logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Wanita

13 Jenis Bra dan Fungsinya untuk Banyak Keperluan

open-summary

Jenis-jenis bra yang dapat dipilih sesuai keperluan antara lain sport bra untuk olahraga, strapless bra yang cocok saat sedang memakai kebaya, atau nursing bra bagi busui.


close-summary

3.25

(4)

19 Mar 2021

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Jenis-jenis bra antara lain sport bra, bra kawat, padded bra, dan training bra

Jenis-jenis bra bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan

Table of Content

  • Pentingnya memilih jenis bra yang tepat
  • Jenis-jenis bra yang perlu diketahui

Bra adalah bagian yang tidak bisa terpisahkan dari para wanita dewasa. Idealnya, dalam setiap kesempatan yang berbeda, Anda juga perlu menggunakan jenis bra yang berbeda, seperti sport bra saat olahraga atau strapless bra saat menggunakan gaun tanpa lengan.

Advertisement

Saat ini, ada belasan jenis bra berbeda yang tersedia dan bisa Anda pilih sesuai dengan selera serta kondisi. Memilih bra yang tepat tidak hanya akan mendukung penampilan, tapi juga akan membantu menjaga kesehatan payudara dan jaringan di sekitarnya.

Pentingnya memilih jenis bra yang tepat

Memilih jenis bra yang tepat penting dilakukan, karena bra yang tidak pas akan memicu banyak gangguan di payudara dan jaringan sekitarnya.

Saat Anda memilih bra yang terlalu ketat dan terbuat dari bahan yang kasar, misalnya, bukan tidak mungkin hal ini akan memicu iritasi dan gatal pada payudara.

Selain itu, jika lebih suka memilih bra yang memiliki kawat, ukuran yang tidak pas bisa saja membuat ujung kawat justru menusuk-nusuk kulit payudara dan membuatnya terluka.

Menggunakan bra yang terlalu sempit juga bisa memengaruhi postur dan memicu leher, bahu, serta punggung menjadi sakit. Sehingga memilih jenis dan ukuran bra yang paling tepat untuk dipakai, meski terlihat sepele, sebenarnya sangatlah penting untun setiap wanita.

Baca Juga: Fungsi Bra untuk Payudara

Jenis-jenis bra yang perlu diketahui

Berikut ini jenis-jenis bra yang dapat Anda gunakan sesuai dengan keperluan dan selera.

Jenis bra untuk olahraga adalah sport bra
Sport bra adalah jenis bra yang dapat menopang payudara dengan baik saat berolahraga

1. Sport bra

Saat berolahraga, menggunakan sport bra akan membuat payudara terasa nyaman dan tidak sakit saat berguncang atau bergerak karena aktivitas fisik yang dilakukan.

Selain itu, sport bra umumnya terbuat dari bahan yang menyerap keringat, sehingga kulit tidak akan menjadi lembap maupun mudah iritasi saat Anda berkeringat. Lapisan tambahan di dalamnya juga akan mencegah puting jadi lecet akibat gesekan berlebih.

2. Training bra

Training bra adalah jenis bra bagi para remaja yang ukuran payudaranya mulai membesar.

Semula, bra ini dianggap perlu digunakan untuk mencegah agar jaringan payudara yang baru tumbuh, bisa berkembang dengan baik dan tidak kendur. Namun saat ini, hal tersebut telah dibuktikan tidak terlalu tepat.

Pasalnya, jaringan payudara yang baru tumbuh biasanya belum membutuhkan penahan atau support layaknya payudara wanita dewasa.

Saat ini, training bra masih banyak digunakan, tapi tujuannya lebih untuk membuat para remaja merasa lebih nyaman karena jaringan payudaranya sudah tertutupi oleh pakaian dalam yang lebih spesifik.

Pada beberapa remaja yang memiliki puting lebih menonjol, penggunaan training bra juga berguna untuk menutupi bagian tersebut meski secara keseluruhan jaringan payudaranya belum cukup besar sampai harus ditopang oleh bra.

3. Padded bra

Pada padded bra, selapis bahan ditambahkan di bagian cup sehingga payudara terlihat lebih menonjol dan mencegah puting terlihat dari balik pakaian. Bra jenis ini cocok digunakan untuk semua jenis dan ukuran payudara.

4. Maternity bra

Maternity bra adalah bra untuk ibu hamil. Bumil disarankan memilih maternity bra yang nyaman untuk menyokong payudara dengan ukuran yang cenderung membesar selama kehamilan.

Biasanya, jenis bra ini memiliki ukuran tali yang lebih lebar dibanding bra lainnya. Bra yang baik untuk ibu hamil juga harus bisa memberikan sokongan yang baik untuk punggung dan bahu agar keduanya tidak cepat terasa lelah dan sakit.

Saat membeli maternity bra, pilihlah ang dapat disesuaikan ukurannya dari panjang tali hingga bagian-bagian lainnya. Sebab selama hamil, ukuran payudara akan berubah dengan cepat.

Jenis bra untuk menyusui adalah nursing bra
Jenis bra untuk menyusui memiliki bukaan di depannya

5. Nursing bra

Nursing bra adalah bra bagi ibu menyusui. Sekilas, bentuknya bra ini tidak terlalu berbeda dengan jenis bra lainnya. Namun pada bra menyusui, ada kaitan yang membuatnya mudah dibuka dan ditutup untuk memudahkan menyusui atau memompa ASI.

6. Underwire bra

Underwire bra adalah bra yang memiliki kawat di bagian bawah dan sampingnya sehingga bentuk bra lebih kaku.
Bra jenis ini biasanya banyak digunakan oleh wanita dengan ukuran payudara besar, karena kawatnya bisa memberikan sokongan maksimal.

Meski begitu, beberapa wanita menganggap bahwa jenis bra yang satu ini tidak terlalu nyaman digunakan. Oleh karena itu saat memilih bra dengan kawat, pastikan Anda telah mencoba kenyamanannya.

7. Strapless bra

Strapless bra adalah jenis bra yang tidak memiliki tali. Biasanya, bra ini digunakan untuk mengenakan gaun tanpa lengan atau kebaya dengan bustier dan brokat tranparan di bagian pundaknya.

Meski tidak memiliki tali, strapless bra bisa menopang payudara secara baik karena bra ini dibuat dari bahan elastis yang bisa melekat dengan sangat baik di kulit, sehingga tidak akan naik turun saat digunakan.

8. Bralette

Bralette adalah jenis bra yang terbuat dari bahan renda dengan warna-warni dan model stylish. Bra ini tidak memiliki kawat ataupun padding dan bahkan cocok dijadikan atasan untuk acara-acara tertentu.

Bralette akan menutupi bagian payudara dan area di sekitarnya secara penuh. Beberapa modelnya memiliki bahan yang sampai menutupi area perut.

Bra ini tidak bisa memberikan banyak sokongan pada payudara seperti bra lainnya sehingga biasanya paling nyaman jika digunakan oleh perempuan dengan ukuran payudara tidak terlalu besar.

Jenis bra untuk menaikkan posisi payudara adalah push up bra
Push up bra akan membuat payudara terlihat lebih kencang

9. Push up bra

Push up bra adalah jenis bra yang bisa membuat payudara terlihat lebih kencang dan “naik”. Bra yang satu ini kerap digunakan oleh para wanita yang merasa payudaranya butuh sokongan lebih agar terlihat semakin berisi.

Dengan menggunakan push up bra, lekuk tubuh biasanya akan semakin terlihat dan bagi beberapa perempuan, hal ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri.

10. T-shirt bra

T-shirt bra adalah jenis bra yang nyaman digunakan saat Anda sedang memilih kaus sebagai pakaian luar. Meski tidak memberikan banyak sokongan seperti jenis bra lain, jenis bra ini cocok untuk digunakan sehari-hari saat acara kasual.

11. Bandeau bra

Bandeau bra adalah jenis bra mirip kemben mini yang menutupi area payudara dan sedikit area di bawahnya. Jenis ini tidak memiliki tali, cup, ataupun kaitan sehingga Anda bisa menggunakannya seperti kaus biasa.

Bra jenis ini sangat nyaman digunakan serta cocok untuk dipakai di rumah saat suasana santai dan kasual.

12. Minimizer bra

Jenis bra selanjutnya adalah minimizer bra yang dapat menutup area payudara secara keseluruhan dan membuat ukurannya terlihat lebih kecil dari aslinya. Bra jenis ini biasanya digunakan oleh perempuan yang ukuran payudaranya besar dan tidak ingin bagian samping payudaranya terlihat menonjol keluar.

13. Longline bra

Longline adalah jenis bra yang akan menutupi tidak hanya area payudara tapi juga area perut hingga sedikit di atas pusar, layaknya pakaian jenis crop top. Bra ini cocok digunakan untuk memperbaiki lekuk tubuh saat akan memakai gaun atau kebaya.

Tidak hanya menyokong payudara, bra jenis ini juga akan menopang punggung dan pundak dengan baik, sehingga sangat cocok digunakan untuk perempuan dengan ukuran payudara besar.

Baca Juga

  • African Black Soap, Andalan Usir Jerawat Hingga Kerutan Wajah
  • Mengenal Usia Menopause Normal pada Wanita
  • Sejauh Mana Efek Virus Zika pada Kehamilan, termasuk Infeksi Rahim?

Memilih jenis bra yang tepat untuk setiap suasana sangatlah penting bagi setiap wanita. Sebab hal ini tidak hanya berkaitan dengan penampilan tapi juga kesehatan payudara.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat memilih bra yang tepat untuk payudara maupun seputar kesehatan payudara lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

kesehatan wanitakulit dan kecantikanpayudara

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved