Jenis dan Fungsi Telapak Tangan Manusia yang Bisa DIpelajari

(0)
18 Aug 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Fungsi tulang telapak tangan adalah untuk memberikan sokongan dan fleksibilitas pada jaringan lunakTelapak tangan terdiri dari beberapa tulang
Tulang telapak tangan memiliki fungsi untuk menggenggam, meraba, dan melakukan gerakan-gerakan tertentu, seperti mencubit, menulis, menjahit, dan lain sebagainya. Sama seperti bagian tubuh lainnya, fungsi tulang telapak tangan juga bisa mengalami gangguan.Untuk memahami lebih lanjut seputar jenis dan fungsi telapak tangan beserta penyakit yang bisa menimpanya, berikut penjelasan yang bisa Anda simak.

Jenis dan fungsi tulang telapak tangan

Fungsi tulang telapak tangan secara umum adalah untuk memberikan sokongan dan fleksibilitas pada jaringan lunak atau otot tangan. Tulang telapak tangan terdiri dari tulang karpus, metakarpus, dan falang.

1. Tulang karpus

Tulang karpus adalah sekelompok tulang yang terletak pada pergelangan tangan. Tulang ini terdiri dari delapan buah tulang kecil berbentuk tak teratur yang berkelompok.Tulang karpus menghubungkan dua tulang panjang pada lengan bawah (tulang ulna dan tulang radius) dengan tulang-tulang metakarpus yang terletak di sepanjang telapak tangan.Kedelapan tulang karpus tersusun menjadi dua baris, yakni baris proksimal dan baris distal:
  • Baris proksimal terdiri dari tulang skafoid, lunate, triquetrum dan pisiform
  • Baris distal terdiri dari tulang trapezium, trapezoid, capitate, hamate.
Di antara kedelapan tulang tersebut, tulang skafoid yang terletak di bawah ibu jari merupakan tulang yang paling sering mengalami cedera.

2. Tulang metakarpus

Tulang metakarpus adalah kelompok tulang pada telapak tangan yang terdiri dari lima tulang. Tulang metakarpus terletak di sepanjang telapak tangan dan menghubungkan tulang karpus dengan tulang falang. Tulang-tulang metakarpus diberikan penomoran mulai dari tulang yang terletak di bawah ibu jari, seperti:
  • Metakarpus I, yakni jempol atau ibu jari
  • Metakarpus II, yakni jari telunjuk
  • Metakarpus III, yakni jari tengah
  • Metakarpus IV, yakni jari manis
  • Metakarpus V, yakni jari kelingking.
Setiap masing-masing tulang metakarpus terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian basis, tengah, dan kepala. Permukaan metakarpus berbentuk cekung sehingga memungkinkan perlekatan otot-otot interossei pada permukaan dan punggung telapak tangan.Setiap tulang metakarpus memiliki ujung kepala berbentuk bulat. Bentuk kepala ini tampak menonjol pada telapak tangan yang dikenal sebagai buku jari.

3. Tulang falang (tulang jari)

Tulang falang adalah sekelompok tulang-tulang kecil yang membentuk jari-jari pada tangan dan kaki. Tulang ini termasuk ke dalam jenis tulang panjang.Setiap tulang falang memiliki bagian tengah, kepala distal, dan proksimal. Tulang falang pada ibu jari hanya memiliki falang proksimal dan distal, sedangkan keempat sisanya memiliki falang proksimal, tengah, dan distal.

Penyakit yang menyerang tulang telapak tangan

Ada beberapa penyakit yang dapat menyerang tulang telapak tangan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Fraktur skafoid pada tulang karpus

Bagian pada tulang karpus yang paling sering mengalami cedera adalah tulang skafoid. Biasanya cedera ini didapatkan akibat terjatuh dengan kondisi tangan terulur. Gejala yang khas dirasakan pada saat fraktur skafoid adalah rasa nyeri dan terasa empuk/lunak pada saat disentuh.Setelah mengalami retak atau patah, skafoid berisiko mengalami nekrosis avaskular, yakni kondisi di mana tulang mengalami kematian akibat terhambatnya aliran darah menuju kepala distal.Skafoid berisiko mengalami nekrosis avaskular setelah fraktur. Avaskular nekrosis adalah matinya jaringan tulang dikarenakan tidak adanya pasokan darah pada tulang, yang disebut juga dengan osteonekrosis. Hal ini dapat terjadi fraktur pada skafoid tengah dapat mengganggu pasokan darah ke bagian proksimal tulang skafoid yang membuatnya avaskular.Selain itu, pasien yang pernah mengalami fraktur skafoid memiliki kecenderungan mengidap osteoarthritis pergelangan tangan di kemudian hari.

2. Fraktur pada tulang metakarpus

Ada dua jenis fraktur yang umum terjadi pada tulang metakarpus, yaitu:
  • Fraktur boxer (fraktur petinju)

Kondisi ini terjadi pada leher metakarpus ke-5, khususnya pada kelingking dan jari manis. Dinamakan fraktur petinju karena biasanya terjadi diakibatkan memukul benda keras dengan tangan terkepal. Cedera ini dapat menyebabkan pergeseran pada bagian distal sehingga menyebabkan jari yang terkena fraktur mengalami pemendekan.
  • Fraktur Bennett

Fraktur ini terjadi pada basis metakarpus pertama disebabkan oleh hiperabduksi paksa ibu jari. Fraktur ini meluas ke sendi carpometakarpus pertama yang menyebabkan ketidakstabilan dan subluksasi (dislokasi parsial) pada sendi ibu jari. Tindakan pembedahan sering kali diperlukan untuk menangani masalah ini.

3. Deformitas tangan

Salah satu masalah pada tulang telapak tangan yang bisa terjadi adalah kelainan bentuk tangan atau jari yang terjadi saat lahir (kongenital). Derajat deformitas bervariasi, mulai dari deformitas minor, seperti deformitas jari yang tidak sama atau tidak rata, hingga deformitas yang parah seperti tidak adanya tulang.Berkonsultasi dengan dokter ahli bedah tulang merupakan bagian penting dari proses perawatan dini untuk anak yang lahir dengan kelainan bentuk tangan ini.Itulah penjelasan mengenai jenis dan fungsi telapak tangan sekaligus penyakit yang bisa menimpanya. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda dalam memahami anatomi dan fungsi tulang telapak tangan.
masalah tulang
Mayoclinic
https://www.mayoclinic.org/carpal-bones/img-20007898
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/avascular-necrosis/symptoms-causes/syc-20369859
Diakses 4 Agustus 2020
kenhub
https://www.kenhub.com/en/library/anatomy/the-metakarpus-bones
https://www.kenhub.com/en/library/anatomy/the-phalanges
Diakses 5 Agustus 2020
Teach Me Anatomy
https://teachmeanatomy.info/upper-limb/bones/bones-of-the-hand-carpals-metakarpuss-and-phalanges
Diakses 5 Agustus 2020
MSD Manuals
https://www.msdmanuals.com/home/bone-joint-and-muscle-disorders/hand-disorders/overview-of-hand-disorders
Diakses 5 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait