7 Jenis Buah untuk Tipes yang Bisa Dikonsumsi

(0)
Salah satu buah untuk tipes yang baik dikonsumsi oleh penderita tipes adalah pisangMakan pisang setiap hari berkhasiat untuk mempercepat proses pemulihan penyakit tipes
Penderita tipes atau demam tifoid tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan sembarangan. Termasuk saat makan buah-buahan. Meski demikian, hanya ada beberapa pilihan buah untuk tipes yang dapat dikonsumsi. Apa saja buah untuk tipes?

Gejala dan pengobatan penyakit tipes

Penyakit tipes sangat umum terjadi di negara-negara berkembang. Khususnya di wilayah dengan sarana kebersihan yang kurang memadai dan masyarakat yang belum sepenuhnya menerapkan pola hidup bersih sehat.Tipes atau demam tifoid disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Jenis bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi feses atau urine dari penderita penyakit tipes.Selain pengobatan dengan antibiotik yang harus diminum secara rutin untuk benar-benar menghilangkan bakteri, orang yang terkena tipes perlu menjaga asupan makanannya dengan tepat.Ketika seseorang yang sakit tipes dibiarkan mengonsumsi makanan sembarangan dan tidak menjaga asupan makanan dengan tepat, bukan tidak mungkin dapat berisiko menyebabkan komplikasi serius.Salah satu komplikasi paling umum yang mungkin terjadi pada orang yang sakit tipes adalah perdarahan di usus serta perforasi usus, yakni munculnya lubang-lubang di dinding usus.

Bolehkah penderita tipes makan buah?

Pemilihan asupan makanan yang tepat sangat penting bagi penderita tifus, termasuk konsumsi buah untuk tipes.Hal ini tidak hanya untuk menghindari risiko komplikasi, melainkan sekaligus memberikannya energi untuk mempercepat proses penyembuhan.Oleh karena itu, penderita tipes boleh-boleh saja jika ingin makan buah-buahan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa buah untuk tipes yang dapat dikonsumsi adalah yang tidak mengandung kadar serat tinggi.Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Nursing, salah satu pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita tipes adalah yang mengandung banyak serat.Sebab, makanan yang mengandung serat tinggi sulit dicerna oleh tubuh dan bisa mengiritasi usus Anda yang sudah meradang.Selain itu, saat penderita tipes masih mengalami demam, perut dan pencernaan biasanya terasa tidak nyaman.Ini sebabnya, penderita tipes lebih baik mengonsumsi makanan hambar yang lunak dan mudah dicerna untuk sementara waktu.

Aneka buah untuk tipes yang bisa dikonsumsi

Ada beberapa jenis buah untuk tipes dengan kadar serat yang tidak tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi.Meski rendah serat, aneka buah untuk tipes tetap mengandung vitamin dan mineral penting sehingga dapat mempercepat proses pemulihan orang yang sakit tipes.Tak hanya itu, kandungan air yang banyak pada buah-buahan berikut dapat membantu mengembalikan cairan dan elektrolit dalam tubuh yang hilang akibat demam dan diare.Dengan ini, Anda akan terhindar dari risiko dehidrasi. Nah, buah untuk tipes yang dimaksud, antara lain:

1. Pisang

Salah satu buah untuk sakit tipes yang baik dikonsumsi oleh penderita tipes adalah pisang. Tekstur pisang yang umumnya lembek dan lebih lembut membuatnya lebih mudah melewati saluran pencernaan. Makan pisang setiap hari berkhasiat untuk mempercepat proses pemulihan penyakit tipes.Pisang mengandung pektin atau serat larut yang bisa menyerap cairan di usus sehingga memberikannya energi sekaligus meredakan gejala tipes berupa diare.Kandungan kalium di dalamnya juga berfungsi untuk menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare dan demam.Untuk mempercepat pemulihan tipes, Anda disarankan untuk mengonsumsi 2-3 buah pisang setiap harinya. Anda pun dapat mencampurkan 2 buah pisang yang sudah dipotong-potong dengan ½ gelas yogurt dan 1 sendok teh madu.Konsumsi campuran tersebut dalam 2-3 kali setiap hari hingga masa penyembuhan selesai.

2. Melon

Melon adalah salah satu buah untuk tipes
Melon bisa mempercepat proses pemulihan penderita tipes
Melon merupakan buah untuk tipes yang mengandung rendah serat. Kendati demikian, melon mengandung banyak nutrisi yang tidak kalah menyehatkan. Dalam satu porsi melon ukuran 177 gram mengandung kurang lebih 64 kalori, 53 persen vitamin C, dan 12 persen kalium.Berbagai kandungan tersebut dapat membantu orang yang sakit tipes untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya sehingga mempercepat proses pemulihan.Selain itu, melon juga mengandung banyak air yang mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

3. Semangka

Buah untuk tipes lainnya adalah semangka
Semangka mengandung banyak air yang cocok dikonsumsi oleh penderita tipes
Pilihan buah untuk tipes berikutnya adalah semangka. Kandungan utama dalam daging buah semangka merupakan air.Tak ayal bila semangka memiliki kandungan serat yang rendah sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit tipes.Sama halnya dengan melon, meski mempunyai kadar serat yang rendah semangka tetap mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A dan vitamin C, yang tidak kalah menyehatkan dibandingkan jenis buah-buahan lainnya.Semangka juga menjadi sumber antioksidan yang sangat baik bagi tubuh.

4. Blewah

Blewah merupakan buah untuk tipes yang memiliki kandungan serat paling rendah dibandingkan jenis buah-buahan segar lainnya.Meski rendah serat, blewah mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan tubuh, yakni mengandung 50 kalori, 98 persen vitamin A, 12 persen vitamin C, dan kalium.Kandungan utama air pada blewah membuatnya menjadi salah satu buah untuk tipes karena baik bagi sistem pencernaan.

5. Alpukat

Alpukat juga menjadi pilihan buah untuk tipes
Alpukat sangat baik bagi penderita tipes yang mengalami sembelit
Alpukat adalah jenis buah untuk tipes yang penuh nutrisi karena mengandung serat dan nutrisi baik di dalamnya.Salah satu manfaat alpukat, yaitu memberi efek positif untuk kesehatan pencernaan, terutama bagi penderita tipes yang mengalami sembelit. Sebab, alpukat dapat membantu buang air besar menjadi teratur.Alpukat juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga memberikannya energi dan mempercepat proses pemulihan dari sakit tipes.

6. Jeruk

Jeruk juga menjadi buah untuk tipes yang mengandung banyak air
Jeruk mengandung banyak vitamin C yang baik untuk meningkatkan imun tubuh
Jeruk juga termasuk buah untuk tipes yang mengandung banyak air. Tak hanya itu, jeruk kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meringankan peradangan.Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi jeruk jika perut terasa perih dan terasa tidak nyaman.

7. Anggur

Anggur juga menjadi pilihan buah untuk tipes yang mengandung kadar serat rendah.Buah anggur kaya akan vitamin dan mineral serta antioksidan berupa flavonoid. Flavonoid mampu menangkal peradangan, termasuk yang disebabkan oleh penyakit tipes.

8. Buah untuk tipes lainnya

Selain aneka buah untuk tipes yang sudah disebutkan di atas, beberapa buah untuk tipes lainnya yang baik dikonsumsi adalah aprikot atau jeruk limau gedang (grapefruit).Buah-buahan tersebut juga mengandung banyak air sehingga dapat mengembalikan kadar cairan dalam tubuh yang hilang.

Catatan dari SehatQ

Anda bisa mengonsumsi buah untuk tipes dengan cara memakan daging buahnya secara utuh atau diminum sebagai jus buah.Jangan lupa untuk mencuci buah terlebih dahulu sampai bersih menggunakan air mengalir agar terjaga kebersihannya. Anda juga disarankan untuk mengupas buah untuk tipes yang akan dikonsumsi.Jika Anda merasa ragu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter atau perawat mengenai buah untuk tipes dan makanan lainnya yang dapat dikonsumsi atau tidak oleh penderita tifus selama proses pemulihan.
tipestifusdemam tifoid
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/typhoid-fever/symptoms-causes/syc-20378661
Diakses pada 12 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/156859#prevention
Diakses pada 12 Mei 2020
Healthy Eating. https://healthyeating.sfgate.com/lowfiber-fruit-6608.html
Diakses pada 12 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/honeydew#section5
Diakses pada 12 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-cantaloupe#water
Diakses pada 12 Mei 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/73159-list-foods-flavonoids/
Diakses pada 12 Mei 2020
Healthfully. https://healthfully.com/food-for-typhoid-fever-6204555.html
Diakses pada 12 Mei 2020
Medlife. https://www.medlife.com/blog/foods-for-typhoid-what-to-eat-and-avoid/
Diakses pada 12 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait