Jenis dan Kandungan Moisturizer yang Bagus untuk Kulit Kombinasi

(0)
Moisturizer untuk kulit kombinasi sebaiknya berbahan dasar air bukan minyakPemilik kulit kombinasi boleh menggunakan pelembap berbentuk krim, lotion, atau gel
Menggunakan moisturizer untuk kulit kombinasi memang tidak bisa sembarangan. Sebab, kulit kombinasi adalah kondisi di mana memiliki dua tipe, yaitu kulit kering dan kulit berminyak. Salah-salah memilih produk pelembap untuk kulit kombinasi dapat memperburuk masalah kulit. Lantas, apa jenis moisturizer yang bagus untuk kulit kombinasi?

Jenis moisturizer yang bagus untuk kulit kombinasi

Moisturizer atau pelembap adalah salah satu produk perawatan wajah yang bertujuan untuk menjaga kulit tetap lembap dan sehat.Bagi pemilik kulit kombinasi, menggunakan pelembap merupakan cara merawat kulit wajah yang tak kalah penting.Pasalnya, area wajah kering akan menjadi sangat kering apabila tidak dioleskan pelembap. Sementara, area wajah yang berminyak membutuhkan hidrasi yang cukup agar sel-sel kulit dapat menjalankan fungsinya dengan optimal.
Moisturizer untuk kulit kombinasi yang bagus adalah berbahan dasar air
Pelembap berbahan dasar air bagus untuk pemilik kulit kombinasi
Jenis moisturizer yang bagus untuk kulit kombinasi adalah berbahan dasar air, baik berbentuk krim, lotion, atau gel, yang sifatnya ringan, lembut, dan aman di kulit.Hindari jenis moisturizer untuk kulit kombinasi yang berbahan dasar minyak.Sebab, pelembap berbahan dasar minyak bisa membuat penumpukan minyak berlebih dan pori-pori di area T wajah (dahi, hidung, dan dagu) tersumbat dan tampak lebih besar.Anda juga bisa menggunakan moisturizer untuk kulit kombinasi yang teksturnya ringan ke seluruh wajah terlebih dahulu.Lalu, oleskan krim pelembap yang teksturnya lebih berat pada area wajah yang kering, seperti area pipi.Bagi Anda yang memiliki kulit kombinasi tapi sedang berjerawat, gunakan moisturizer untuk kulit kombinasi bertekstur gel yang ringan di kulit. Anda bisa mengoleskannya tipis-tipis ke kulit.

Kandungan yang harus ada di moisturizer untuk kulit kombinasi

Asam hialuronat adalah salah satu kandungan yang harus ada di dalam moisturizer untuk kulit kombinasi
Tekstur pelembap untuk kulit kombinasi bisa lotion atau krim
Memilih moisturizer yang bagus untuk kulit kombinasi tidak boleh asal-asalan. Adapun kandungan yang harus ada di moisturizer untuk kulit kombinasi adalah sebagai berikut:

1. Antioksidan

Salah satu kandungan yang harus ada di moisturizer untuk kulit kombinasi adalah antioksidan.Fungsi antioksidan dapat menjaga kulit kombinasi agar tetap sehat dan terlindung dari efek radikal bebas yang menimbulkan kerusakan.Beberapa kandungan antioksidan yang paling umum ditemukan pada moisturizer untuk kulit kombinasi adalah vitamin C dan E.Fungsi vitamin C adalah mencerahkan dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Sedangkan, vitamin E berfungsi melembutkan kulitAnda juga bisa menemukan kandungan antioksidan pada moisturizer untuk kulit kombinasi yang berasal dari bahan-bahan alami, seperti teh hijau, chamomile, dan delima.

2. Asam hialuronat

Kandungan yang harus ada di dalam moisturizer untuk kulit kombinasi adalah asam hialuronat.Asam hialuronat adalah humektan atau zat yang berfungsi mempertahankan kelembapan kulit.Asam hialuronat atau hyaluronic acid merupakan humektan alami yang bekerja dengan menarik partikel air ke lapisan kulit paling atas sekaligus meningkatkan kelembapan kulit.Humektan alami, seperti asam hialuronat, merupakan kandungan yang harus ada dalam moisturizer untuk kulit kombinasi karena bersifat ringan dan tidak rentan menyumbat pori-pori kulit.

3. Ceramide

Ceramide adalah kandungan yang harus ada dalam moisturizer untuk kulit kombinasi. Ceramide merupakan lipid yang diproduksi oleh tubuh untuk membuat lapisan pelindung kulit.Fungsi ceramide adalah untuk melindungi kulit dari paparan lingkungan sekaligus mempertahankan kelembapannya.Namun, seiring bertambahnya usia dan paparan sinar matahari, produksi ceramide pada tubuh semakin berkurang sehingga lapisan pelindung kulit rentan mengalami kerusakan.Ketika kulit kehilangan kelembapan dan minyak alami, ia menjadi sangat kering dan mudah iritasi.Terkadang, kondisi ini juga memicu kelenjar sebaceous memproduksi sebum secara berlebihan guna menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik.Maka dari itu, penting untuk memerhatikan kandungan ceramide pada moisturizer untuk kulit kombinasi.Ceramide akan memperbaiki lapisan kulit yang hilang dan menjaga kelembapan kulit kombinasi agar tidak terlalu berminyak atau terlalu kering.

4. Noncomedogenic

Saat mencari moisturizer untuk kulit kombinasi, Anda disarankan untuk memilih produk yang terdapat label noncomedogenic di kemasannya. Ini artinya, kandungan pelembap tidak rentan menyumbat pori-pori wajah.Umumnya, produk berlabel noncomedogenic cenderung memiliki tekstur dan kandungan yang ringan sehingga tidak menyebabkan timbulnya jerawat.

Kandungan moisturizer untuk kulit kombinasi yang sebaiknya dihindari

Beberapa kandungan pelembap untuk kulit kering dan berminyak yang sebaiknya perlu dihindari oleh pemilik kulit kombinasi adalah sebagai berikut:

1. Wewangian

Kandungan moisturizer untuk kulit kombinasi yang sebaiknya dihindari adalah wewangian.Pasalnya, wewangian dapat mengiritasi kulit, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif atau sedang mengalami jerawat meradang.Jadi, pilihlah moisturizer untuk kulit kombinasi yang bebas kandungan wewangian.

2. Humektan sintetis

Salah satu kandungan moisturizer untuk kulit kombinasi yang sebaiknya dihindari adalah humektan sintetis.Humektan sintetis bekerja dengan menarik kelembapan ke atas permukaan kulit tanpa membuat kulit mampu menghasilkan kelembapan sendiri.Dalam jangka panjang, kondisi tersebut dapat membuat kulit dehidrasi karena kelembapan menguap dari kulit.Beberapa kandungan humektan sintetis yang sebaiknya dihindari, antara lain butilen glikol, dicyanamide, sorbitol, sodium PCA, dan natrium laktat.

3. Bersifat oklusif

Hindari kandungan moisturizer untuk kulit kombinasi yang bersifat oklusif. Oklusif dapat menciptakan penghalang minyak pada kulit sehingga mampu menghilangkan kelembapannya.Beberapa kandungan pelembap yang bersifat oklusif dan tidak disarankan untuk kulit kombinasi adalah lanolin, minyak mineral, petrolatum, petroleum jelly, dimethicone, dan shea butter.

Cara memakai pelembap untuk kulit kombinasi yang tepat

Pelembap atau moisturizer adalah produk perawatan kulit yang digunakan setelah membersihkan wajah dan memakai produk skincare lainnya.Anda bisa menggunakannya setiap pagi dan malam hari.Adapun cara memakai pelembap untuk kulit kombinasi yang tepat adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Cuci muka terlebih dahulu sebelum pakai moisturizer untuk kulit kombinasi
Bersihkan wajah terlebih dulu dengan sabun pembersih wajah
Sebelum menerapkan cara memakai pelembap yang benar, pastikan Anda membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan sabun pembersih wajah untuk kulit kombinasi.Jika sebelumnya Anda menggunakan make up, sebaiknya bersihkan dulu sisa-sisa make up di wajah Anda menggunakan make up remover.Lalu, lanjutkan dengan mencuci muka untuk mengangkat sisa make up, kotoran, dan minyak menggunakan sabun pembersih wajah.

2. Pakai toner wajah

Sebelum pakai moisturizer untuk kulit kombinasi pakai toner wajah dulu
Tuang toner wajah ke permukaan kapas secukupnya
Cara memakai toner wajah adalah dengan cara menuangkan secukupnya ke kapas.Usapkan kapas yang telah dibasahi toner pada bagian tengah hingga ke seluruh wajah. Tapi, hindari area bibir dan mata.Oleskan kapas tersebut ke arah atas wajah dan beri tekanan yang cukup agar wajah bersih maksimal dan tampak segar.Jangan lupa memakai toner hingga ke leher untuk mengangkat minyak dan kotoran di area ini.

3. Pakai produk skincare

Pakai skincare lainnya sebelum pakai moisturizer untuk kulit kombinasi
Gunakan serum atau essence untuk kulit kombinasi
Sebelum menerapkan cara memakai pelembap untuk kulit kombinasi, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit atau skincare untuk kulit kombinasi yang meliputi serum wajah atau essence, terlebih dahulu.Diamkan beberapa saat sampai seluruh produk skincare meresap ke dalam kulit dengan sempurna.

4. Cara memakai pelembap untuk kulit kombinasi

Cara pakai moisturizer untuk kulit kombinasi yang tepat sama saja seperti jenis kulit wajah lainnya
Cara memakai pelembap sebaiknya 2 hari sekali
Pada dasarnya, cara memakai pelembap untuk kulit kombinasi dan tipe kulit lainnya sama saja. Cara memakai pelembap yang tepat adalah ketika kulit wajah sedang dalam kondisi yang lembap.Anda bisa mengambil pelembap dengan ukuran sedikit lebih besar dari kacang polong ke telapak tangan.Kemudian, tempatkan pelembap pada area dahi, kedua pipi, dagu, dan hidung, lalu ratakan setiap sisi wajah dengan tangan seraya melakukan gerakan pijatan lembut.Pada siang hari, Anda bisa menggunakan moisturizer untuk kulit kombinasi yang mengandung SPF.Di malam hari atau saat cuaca sedang dingin, gunakan moisturizer untuk kulit kombinasi dengan tekstur yang lebih tebal pada area kulit wajah yang kering.

Catatan dari SehatQ

Menggunakan moisturizer untuk kulit kombinasi memang tidak bisa sembarangan.Jadi, penting untuk memilih jenis moisturizer untuk kulit kombinasi dan kandungannya dengan tepat agar tidak menimbulkan masalah pada kulit.Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu apabila Anda merasa ragu atau kesulitan dalam memilih produk moisturizer untuk kulit kombinasi yang tepat.Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikanproduk kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/cosmetic-safety/healthy-facial-moisturizers#Product-Review
Diakses pada 25 September 2020
Web Md. https://www.webmd.com/beauty/features/moisturizers#1
Diakses pada 25 September 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/skin-care-101/get-a-good-moisturizer.aspx#
Diakses pada 25 September 2020
Health. https://www.health.com/beauty/best-moisturizers-for-combination-skin?slide=455874#455874
Diakses pada 25 September 2020
Derm Collective. https://skinkraft.com/blogs/articles/best-moisturizer-for-combination-skin
Diakses pada 25 September 2020
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/best-moisturizer-for-combination-skin
Diakses pada 25 September 2020
Our Everyday Life. https://oureverydaylife.com/269236-things-to-avoid-for-a-skin-facial-on-combination-skin.html
Diakses pada 25 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait