Pilih pasta gigi anak yang aman jika tertelan namun tetap mengandung fluoride
Ajak anak rutin menyikat gigi dengan pasta gigi ber-fluoride namun tetap aman untuk Si Kecil

Tidak ada kata terlalu dini untuk mulai melindungi gigi anak, salah satunya dengan memilih pasta gigi anak yang aman. Bagi anak yang masih belajar berkumur, penting juga untuk tahu pasta gigi anak yang aman ditelan, lengkap dengan kandungannya.

Di luar sana, ada banyak sekali merek pasta gigi anak yang populer. Salah satu kandungan yang direkomendasikan ada pada pasta gigi anak adalah fluoride, terutama di Indonesia yang masih belum melakukan usaha fluoridasi air minum agar kadar fluoride di tubuh mencukupi.

Manfaat flouride dalam pasta gigi anak

Kandungan flouride dalam pasta gigi anak sangat bermanfaat untuk banyak hal, seperti:

  • Mencegah gigi berlubang
  • Memperkuat enamel gigi yang rapuh
  • Menunda pengeroposan gigi
  • Membatasi pertumbuhan bakteri dalam mulut
  • Mencegah hilangnya mineral dari enamel gigi

Dokter anak dan dokter gigi merekomendasikan pasta gigi dengan flouride aman untuk anak-anak yang berusia 2 tahun ke atas. Idealnya, pasta gigi anak hanya diperlukan dalam kuantitas kecil, seukuran biji jagung.

Apabila tertelan pun, sebenarnya tidak masalah selama kuantitas pasta gigi yang diberikan pada anak tidak berlebihan. Bahaya biasanya terjadi apabila anak tanpa sengaja menelan pasta gigi dalam jumlah terlalu banyak yang bisa berdampak pada perutnya.

Panduan memilih pasta gigi yang aman

Sebagai orangtua, Anda tentu ingin memberikan yang terbaik bagi anak, termasuk dalam hal memilih pasta gigi yang aman. Beberapa pilihan merek pasta gigi populer yang beredar di pasaran di antaranya:

1. Kodomo

Sama seperti merek pasta gigi anak lainnya, Kodomo juga mengandung active flouride yang dapat mencegah gigi berlubang. Selain itu, juga ada kandungan xylitol untuk menjaga kesehatan gigi.

2. Buds Organics

Pasta gigi anak dari Buds ini mengandung natural cleanser dan juga silica. Tak hanya itu, pasta gigi anak Buds Organic yang tersedia dalam 4 rasa juga mengandung flouride untuk anak berusia 3-12 tahun.

3. Cussons

Tak hanya memperkuat dan menjaga kesehatan gigi anak, pasta gigi Cussons mengklaim dapat menjaga napas anak tetap segar. Perlindungan ini diberikan berkat kandungan flouride, xylitol, dan juga kalsium di dalamnya.

4. Jack N’ Jill

Merek pasta gigi anak yang boleh ditelan dan tak kalah populer adalah Jack N’ Jill. Pasta gigi ini mengklaim terbuat dari bahan organik dan tidak mengandung flouride. Selain itu, Jack N’ Jill juga tak mengandung pewarna, sodium lauryl sulfate, dan bisphenol-A.

Kandungan lain dalam Jack N’ Jill adalah calendula yang membantu menyehatkan gusi. Tak hanya itu, kandungan xylitol dalam Jack N’ Jill juga membantu pasta gigi bekerja dengan efektif.

5. Pepsodent

Pepsodent juga mengeluarkan pasta gigi anak dengan kandungan flouride, kalsium, dan juga protein dari ekstrak susu. Formulasinya adalah bekerja dengan sedikit busa dengan fungsi melindungi gigi dari asam, terutama bagi si kecil yang suka mengonsumsi makanan manis.

6. Darlie Bunny Kids

Pasta gigi anak berikutnya adalah Darlie Bunny Kids yang mengandung flouride sehingga dapat mencegah gigi anak berlubang. Selain itu, Darlie Bunny Kids juga mengandung kalsium yang dapat memperkuat gigi.

Secara umum, pasta gigi dengan flouride aman dan direkomendasikan untuk anak-anak, bahkan termasuk dalam pasta gigi anak yang boleh ditelan. Ketika anak menginjak usia 3 tahun, kemampuan motoriknya semakin berkembang sehingga bisa berlatih untuk berkumur sendiri setiap kali selesai menggosok gigi.

Untuk tahu betul apa merek pasta gigi anak yang tepat untuk buah hati Anda, konsultasikan kepada dokter gigi secara berkala. Tak kalah penting, tetapkan jadwal menggosok gigi secara teratur untuk mencegah gigi berlubang.

Healthline.https://www.healthline.com/health/fluoride-toothpaste#takeaway
Diakses 7 Januari 2020

Kumparan.https://kumparan.com/kumparanmom/5-pilihan-produk-pasta-gigi-untuk-anak-1550218691169229782
Diakses 7 Januari 2020

Ask the Dentist. https://askthedentist.com/best-baby-toothpaste/
Diakses 7 Januari 2020

Artikel Terkait

Banner Telemed