Jatuh Dari Motor Sebabkan Luka? Ini Pertolongan Pertama yang Dilakukan

luka lecet sering terjadi karena jatuh dari motor
jatuh dari motor sering sebabkan luka lecet

Anda mungkin pernah mengalami jatuh dari motor atau sepeda akibat kecelakaan. Umumnya, setelah jatuh, ada area tubuh tertentu yang mengalami luka-luka.

Luka-luka tersebut dikenal pula dengan luka lecet. Luka lecet adalah salah satu jenis luka terbuka yang terjadi pada permukaan luar kulit. Luka lecet sering terjadi ketika kulit bergesekan dengan permukaan kasar sehingga mengelupas lapisan atas kulit.

Luka lecet akibat jatuh dari motor merupakan hal yang umum dialami oleh hampir setiap orang. Jenis luka ini dapat terjadi di siku, lutut, pergelangan kaki, atau tulang kering.

Pertolongan pertama luka lecet akibat jatuh dari motor

Luka jatuh dari motor memang dapat menyakitkan. Akan tetapi, luka ini tidak menyebabkan perdarahan hebat.

Luka-luka lecet akibat jatuh dari motor harus segera diobati. Mengobati luka jatuh dari motor dengan benar dapat membantu mencegah luka agar tidak menimbulkan infeksi dan meminimalisir munculnya jaringan parut pada kulit.

Pada kasus yang ringan, luka jatuh dari motor dapat ditangani sendiri di rumah. Berikut adalah pertolongan pertama luka lecet akibat jatuh dari motor yang dapat Anda lakukan:

1. Mencuci tangan

Jika akan mengobati luka lecet Anda sendiri atau luka milik orang lain, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Anda dapat mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Langkah ini dilakukan untuk membersihkan kuman atau bakteri di tangan Anda yang mungkin dapat menyebabkan infeksi pada luka.

2. Mencuci luka yang lecet

Langkah selanjutnya adalah mencuci luka yang lecet. Ingat, jangan menggosok atau menekan luka terlalu dalam. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan perdarahan lebih lanjut. Cucilah dengan air yang mengalir selama beberapa menit.

3. Membersihkan luka

Untuk membersihkan kotoran yang terdapat dalam luka, Anda dapat menggunakan pinset yang sudah disterilkan dengan alkohol atau obat antiseptik khusus luka.

Dengan hati-hati, Anda dapat mengambil kotoran, kerikil, atau serpihan pasir, kaca, atau rumput yang mungkin menempel pada luka.

4. Oleskan krim antibiotik

Ketika luka jatuh dari motor sudah dibersihkan, Anda bisa mengoleskan krim antibiotik tanpa resep dokter, seperti bacitracin, neosporin, atau polysporin. Jenis krim antibiotik tersebut dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah timbulnya infeksi.

Anda dapat mengoleskan krim secara tipis-tipis untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi terbentuknya jaringan parut. Akan tetapi, segera hentikan penggunaan salep antibiotik apabila muncul ruam.

5. Tutup luka dengan kain kasa

Jika luka lecet yang Anda alami tergolong berukuran kecil, cukup diamkan hingga mengering. Sebaliknya, jika luka lecet berukuran besar, Anda bisa menutupnya menggunakan kain kasa terutama jika sering beraktivitas di luar rumah.

Menutup luka dengan kain kasa dapat menjaganya tetap lembap dan membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, langkah ini juga dapat mencegah luka kontak langsung dengan bakteri.

Namun, pastikan untuk mengganti kain kasa sehari sekali atau dua kali dalam sehari. Terlebih apabila kain kasa basah atau tidak sengaja kotor.

Jika kain kasa sulit dilepaskan saat Anda akan menggantinya, sebaiknya basahi perban terlebih dahulu menggunakan air atau larutan air garam. Cara tersebut dapat membuat keropeng kulit melunak sehingga kain kasa dapat dilepas.

6. Perhatikan apabila terjadi infeksi pada luka

Perhatikan apabila timbul infeksi pada luka lecet Anda. Jika Anda mengalami rasa sakit yang teramat sangat, kulit kemerahan, muncul nanah, segera oleskan krim antibiotik.

Kapan harus menemui dokter?

Luka jatuh dari motor adalah salah satu jenis cedera ringan. Pada beberapa kasus, luka lecet ini mungkin membutuhkan tindakan medis tertentu.

Oleh sebab itu, segera konsultasikan dengan dokter apabila Anda mengalami tanda-tanda atau gejala di bawah ini:

  • Luka jatuh dari motor tidak berangsur sembuh.
  • Perdarahan berlebihan.
  • Muncul aroma tidak sedap yang berasal dari luka.
  • Muncul nanah yang berasal dari luka.
  • Demam lebih dari empat jam.
  • Adanya kerikil, serpihan kaca, atau puing-puing yang masuk ke dalam luka.
  • Terasa sangat nyeri ketika bergerak atau ada hambatan pergerakan, bisa saja ada bagian tulang yang patah.

Dokter akan membantu Anda dalam memberikan pengobatan yang tepat untuk luka jatuh dari motor sesuai tingkat keparahannya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/road-rash-treatment
Diakses pada 20 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/abrasion
Diakses pada 20 November 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid-cuts/basics/art-20056711
Diakses pada 20 November 2019

Web Md. https://www.webmd.com/first-aid/relieving-wound-pain#1
Diakses pada 20 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed