Jarang Diketahui! Inilah Pentingnya Senam Kegel untuk Pria

Manfaat senam kegel untuk pria dapat membantu menguatkan otot dasar panggul
Senam kegel dapat membantu menguatkan otot dasar panggul pada pria

Tidak bisa dipungkiri, senam kegel selama ini identik sebagai olahraga bagi para wanita. Padahal, manfaat senam kegel untuk pria juga beragam. Salah satunya adalah dapat membantu mengembalikan kontrol kandung kemih, apalagi untuk Anda yang baru saja melakukan operasi prostat.

Bahkan, pada sebagian pria, senam kegel pun bisa membantu mengobati disfungsi ereksi dan mencegah ejakulasi dini. Tidak terlewat, rutin melakukan senam kegel juga mampu meningkatkan intensitas orgasme Anda.

Seputar Senam Kegel yang Perlu Anda Ketahui

Senam kegel juga disebut latihan otot dasar panggul (PFMT). Olahraga ini menargetkan penguatan untuk otot-otot dasar panggul yang juga dikenal sebagai otot pubococcygeal (PC).

Baik pria maupun wanita memiliki otot PC. Otot ini bekerja untuk memberikan dukungan pada organ-organ di area panggul, termasuk uretra, kandung kemih, dan usus. Otot ini juga membantu mempertahankan posisi organ-organ tersebut agar tetap ada di tempat, serta bekerja mengontrol kandung kemih dan fungsi seksual yang baik.

Saat muda, otot PC biasanya lebih kencang dan kuat. Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya usia, otot-otot ini dapat menjadi lemah dan meregang. Otot ini bahkan dapat menjadi terlalu lemah atau longgar akibat proses kehamilan, persalinan, operasi untuk kanker prostat, masalah kandung kemih atau usus, hingga beragam faktor lainnya.

Manfaat Senam Kegel untuk Pria

Banyak faktor yang dapat melemahkan otot PC pada pria, di antaranya adalah operasi pengangkatan prostat, diabetes, dan kondisi overactive bladder (OAB). Pada kondisi OAB, seseorang akan sulit mengontrol pengeluaran urine sehingga urine dapat keluar bahkan saat batuk atau tertawa. Melakukan senam kegel dapat membantu menguatkan otot PC Anda sehingga hal tersebut dapat dicegah.

Di samping itu, penelitian yang dilaporkan dalam Sexual Medicine Reviews menyatakan bahwa senam kegel juga bisa membantu mengobati disfungsi ereksi pada pria. Lebih spesifik lagi, senam ini dapat membantu meningkatkan fungsi ereksi, kontrol ejakulasi, meningkatkan intensitas orgasme, serta mencegah prostatitis kronis atau sindrom nyeri panggul kronis.

Cara Melakukan Senam Kegel

Cara melakukan senam kegel sama untuk pria maupun wanita. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, temukan otot PC Anda. Anda dapat mengidentifikasi otot-otot ini saat buang air kecil. Caranya, cukup hentikan air seni saat sedang buang air kecil. Otot yang Anda gunakan untuk menahan keluarnya urine adalah otot PC Anda. Untuk pria, testis juga akan naik saat otot PC Anda berkontraksi.
  2. Setelah Anda menemukan otot PC, Anda dapat mulai berlatih melenturkannya. Kontraksikan dan tahan otot PC Anda selama 5 hingga 20 detik. Lalu lepaskan mereka. Anda dapat mengulangi gerakan sederhana ini sebanyak 10 hingga 20 kali berturut-turut. Lakukan latihan ini 3-4 kali sehari. Secara bertahap, tingkatkan jumlah kontraksi yang Anda lakukan dan jumlah waktu untuk setiap kontraksi.
  3. Seiring waktu, latihan sederhana ini dapat membantu memperkuat otot PC Anda. Perlahan-lahan, Anda akan mendapatkan kemampuan untuk mengendalikan kandung kemih dan fungsi seksual.
  4. Lakukan variasi dalam latihan kegel. Anda juga dapat melakukan gerakan ini dengan beberapa posisi untuk lebih menguatkan kerja otot PC yang Anda latih.

Lakukan dengan Rutin untuk Dapatkan Manfaat Senam Kegel

Untuk merasakan manfaat senam kegel, Anda perlu melakukannya secara rutin. Jika dilakukan sebanyak tiga kali sehari, Anda dapat merasakan hasilnya dalam tiga hingga enam minggu, bahkan beberapa dapat merasakannya lebih cepat.

Jika belum juga ada perubahan yang Anda rasakan bahkan setelah satu bulan setelah rutin melakukan senam kegel, mungkin Anda telah salah menentukan lokasi otot PC Anda. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk membantu menemukan lokasi otot PC yang tepat. 

Setelah mengenali manfaat senam kegel untuk pria, Anda dapat menambahkannya sebagai salah satu alternatif olahraga harian Anda. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu menjaga pola makan agar kesehatan Anda senantiasa terjaga.

Healthline. https://www.healthline.com/health/kegel-exercises-for-men
Diakses pada 28 November 2018

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/mens-health/in-depth/kegel-exercises-for-men/art-20045074
Diakses pada 28 November 2018

WebMD. 

https://www.webmd.com/urinary-incontinence-oab/
Diakses pada 28 November 2018

https://www.webmd.com/urinary-incontinence-oab/kegel-exercises-treating-male-urinary-incontinence#2
Diakses pada 28 November 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed