Jarang Didengar, Ini 9 Manfaat Rempah Biji Adas untuk Anda

(0)
01 Jul 2020|Marco Anthony
Biji adas dapat mengurangi nafsu makanBiji adas memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan
Biji adas merupakan salah satu pilihan rempah-rempah yang dapat digunakan saat memasak gulai ataupun masakan Nusantara lainnya. Meskipun jarang terdengar, ternyata biji adas memiliki beragam manfaat bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.Biji adas memiliki rasa seperti licorice atau akar manis dan sejak dahulu kala sudah digunakan sebagai rempah-rempah dan obat herbal atau tradisional. Kira-kira apa saja khasiat dari biji adas?

Manfaat biji adas bagi kesehatan

Biji adas berasal dari tumbuhan fennel yang awalnya tumbuh di daratan Mediterania, tetapi sekarang ini biji adas sudah digunakan di seluruh dunia sebagai rempah-rempah ataupun untuk diambil minyaknya. Berikut adalah beberapa manfaat biji adas untuk kesehatan.

1.Mengurangi nafsu makan

Biji adas dapat membantu Anda mencapai berat badan ideal Anda dengan mengurangi nafsu makan. Senyawa antehole dalam biji adas diyakini sebagai kandungan yang berperan dalam menekan nafsu makan.

2. Memiliki antioksidan yang tinggi

Biji adas mengandung berbagai macam antioksidan, seperti polifenol, quercetin, dan asam klorogenat. Memasukkan biji adas ke dalam masakan Anda dapat menurunkan risiko Anda mengalami penyakit kronis, seperti penyakit jantung, obesitas, dan kanker.

3. Bisa meningkatkan produksi ASI

Biji adas memiliki senyawa yang mampu memacu produksi ASI dan meningkatkan hormon prolaktin yang berperan dalam produksi ASI.Akan tetapi, beberapa studi menunjukkan bahwa terdapat efek samping dari penggunaan biji adas, seperti kesulitan menyusui dan tidak naiknya berat badan anak. Oleh karenanya, masih dibutuhkan studi lebih lanjut.

4. Menghambat pertumbuhan bakteri

Biji adas dipercaya mengandung senyawa antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya, seperti Candida albicans, E.coli, dan Staphylococcus aureus.

5. Mengurangi gejala menopause

Gejala menopause yang mengganggu dapat dikurangi dengan konsumsi biji adas. Tidak hanya itu, biji adas juga mampu meningkatkan fungsi dan kepuasan seksual pada wanita yang berada dalam masa menopause

6. Baik untuk fungsi otak

Penelitian pada tikus  menemukan bahwa ekstrak biji adas mampu mengurangi penurunan memori akibat faktor usia. Riset lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan khasiat biji adas ini.

7. Melindungi kesehatan jantung

Serat dalam biji adas sangat berperan dalam menurunkan risiko Anda mengalami penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Selain serat, biji adas juga mengandung kalsium, potasium, dan magnesium yang penting bagi kesehatan jantung.

8. Menurunkan peradangan

Peradangan berlebih sangat berbahaya bagi tubuh, untungnya, kandungan antioksidan, seperti quercetin dan vitamin C, dalam biji adas dipercaya mampu mengurangi peradangan dalam tubuh.

9. Berpotensi sebagai obat kanker

Meskipun masih membutuhkan riset yang lebih mendalam, biji adas mengandung banyak senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan bahkan membunuh sel kanker dalam tubuh.Biji adas diyakini mampu melindungi manusia dari kanker payudara dan kanker hati. Akan tetapi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat biji adas yang satu ini masih membutuhkan lebih banyak penelitian.

Sebelum mengonsumsi biji adas

Biji adas sebenarnya aman untuk dikonsumsi asal masih dalam takaran yang secukupnya. Biji adas mengandung senyawa estragole yang bersifat karsinogen jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.Selain itu, konsumsi biji adas secara berlebih berpeluang menyebabkan gangguan galaktorea atau keluarnya cairan seperti susu dari payudara. Ditambah lagi, Anda akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari saat mengonsumsi biji adas secara rutin.Biji adas tidak disarankan untuk wanita yang sedang hamil. Hal ini karena biji adas mengandung senyawa estrogenik yang kuat yang berpotensi mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin serta dapat menjadi racun bagi sel janin.Biji adas juga tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti pil estrogen dan obat kanker.Anda perlu waspada dengan alergi biji adas, biasanya, alergi akibat biji adas dapat memunculkan gejala berupa rasa gatal di hidung serta sensasi menggelitik atau kebas di mulut, lidah, dan bibir. Bila Anda mengalami gejala tersebut, segera hentikan konsumsi biji adas.

Catatan dari SehatQ

Biji adas merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan Nusantara dan sudah sejak lama digunakan sebagai rempah-rempah dan obat herbal.Meskipun ada beragam manfaat biji adas untuk kesehatan, tetapi Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi biji adas jika Anda menderita kondisi medis tertentu atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/fennel-and-fennel-seed-benefits#1
Diakses pada 24 Maret 2020
 Livestrong. https://www.livestrong.com/article/518268-can-eating-too-much-fennel-seed-be-harmful/
Diakses pada 24 Maret 2020
 NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17004908
Diakses pada 24 Maret 2020
 WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-311/fennel
Diakses pada 24 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait