Tak Hanya Terkait dengan Seksualitas, Apa Saja Jenis-jenis Keintiman?

Ada beberapa jenis keintiman, mulai dari keintiman emosional, fisik, hingga spiritual
Keintiman tak hanya muncul di percintaan dan aktivitas seksual, melainkan juga terkandung di pertemanan

Anda mungkin hanya mengaitkan intimacy atau keintiman dengan aktivitas seksual, sehingga muncul istilah hubungan intim. Padahal, intimacy adalah kunci yang universal dalam segala jenis hubungan. Termasuk dalam relasi pertemanan, keluarga, pernikahan, dan hubungan personal lainnya.

Intimacy dan keintiman adalah hal yang banyak dicari orang, namun kerap sulit untuk ditemukan. Sebab, untuk menemukan keintiman dalam relasi personal, Anda dan orang yang terdekat harus bekerja sama untuk memahami keinginan dan kecemasan masing-masing.

Jenis-jenis keintiman atau intimacy

Keintiman atau intimacy bukanlah konsep yang sederhana. Anda mungkin hanya mengenal keintiman emosional, atau fisik saat melakukan hubungan seks. Namun ternyata, keintiman juga dapat berupa intelektual, hingga spiritual.

Apa saja jenis keintiman atau intimacy tersebut?

  • Keintiman emosional

Keintiman atau intimacy emosional membuat Anda bisa berbagi hal-hal pribadi pada sekelompok orang terpercaya. Hal ini tidak akan bisa Anda bagikan dengan orang lain.

Misalnya, Anda dapat curhat apapun dengan kakak atau adik, tanpa merasa dihakimi. Atau contoh lain, saat Anda tidak sabar menantikan pulang ke rumah, agar bisa bercengkrama dengan pasangan dan Buah Cinta Anda.

  • Keintiman intelektual

Sesuai namanya, keintiman atau intimacy intelektual melibatkan ketertarikan Anda terhadap cara berpikir seseorang. Dengan adanya keintiman intelektual, Anda juga dapat mengekspresikan kerangka berpikir yang Anda miliki.

Keintiman intelektual berperan dalam menjalin percakapan yang berisi, serta memberikan ruang dalam pertukaran ide dan percakapan yang bermakna.

Tanpa disadari, adegan keintiman intelektual mungkin sering Anda saksikan dalam berbagai film dan serial. Atau, keintiman intelektual barangkali juga Anda rasakan, saat berdua dengan pasangan.

  • Keintiman fisik

Keintiman fisik bisa Anda temukan, melalui sentuhan fisik dan tubuh ke tubuh dengan seseorang. Keintiman fisik termasuk berpegangan tangan, kelonan (cuddling), serta hubungan seksual.

Selain itu, memeluk erat teman dekat, saudara, dan anggota keluarga, juga merupakan sebuah bentuk intimacy atau keintiman fisik.

  • Keintiman eksperimental

Intimacy atau keintiman eksperimental dibangun dengan momen-momen manis, bersama orang terdekat Anda. Orang terdekat tersebut, termasuk mereka yang memiliki ketertarikan yang sama dengan Anda.

Aktivitas yang Anda dan orang terdekat sukai pun, bisa sesederhana menonton serial dan film kesukaan, menginap bersama para sahabat, hingga jalan-jalan ke tempat-tempat baru.

  • Keintiman spiritual

Spiritualitas dapat memiliki arti yang berbeda, antara satu orang dengan yang lainnya. Namun, secara umum, spiritualitas merujuk pada kepercayaan, bahwa ada hal yang lebih besar dari diri Anda. Beberapa orang menghubungkan spiritualitas dengan rumah ibadah. Ada pula yang melihatnya sebagai hubungan manusia dengan alam semesta.

Dengan bervariasinya makna spiritualitas bagi tiap-tiap individu, makna keintiman spiritual juga dapat berbeda bagi mereka. Intimacy atau keintiman spiritual dapat berupa ketenteraman saat berbuat baik dengan orang lain, hingga hubungan dengan orang-orang satu kepercayaan saat beribadah.

Catatan dari SehatQ

Keintiman sulit terjadi dengan instan dan dalam kurun waktu yang singkat. Untuk menjalin keintiman dengan orang-orang terdekat, Anda mungkin membutuhkan waktu yang tak sebentar. Waktu yang dibutuhkan setiap orang dalam menjalin keintiman, bisa berbeda-beda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/intimacy
Diakses pada 9 Oktober 2019

Psych Central. https://psychcentral.com/lib/the-what-and-how-of-true-intimacy
Diakses pada 9 Oktober 2019

Taking Charge. https://www.takingcharge.csh.umn.edu/what-spirituality
Diakses pada 9 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed