Jarang Dikenal, Buah Boysenberry Kaya akan Nutrisi dan Manfaat

(0)
09 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Boysenberry adalah jenis buah berry liar yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidanBuah boysenberry agak mirip dengan raspberry
Boysenberry adalah jenis buah berry yang merupakan persilangan dari raspberry Eropa, loganberry, dan blackberry Pasifik. Tampilan boysenberry tampak seperti buah blackberry, hanya saja berwarna marun kemerahan. Buah berry liar ini biasanya memiliki rasa manis setelah matang dan sangat kecut saat masih mentah.Boysenberry umumnya diolah menjadi jelly, selai, sirup, atau makanan olahan lain sebelum dinikmati. Sebagaimana jenis buah berry lainnya, boysenberry memiliki sejumlah nutrisi dan antiokidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi buah boysenberry

Buah boysenberry memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Selain gula dan karbohidrat, buah ini mengandung:
  • Kalium
  • Natrium
  • Mangan
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Serat makanan
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Vitamin E
  • Vitamin B1, B2, B3, B5, dan B6
  • Vitamin A
  • Folat.
Seperti buah berry lainnya, boysenberry juga memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi kesehatan. Jenis antioksidan yang terkandung dalam boysenberry adalah antosianin dan asam elagat.Selain itu, boysenberry memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6. Berkat berbagai kandungannya, buah berry liar ini bisa dibilang sebagai buah yang memiiki kandungan nutrisi lengkap dan bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat buah boysenberry

Berikut adalah sejumlah manfaat buah boysenberry yang bisa Anda nikmati.

1. Mengontrol berat badan

Memiliki berat badan yang sehat dapat menurunkan berbagai risiko penyakit berat. Buah boysenberry mengandung serat makanan yang bisa membantu Anda lebih cepat kenyang dan meningkatkan kinerja usus.Selain itu, jenis buah berry ini tergolong rendah lemak dan kalori sehingga Anda dapat mengonsumsinya setiap hari, baik secara utuh atau setelah diolah menjadi makanan pelengkap.

2. Merawat kecantikan kulit

Tidak kalah dengan goji berry, boysenberry dianggap bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit. Kandungan antosianin pada buah berry liar ini dapat membantu memerangi efek peradangan dan mencegah penuaan dini.Konsumsi buah boysenberry dianggap membantu meremajakan kulit sehingga tampak segar dan berseri. Anda dapat membuat masker dari boysenberry dan susu untuk merasakan manfaatnya bagi kulit wajah.

3. Menyehatkan otak

Antioksidan alami yang dimiliki boysenberry dianggap penting untuk perkembangan otak dan mencegah penurunan fungsi otak.Jenis buah berry ini dapat membantu meningkatkan daya ingat dan bahkan direkomendasikan bagi penderita Alzheimer.

4. Menyehatkan pencernaan

Kandungan nutrisi pada boysenberry juga dipercaya bermanfaat bagi kesehatan pencernaan Anda.Jenis buah berry ini dapat meningkatkan fungsi saluran pencernaan dengan membantu mengatasi infeksi pada saluran pencernaan dan melawan bakteri jahat sekaligus membersihkannya.Dengan mengonsumsi boysenberry secara teratur, Anda juga dipercaya bisa terhindar dari masalah sembelit.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kombinasi vitamin C dan antosianin pada buah boysenberry berpotensi memberikan manfaat bagi kesehatan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).Jenis buah berry ini juga dianggap mampu menurunkan kadar kolesterol sehingga baik untuk kesehatan jantung. Dengan memiliki jantung yang sehat, kesehatan tubuh akan meningkat secara keseluruhan.

6. Sumber vitamin K

Boysenberry merupakan salah satu sumber vitamin K yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat vitamin K adalah menjaga kesehatan kardiovaskuler, menguatkan tulang, mencegah diabetes, serta mencegah dan mengatasi batu ginjal.

7. Menyehatkan penglihatan

Boysenberry memiliki kandungan vitamin A dan antioksidan yang baik bagi kesehatan jaringan mata dan memelihara saraf penglihatan. Konsumsi jenis buah berry ini secara rutin untuk meningkatkan kesehatan mata Anda.

8. Bermanfaat bagi wanita hamil

Vitamin B-kompleks dan folat pada buah boysenberry merupakan nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil.Folat bertanggung jawab untuk pembentukan sel darah merah dan tabung saraf janin. Kekurangan nutrisi ini dapat meningkatkan risiko cacat pada bayi.

9. Menurunkan risiko darah tinggi

Kandungan kalium pada buah berry liar ini dapat membantu menurunkan risiko darah tinggi karena kelebihan sodium. Nutrisi ini juga dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskuler secara keseluruhan.Itulah manfaat buah boysenberry yang bisa Anda dapatkan. Konsumsi buah ini umumnya tidak memiliki efek samping.Meski demikian, tingginya kandungan salisilat pada boysenberry sebaiknya diwaspadai jika Anda sensitif terhadapnya (intoleransi salisilat) atau memiliki alergi pada jenis buah berry.Jika Anda punya pertanyaan seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatbuah dan sayuran
Boysenberry. https://boysenberry.co.nz/en/boysenberries/health-nutrition/#
Diakses 26 April 2021
Nutrition Advance. https://www.nutritionadvance.com/boysenberries-nutrition-benefits/
Diakses 26 April 2021
Style Sat Life. https://stylesatlife.com/articles/boysenberries-benefits/
Diakses 26 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait