Jantung Berdebar Saat Bangun Tidur, Apa Saja Penyebabnya?


Jantung berdebar saat bangun tidur tentunya bisa membuat seseorang merasa kaget dan khawatir. Namun ternyata, jantung berbedar saat bangun tidur tak melulu disebabkan oleh kondisi serius.

(0)
27 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Jantung berdebar saat bangun tidur bisa disebabkan oleh kebanyakan minum kafein.Jantung berdebar saat bangun tidur bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya gangguan cemas.
Jantung berdebar saat bangun tidur bisa membuat seseorang merasa kaget dan khawatir. Namun jangan panik, sebab jantung berdebar saat bangun tidur tak melulu disebabkan oleh kondisi serius.Meski begitu, ada juga penyebab jantung berdebar saat bangun tidur yang tidak boleh diremehkan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengenal berbagai penyebab jantung berdebar saat bangun tidur, supaya bisa mencari pengobatan terbaiknya.

Jantung berdebar saat bangun tidur, ini penyebabnya

Jantung berdebar saat bangun tidur tidak selalu disebabkan oleh kondisi fisik. Pola makan atau gangguan mental seperti stres juga bisa mengakibatkan jantung berdebar saat bangun tidur. Umumnya, jantung berdebar saat bangun tidur merupakan kondisi yang bersifat sementara.Kini saatnya Anda mengetahui sederet penyebab jantung berdebar saat bangun tidur, untuk menghilangkan rasa cemas di dalam pikiran.

1. Gangguan kecemasan

Jangan salah, gangguan cemas juga bisa menyebabkan jantung berdebar saat bangun tidur. Sebab, gangguan kecemasan membuat tubuh memproduksi hormon stres (kortisol) berlebih, sehingga jantung berdebar saat bangun tidur bisa terjadi.

2. Mengonsumsi alkohol berlebihan

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga bisa membuat jantung berdebar saat bangun tidur. Sebab, kadar alkohol yang ada di dalam tubuh bisa meningkatkan detak jantung. Itu artinya, lebih banyak mengonsumsi alkohol akan membuat jantung berdebar dengan cepat.

3. Naiknya kadar gula darah

Jantung berdebar saat bangun tidur
Jantung berdebar saat bangun tidur
Mengonsumsi gula berlebih tentunya bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Saat hal ini terjadi, tubuh melihatnya sebagai stres, sehingga hormon kortisol akan meningkat. Itulah sebabnya, naiknya gula darah bisa menjadi penyebab jantung berdebar saat bangun tidur.

4. Fibrilasi atrium

Fibrilasi atrium juga bisa menyebabkan jantung berdebar saat bangun tidur. Kondisi medis ini terjadi saat bilik atas jantung dan bilik bawah jantung tak berkoordinasi dengan baik.Umumnya, fibrilasi atrium tidak menimbulkan komplikasi serius. Namun dalam beberapa kasus, fibrilasi atrium bisa meningkatkan risiko gagal jantung, sehingga membutuhkan penanganan medis.

5. Sleep apnea

Gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan berhenti sesaat ini juga bisa mengakibatkan jantung berdebar saat bangun tidur. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa sleep apnea mampu menyebabkan jantung berdebar cepat. Sebab, saat kadar oksigen menurun, tekanan darah akan meningkat dan sistem kardiovaskular akan meningkat.

6. Mengonsumsi kafein

Jantung berdebar saat bangun tidur
Jantung berdebar saat bangun tidur
Mengonsumsi kafein dalam bentuk kopi atau teh, juga bisa menyebabkan jantung berdebar saat bangun tidur. Terutama bagi orang-orang yang suka mengonsumsi kopi terlalu banyak. Hati-hati, jantung berdebar saat bangun tidur bisa terjadi jika Anda mengonsumsi kebanyakan kopi.

7. Diabetes

Diabetes juga mampu menyebabkan jantung berdebar saat bangun tidur, terutama karena diabetes mengakibatkan gula darah meningkat, sehingga dinding pembuluh darah pun rusak. Sebuah penelitian juga menegaskan, cepatnya detak jantung dapat meningkatkan risiko diabetes.

8. Obat-obatan yang mengandung stimulan

Sama seperti kafein, kandungan stimulan pada obat-obatan juga bisa menyebabkan jantung berdebar saat bangun tidur. Beberapa obat di apotek dan obat resep yang mengandung stimulan dapat menyebabkan jantung berdebar saat bangun tidur, di antaranya:
  • Steroid yang dihirup
  • Ampetamin
  • Obat-obatan tiroid, seperti levothryoxine
  • Obat apotek untuk batuk dan pilek yang mengandung pseudoephedrine
  • Obat-obatan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD)
Segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami jantung berdebar saat bangun tidur, setelah mengonsumsi beberapa obat-obatan di atas.

9. Hipoglikemia (gula darah rendah)

Hipoglikemia atau gula darah rendah memiliki banyak gejala, seperti sakit kepala hingga gangguan penglihatan. Jangan salah, hipoglikemia juga bisa menyebabkan jantung berdebar saat bangun tidur.

10. Mimpi buruk

Saat bermimpi buruk, seseorang cenderung akan terbangun di malam hari. Kondisi ini bisa menyebabkan jantung berdebar saat bangun tidur. Namun tenang saja. Ketika Anda sudah menenangkan diri, detak jantung akan kembali seperti sedia kala.

11. Demam

Perubahan suhu tubuh yang drastis bisa menyebabkan jantung berdebar. Sama seperti saat Anda mengalami demam.Ketika tubuh berusaha untuk mengembalikan suhu normalnya, detak jantung akan berpacu cepat. Tidak heran kalau orang yang sedang demam (terutama dengan suhu badan mencapai 37 derajat Celcius), akan mengalami jantung berdebar saat bangun tidur.

12. Kurang tidur

Sejumlah riset membuktikan kalau kurang tidur bisa menyebabkan jantung berdebar lebih cepat. Oleh karena itu, tidurlah setidaknya 7-9 jam di malam hari untuk menghindari jantung berdebar saat bangun tidur.

13. Dehidrasi

Penyebab jantung berdebar saat bangun tidur yang tak boleh diremehkan selanjutnya ialah dehidrasi. Sebab jika tubuh kekurangan cairan, berbagai organ tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik, termasuk jantung.

Segera ke dokter jika hal ini terjadi

Apabila jantung berdebar saat bangun tidur yang ditemani gejala nyeri dada, sakit kepala atau pusing, Anda harus segera datang ke rumah sakit dan menemui dokter. Bisa jadi, ini adalah pertanda serangan jantung!Jika jantung berdebar saat bangun tidur terjadi berulang-ulang, kunjungi dokter untuk memastikan penyebabnya. Sebab, jika jantung berdebar sering terjadi, bisa jadi ada kondisi medis yang menyebabkannya.Siapapun yang punya riwayat penyakit jantung dan mengalami jantung berdebar saat bangun tidur juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.
tidurgangguan tidurpenyakit jantungsakit jantungjantung berdebaradv olive oil
Healthline. https://www.healthline.com/health/waking-up-with-heart-racing
Diakses pada 13 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326354
Diakses pada 13 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait