8 Jenis Alat Olahraga yang Bisa Anda Pakai di Rumah

Pemilihan alat olahraga harus sesuai dengan kondisi fisik dan tipe olahraga yang ingin Anda lakukan
Tentukan alat olahraga yang cocok dengan kondisi fisik maupun jenis olahraga pilihan Anda

Kesibukan yang padat terkadang membuat sebagian orang tidak sempat berolahraga. Bagi Anda yang sulit meluangkan waktu untuk olahraga atau malas ke gym, Anda bisa melakukan olahraga di rumah

Tidak hanya menyenangkan, olahraga di rumah juga membuat Anda lebih rileks dan fleksibel dalam mengatur waktu. Agar lebih maksimal, variasikan gerakan olahraga dengan memanfaatkan bantuan alat olahraga yang bisa dipakai di rumah. 

Beragam alat olahraga di rumah yang wajib Anda miliki

Menyimpan alat olahraga di rumah menawarkan berbagai manfaat. Mulai dari membuat Anda lebih rajin beraktivitas fisik hingga bebas mengatur waktu. Jadi, alat olahraga apa sajakah yang perlu Anda miliki?

1. Barbel

Salah satu alat olahraga di rumah yang ada adalah barbel. Bobot alat olahraga ini juga bervariasi, dari 0,5 kg hingga 11 kg. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kondisi fisik Anda.

Berolahraga menggunakan barbel tidak memakan banyak waktu dan tempat. Pasalnya, Anda bisa melakukannya sambil duduk, menonton televisi, atau berdiri. 

Selain baik dalam melatih kekuatan otot bahu dan lengan, Anda juga bisa memanfaatkan barbel untuk melakukan olahraga kardio dengan cara mengayunkannya. 

2. Resistance band

Selain barbel, resistance band juga bisa menjadi alat olahraga yang praktis di rumah. Alat olahraga ini berupa seutas tali karet elastis yang digunakan untuk melatih kekuatan otot-otot tubuh. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa keefektifan resistance band dalam melatih otot tidak jauh berbeda dengan mesin maupun alat olahraga pembentuk otot lainnya. Tapi Anda harus belajar untuk menggunakannya dengan benar agar tidak cedera

3. Tali skipping

Skipping atau lompat tali termasuk jenis olahraga mudah dan murah. Olahraga kardio ini bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru, serta melatih kekuatan otot lengan, bahu, dan kaki. 

Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa 10 menit melakukan lompat tali dan 30 menit jogging memberikan manfaat yang sama untuk kesehatan jantung. Jadi, bagi Anda yang tidak suka berlari atau jogging, lompat tali bisa menjadi alternatif untuk membakar kalori dalam tubuh.

Saat melakukan olahraga lompat tali di rumah, Anda setidaknya membutuhkan area seluas 1,5x2,5 m dengan tinggi minimal 2 m. Dengan ini, tali tidak akan tersangkut ketika digunakan.

Perhatikan pula permukaan lantai yang Anda gunakan saat berolahraga. Bagi pemula, Anda disarankan untuk mengindari lompat tali di atas karpet, rumput, lantai beton, atau aspal. Pasalnya, permukaan-permukaan lantai ini bisa meningkatkan risiko cedera.

Sebagai alternatif, Anda sebaiknya melakukan lompat tali di atas lantai kayu atau matras khusus olahraga. 

4. Matras olahraga

Untuk Anda yang rutin melakukan yoga atau meditasi, matras olahraga wajib Anda miliki di rumah. 

Alat olahraga ini berfungsi untuk menjaga agar pijakan Anda tetap stabil selama melakukan gerakan yoga atau peregangan lainnya. Matras juga dapat melindungi tubuh Anda dari benturan apabila jatuh tergelincir. 

5. Bola olahraga

Bola olahraga umumnya baik digunakan untuk melakukan latihan kekuatan, keseimbangan, postur, dan kelenturan tubuh. Anda bisa menggunakan alat olahraga ini dengan mendudukinya, serta menjadikannya sebagai tumpuan untuk push up atau penahan saat mengangkat kaki.

Bola untuk olahraga hadir dalam berbagai macam ukuran. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan tubuh dan keperluan olahraga Anda.

6. Kettlebell

Alat olahraga lain yang bisa Anda sediakan di rumah adalah kettlebell. Alat olahraga ini berbentuk bola beban yang memiliki pegangan di bagian atasnya. 

Sama seperti barbel, kettlebell tersedia dalam bermacam-macam bobot. Anda bisa menggunakannya dengan cara mengayunkan atau mengangkatnya seperti latihan angkat beban.

Memanfaatkan kettlebell sebagai alat olahraga dapat membakar sekitar 20 kalori per menit. Jumlah ini setara dengan berlari selama enam menit. 

7. Foam roller

Foam roller adalah alat olahraga berupa gulungan busa empuk. Alat ini bisa digunakan untuk membantu dalam meringankan otot yang tegang dan nyeri, atau mengalami peradangan. 

Foam roller dapat menjadi alat olahraga yang efektif untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan sesudahnya. Kedua tahap ini penting untuk mencegah terjadinya cedera

Anda juga bisa menggunakan foam roller sebagai alat bantu olahraga selama yoga atau melakukan gerakan lain guna menjaga keseimbangan tubuh. Misalnya, push up

8. Weight bench

Jika Anda ingin melakukan olahraga dengan intensitas yang lebih berat, weight bench bisa menjadi pilihan alat olahraga yang cocok. Alat ini berupa bangku yang dapat digunakan untuk latihan membentuk serta memperkuat bagian dada maupun punggung.

Untuk memilih alat olahraga yang cocok, Anda perlu mengetahui kondisi dan kemampuan fisik Anda terlebih dahulu. Anda bisa mendeteksi kesehatan Anda dengan berkonsultasi ke dokter

Ketika pertama kali menggunakan alat olahraga, Anda juga bisa meminta bantuan pada pelatih profesional agar cara pemakaiannya tepat. Dengan ini, Anda pun terhindar dari cedera saat berolahraga. 

Ingat pula bahwa jika Anda sudah merasa lelah, jangan paksa tubuh untuk terus berolahraga. Luangkan waktu untuk beristirahat yang cukup agar kesehatan Anda tidak terganggu.

Verywill Fit. https://www.verywellfit.com/best-home-fitness-equipment-1231463
Diakses pada 1 November 2019

Verywill Fit. https://www.verywellfit.com/choosing-and-using-resistance-bands-1229709

Diakses pada 1 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/skipping-rope-doesnt-skip-workout#1
Diakses pada 1 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/guide/kettlebell-workout#1
Diakses pada 1 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/foam-roller-benefits
Diakses pada 1 November 2019

Health. https://www.health.com/fitness/best-home-workout-equipment
Diakses pada 1 November 2019

International Journal of Sports Medicine. http://www.doi.org/10.1055/s-0030-1262808
Diakses pada 1 November 2019

Taylor & Francis Online. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/10671188.1968.10618043
Diakses pada 1 November 2019

Self. https://www.self.com/gallery/equipment-essentials-build-at-home-gym-minimal-space
Diakses pada 1 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed