untuk membuatnya:
  • Cuci rambut terlebih dahulu
  • Campurkan 3-6 sendok makan minyak alami pilihan Anda dalam mangkuk
  • Panaskan dengan microwave selama 10 detik
  • Aplikasikan terlebih dahulu di tangan untuk memastikan minyak rambut tidak terlalu panas
  • Letakkan handuk di atas bahu dan oleskan minyak rambut secara merata ke seluruh rambut
  • Pijat area kulit kepala
  • Diamkan selama 20 menit.
Gunakan jenis minyak rambut yang sesuai dengan tekstur dan jenis rambut Anda. Bacalah keterangan pada setiap produk minyak rambut agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.
kesehatan rambut
Huffpost
https://www.huffpost.com/entry/hair-oil-tips-experts_l_5c6cec28e4b0e37a1ed2ca92
Diakses 26 Juli 2020
Garnier USA
https://www.garnierusa.com/tips-how-tos/hair-masks-what-are-they-all-about
Diakses 26 Juli 2020
Sharpologist
https://sharpologist.com/hair-tonic/
Diakses 26 Juli 2020
Cosmopolitan
https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/news/a45584/best-oils-for-your-hair/
Diakses 26 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/hot-oil-treatment-for-hair#benefits
Diakses 26 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait