Jenis-jenis Latihan Kelincahan yang Efektif dan Mudah Dilakukan


Sebagian orang ingin menjadi lincah dan cekatan agar dapat bergerak aktif. Hal tersebut bisa diasah dengan melakukan latihan kelincahan yang mudah dan efektif berikut ini.

(0)
27 Jun 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Anda dapat melakukan latihan kelincahan dengan cara berlari zigzag di antara coneSusun cone secara berjajar dalam satu garis lurus sebagai patokan dalam berlari zigzag
Memiliki tubuh yang lincah bisa membuat Anda aktif bergerak dan cekatan. Hal tersebut sangatlah penting apalagi jika pekerjaan Anda menuntut banyak pergerakan dengan cepat, misalnya penari, pengangkut barang, panitia acara, pemain sepak bola, dan lainnya.Jika tidak ada kelincahan tentu saja apa yang Anda lakukan akan menjadi lambat. Akan tetapi, tak perlu khawatir karena kelincahan bisa dilatih. Meski bukan perkara yang mudah, namun melakukan latihan kelincahan secara teratur bisa membantu Anda mendapatkannya. Bila latihan ini dilakukan dengan benar, maka dapat membakar kalori 600-800 kkal/jam

Jenis-jenis latihan kelincahan

Latihan kelincahan dapat membantu Anda mengontrol gerakan dengan baik serta mengubah arah dengan cepat dan efisien tanpa kehilangan keseimbangan maupun kecepatan. Selain itu, latihan ini juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Adapun jenis latihan kelincahan yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Lompat zigzag

Sebelum melakukan latihan ini, Anda harus mempersiapkan garis seperti tangga yang dibuat dari selotip. Beri jarak antar anak tangga sekitar 30-60 cm sehingga kaki Anda dapat keluar dan masuk dengan mudah. Setelah siap, berdirilah di salah satu kotak ujung tangga.Selanjutnya, tekuk lutut sedikit dan melompatlah ke dalam kotak tersebut. Lakukan lompatan zigzag ke luar garis dan ke dalam kotak tangga secara berulang dengan cepat. Setelah mencapai ujung yang lain, ulangi gerakan itu. Jenis gerakan ini dapat membuat Anda lebih tangkas.

2. Lari zigzag

Anda harus mempersiapkan cone (kerucut) terlebih dahulu dengan meletakkannya secara berjajar untuk membuat garis. Pastikan letak antar kerucut sekitar 60 cm sehingga tidak terlalu berdekatan. Kemudian, berlarilah secara zigzag melewati kerucut-kerucut tersebut untuk melatih kelincahan. Setelah sampai ujung, Anda bisa kembali dengan berlari zigzag mundur. Perubahan arah harus dilakukan dengan cepat. 

3. Lari cepat bolak-balik

Sebelum melakukan gerakan ini, Anda harus menentukan garis start dan finish terlebih dahulu. Lalu, posisikan diri untuk siap berlari dengan pandangan lurus ke depan. Selanjutnya, lakukan sprint atau lari cepat ke garis finishJika sudah sampai garis finish, berhentilah tiba-tiba dan lari mundur dengan cepat hingga menyentuh garis start. Pertahankan kecepatan dan lakukan balik arah dengan baik, sehingga kelincahan pun terasah dan meningkatkan daya tahan.

4. Menangkap bola

Latihan kelincahan ini dilakukan dengan menggunakan bola kecil. Anda dapat melemparkan bola tersebut pada tembok. Bola pun akan memantul, dan Anda harus siap menangkapnya. Berlatihlah menangkap bola dengan dua tangan, kemudian hanya menggunakan tangan yang dominan.Terakhir, gunakan tangan yang tidak dominan. Latihan ini melibatkan koordinasi berbagai anggota tubuh sehingga sangat baik untuk ketangkasan. Akan tetapi, pastikan Anda melakukan latihan menangkap bola di tempat yang aman karena berisiko terjatuh atau bola melukai orang yang ada di sekitar.

5. Memukul balon

Latihan ini dilakukan dengan menggunakan dua balon yang berbeda warna, misalnya biru dan kuning. Pukul kedua balon dengan urutan yang sama, contoh kuning dulu kemudian biru. Jaga agar balon tersebut tetap mengapung dan tidak menyentuh lantai. Agar lebih menantang, Anda bisa melakukannya dengan posisi squat. Selain meningkatkan kelincahan, latihan ini juga sangat menyenangkan bahkan kerap dilakukan oleh anak-anak.

Catatan SehatQ

Meski bukan hal yang mudah, namun cobalah melakukan latihan kelincahan tersebut secara rutin agar Anda bisa lebih tangkas dan cekatan. Anda bisa melakukanya di rumah maupun di kelas olahraga bersama dengan instruktur terlatih.Pastikan Anda melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum maupun setelah latihan. Jangan sampai terjadi cedera yang bisa menyebabkan aktivitas sehari-hari Anda terganggu. Selain itu, minumlah dengan cukup dalam sesi latihan agar terhindar dari dehidrasi.
tips olahragalaripola hidup sehatlatihan fisik
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/503939-examples-of-agility-exercises/
Diakses pada 12 Juni 2020
ACE Fitness. https://www.acefitness.org/education-and-resources/professional/expert-articles/3782/6-exercises-to-improve-agility/
Diakses pada 12 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait