Jenis-Jenis Butter dan Perbedaannya dengan Margarin

(0)
24 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Butter adalah salah satu produk olahan susuMentega dan butter adalah satu hal yang sama
Butter adalah produk olahan susu yang banyak digunakan dalam pengolahan makanan. Namun, hingga saat ini, masih banyak orang yang belum bisa membedakan butter, mentega, dan margarin. Padahal ada perbedaan yang cukup esensial antara bahan-bahan ini.Butter adalah produk hewani yang terbuat dari susu atau krim. Produk inilah yang kita biasa sebut sebagai mentega. Proses pembuatannya mencakup pengadukan untuk memisahkan lemak padatan yang menjadi butter dan cairan yang menjadi buttermilk.

Perbedaan butter (mentega) dan margarin

Perbedaan margarin dengan mentega atau butter adalah bahan-bahan dasarnya. Butter umumnya terbuat dari susu sapi. Walaupun jenis susu lain, seperti susu kambing atau domba, juga bisa digunakan.Sebaliknya, margarin merupakan produk nabati yang dibuat dari minyak tumbuhan. Walaupun tekstur keduanya tampak mirip, butter atau mentega lebih lembut dan memiliki aroma lebih tajam ketimbang margarin. Butter juga lebih mudah mencair.

Jenis-jenis butter

Ada beberapa jenis butter yang bisa ditemukan beredar di pasaran. Setiap butter memiliki rasa dan kegunaan yang berbeda. Berikut ini adalah jenis-jenis butter yang biasa digunakan di dunia kuliner.

1. Unsalted butter

Unsalted butter adalah butter asli yang tidak diberi tambahan garam. Jenis mentega ini hanya dibuat dari susu dan krim. Unsalted butter setidaknya memiliki kandungan lemak susu sebanyak 80 persen.Unsalted butter adalah jenis mentega yang paling serbaguna. Mentega ini bisa digunakan untuk membuat kue; olesan makanan; hingga olesan saat memasak dengan cara dibakar, panggang, tumis, dan sebagainya. Unsalted butter biasanya berwarna putih hingga kuning pucat.

2. Salted butter

Perbedaan salted butter dan unsalted butter adalah penambahan garam. Sebagaimana namanya, salted butter adalah jenis mentega yang ditambahkan dengan garam.Salted butter biasanya dimanfaatkan untuk menambah rasa gurih pada makanan. Mentega jenis ini umumnya berwarna kuning dan mengandung beta karoten.

3. Clarified butter

Clarified butter adalah mentega murni yang hanya berisi lemak murni. Mentega jika dipanaskan perlahan akan terurai menjadi padatan susu putih, busa, dan lemak mentega (mentega murni) yang berwarna kuning cerah.Clarified butter adalah mentega murni yang tidak memiliki padatan susu atau air. Jenis mentega ini memiliki rasa lebih kaya dan stabil. Mentega murni cocok digunakan untuk memanggang atau membakar karena memiliki titik asap yang lebih tinggi. Salah satu jenis clarified butter dikenal dengan sebutan Ghee.

4. Organic butter

Organic butter adalah jenis butter yang dibuat dari susu sapi organik. Sapi betina yang menghasikan susu harus dipelihara tanpa pemberian antibiotik dan hormon pertumbuhan.Selain itu, sapi tersebut harus diberi makan dengan pangan berupa tumbuhan 100 persen organik, tanpa pestisida beracun atau pupuk sintetis.Salted butter dan unsalted butter adalah jenis butter organik yang tersedia di pasaran. Penggunaannya juga tidak berbeda dari butter nonorganik lainnya.

5. Whipped butter

Perbedaan butter biasa dengan whipped butter adalah penambahan bahan udara atau gas lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan whipped butter dari mentega biasa.Manfaat penambahan udara (misalnya nitrogen) adalah untuk meningkatkan volume dan menurunkan jumlah kalori per takaran sajinya. Whipped butter juga memiliki tekstur lebih ringan dari butter biasa.Whipper butter biasanya lebih banyak digunakan langsung pada kue, roti, atau hidangan penutup lainnya. Butter jenis ini terbuat dari unsalted butter dan tidak disarankan untuk digunakan saat memanggang atau memasak.Karena bahan baku dan juga aroma gurihnya, harga butter lebih mahal jika dibandingkan margarin. Walaupun nutrisi butter didominasi lemak, produk olahan susu ini juga memiliki kandungan vitamin A, B12, D, E, dan K2. Mengingat tingkat kalori pada butter cukup tinggi, sebaiknya batasi konsumsi butter setiap harinya.Jika Anda punya pertanyaan seputar butter dan manfaatnya, Anda bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatsusu
The Kitchn. https://www.thekitchn.com/whats-the-difference-between-butter-and-margarine-223410
Diakses 9 Oktober 2020
The Health Site. https://www.thehealthsite.com/news/heres-why-you-should-have-more-of-makhan-or-white-butter-t0717-504919/
Diakses 9 Oktober 2020
The Real Simple. https://www.realsimple.com/food-recipes/shopping-storing/food/types-of-butter
Diakses 9 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/butter
Diakses 9 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait