Jenis Antibiotik untuk Pneumonia dan Pilihan Pengobatan Lainnya


Pneumonia yang disebabkan infeksi bakteri dapat diobati dengan antibiotik. Jenis antibiotik untuk pneumonia meliputi sejumlah golongan, seperti penisilin, makrolida, quinolone, tetrasiklin, dan aminoglikosida.

(0)
23 Nov 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Antibiotik untuk pneumonia diperlukan untuk mengobati pneumonia karena bakteriAda banyak jenis antibiotik untuk pneumonia
Pneumonia atau paru-paru basah adalah infeksi yang menyebabkan radang kantung udara di paru-paru. Penyakit ini memiliki beberapa jenis yang dapat dibedakan berdasarkan penyebab infeksi atau asal paparannya. Beda jenis pneumonia, beda pula tindakan pengobatannya, termasuk di antaranya adalah pemberian antibiotik untuk pneumonia.

Kapan antibiotik untuk pneumonia diberikan?

Sebelum antibiotik untuk pneumonia dokter, dokter harus memastikan jenis dan penyebab infeksinya terlebih dahulu. Penyebab pneumonia meliputi infeksi virus, bakteri, jamur, protozoa, atau agen infektan lain.Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan organisme penyebab pneumonia. Prosedur yang dilakukan adalah tes darah, kultur darah, pemeriksaan dahak, hingga rontgen dada.Antibiotik untuk pneumonia diberikan jika infeksi disebabkan oleh bakteri. Namun, butuh banyak waktu untuk mengidentifikasi secara pasti jenis bakteri penyebabnya. Bahkan, ada kemungkinan jenis bakteri tidak bisa dipastikan.Pemberian jenis antibiotik untuk pneumonia yang spesifik, harus disesuaikan dengan beberapa faktor, seperti:
  • Usia
  • Kondisi kesehatan secara umum
  • Penyakit lain yang diidap
  • Jenis obat-obatan atau vitamin yang sedang digunakan
  • Antibiotik yang pernah digunakan dalam waktu dekat
  • Kemungkinan adanya resisten terhadap antibiotik tertentu.

Jenis antibiotik untuk pneumonia

Antibiotik untuk pneumonia tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, atau cairan. Beberapa jenis antibiotik yang biasanya digunakan untuk mengobati pneumonia, yaitu:

1. Makrolida

Makrolida dianggap sebagai antibiotik untuk pneumonia terbaik. Obat golongan makrolida, seperti azitromisin dan klaritromisin, dapat digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa.Hanya saja, beberapa bakteri mungkin telah menjadi resisten terhadap makrolida. Kemungkinan hal ini dikarenakan penggunaan makrolida secara luas untuk mengobati berbagai penyakit.

2. Quinolone

Antibiotik yang masuk kelompok quinolone adalah ciprofloxacin dan levofloxacin. Quinolone merupakan jenis antibiotik untuk pneumonia yang tidak dianjurkan bagi anak-anak.

3. Tetracyclines

Jenis antibiotik ini meliputi doxycycline dan tetracycline (tetrasiklin). Ini adalah jenis antibiotik untuk pneumonia yang cocok bagi orang dewasa dan anak remaja.

4. Penicillin

Penicillin dapat digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa. Jenis antibiotik untuk pneumonia dari golongan penicillin adalah amoxicillin.Jenis antibiotik ini tidak dapat diberikan pada pasien yang memiliki alergi terhadap antibiotik golongan penisilin.

5. Aminoglikosida

Aminoglikosida telah digunakan puluhan tahun untuk mengatasi pneumonia nosokomial (Hospital-Acquired Pneumonia/HAP) yang disebabkan oleh bakteri gram negatif. HAP adalah jenis pneumonia yang menjangkiti pasien dalam waktu 48 jam sejak menjalani rawat inap di rumah sakit. Gentamicin injeksi merupakan antibiotik golongan aminoglikosida yang dapat digunakan sebagai antibiotik untuk pneumonia berat bagi anak-anak usia 2-59 bulan.Jika setelah pemberian salah satu jenis antibiotik untuk pneumonia tidak ada perbaikan kondisi, maka dokter akan meresepkan jenis antibiotik lainnya.Apabila setelah tiga minggu sejak pemberian antibiotik untuk pneumonia belum ada perbaikan, segera konsultasikan kembali kondisi Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan ulang dan menyarankan langkah perawatan lainnya.

Cara lain mengatasi pneumonia

Antibiotik untuk pneumonia tidak selamanya diperlukan untuk mengatasi pneumonia. Pada pneumonia akibat infeksi virus misalnya, penggunaan antibiotik tidak akan memperbaiki kondisi pasien.Cara-cara lain yang dapat dilakukan untuk membantu menyembuhkan pneumonia, antara lain:
  • Banyak minum.
  • Istirahat yang cukup untuk memperkuat sistem imun tubuh.
  • Jaga kondisi udara di ruangan supaya tetap lembap.
  • Konsumsi obat untuk mengatasi gejala lain pneumonia, seperti obat batuk dan obat demam.
  • Jika kondisi pneumonia semakin berat, Anda mungkin harus istirahat total (bed rest) atau mungkin rawat inap di rumah sakit.
  • Pemasangan tabung oksigen atau ventilator dapat dilakukan jika gejala termasuk sesak napas.
  • Terapi pernapasan untuk mengencerkan dahak.
Pneumonia akibat virus biasanya membaik setelah tiga hari. Sementara itu, pneumonia yang disebabkan infeksi bakteri umumnya akan berangsur-angsur sembuh setelah mengonsumsi antibiotik untuk pneumonia.Masa pemulihan pasien pneumonia umumnya adalah satu minggu. Namun, pasien dengan kondisi daya tahan tubuh yang lemah atau terjangkit pneumonia berat, dapat memerlukan waktu penyembuhan lebih lama.Pneumonia karena perawatan di rumah sakit (HAP), atau bekerja dalam jangka waktu lama pada fasilitas kesehatan (HCAP), cenderung lebih sulit disembuhkan.Kedua jenis pneumonia tersebut lebih banyak disebabkan oleh bakteri dibandingkan virus. Selain itu, ada kemungkinan bakteri penyebab pneumonia telah resisten terhadap beberapa jenis antibiotik.Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut seputar antibiotik untuk pneumonia, Anda bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
antibiotikpneumonia
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pneumonia/symptoms-causes/syc-20354204
Diakses 5 November 2020
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4471-pneumonia/management-and-treatment
Diakses 5 November 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK264159/
Diakses 5 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/walking-pneumonia-vs-pneumonia
Diakses 5 November 2020
European Respiratory Journal - European Respiratory Society. https://erj.ersjournals.com/content/22/6/876
Diakses 5 November 2020
Patient. https://patient.info/chest-lungs/chest-infection/pneumonia
Diakses 5 November 2020
Pulmonologi Universitas Sumatera Utara. http://pulmonologi.usu.ac.id/images/PDF/Guideline_Pneumonia_Nosokomial_PDPI.pdf
Diakses 5 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait