Janin Aktif Bergerak Sebelah Kanan, Haruskah Ibu Hamil Waspada?

(0)
03 Sep 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Janin aktif bergerak sebelah kanan bukanlah penanda jenis kelamin Si Kecil.Ada fakta ilmiah dari janin aktif bergerak sebelah kanan.
Beberapa ibu hamil mungkin penasaran ketika janin aktif bergerak sebelah kanan, terutama bila saat persalinan sudah hampir tiba. Apakah kecenderungan ini merupakan pertanda baik jelang persalinan? Ataukah sebaliknya, hal ini seharusnya Anda waspadai?Pada dasarnya, terasanya gerakan janin merupakan hal yang normal, bahkan pertanda baik bahwa calon buah hati Anda masih aktif selama berada di dalam rahim.Ia pun akan terus bergerak untuk mencari jalan lahir hingga tinggal tersisa sedikit ruang lagi, saat Anda sudah mendekati waktu persalinan.Ketika perdalinan sudah dekat, posisi bayi di dalam rahim sangat penting dan menentukan prosedur persalinan yang dapat Anda jalani. Oleh karena itu, dokter akan terus memantau perkembangan poisisi janin di trimester dan minggu-minggu terakhir kehamilan.

Apa arti janin aktif bergerak sebelah kanan?

Janin aktif bergerak sebelah kanan bisa jadi mengindikasikan posisi kaki dan tangan calon bayi yang sedang menghadap di sebelah kanan rahim Anda. Dalam posisi ini, kepala janin mungkin seperti melihat ke arah paha kanan ibu atau seperti orang yang sedang tidur dalam posisi miring dan kaki menekuk.Dalam dunia medis, posisi ini disebut sebagai left occiput transverse (LOT). Kondisi ini memang tidak ideal untuk ibu hamil yang sudah memasuki masa-masa menjelang persalinan,Sebab, posisi janin ini akan membuat persalinan berjalan kurang lancar, salah satunya ditandai dengan bukaan jalan lahir yang lambat dan rasa nyeri yang lebih hebat.
Posisi kepala janin yang ideal ada di tengah panggul ibu.
Normalnya, posisi kepala bayi berada di tengah panggul dengan wajah menghadap ke bawah dan punggungnya sejajar dengan perut ibu hamil, atau disebut anterior. Posisi ideal ini memungkinkan bayi mendorong dirinya sendiri keluar dari rahim. Sementara itu, janin pada posisi LOT tidak mungkin melakukannya.Meskipun demikian, janin aktif bergerak sebelah kanan bisa menjadi sinyal positif bagi ibu hamil yang baru menjalani pemeriksaan ultrasonografi dengan citra posisi janin terlihat sungsang.LOT menandakan janin Anda terus berputar mencari jalan lahir hingga akhirnya akan berada pada posisi anterior jelang persalinan.

Apakah janin aktif bergerak sebelah kanan juga mengindikasikan jenis kelaminnya?

Mengetahui jenis kelamin bayi bisa dilakukan dengan pemeriksaan USG, terutama ketika usia kehamilan Anda sudah mencapai 18-20 minggu.Meski demikian, tidak sedikit orangtua yang percaya bahwa jenis kelamin janin juga bisa diketahui lewat penerawangan tertentu, seperti dari gerakan janin.Janin aktif sebelah kanan atau kiri misalnya, identik dengan jenis kelamin laki-laki. Sementara itu janin yang kurang aktif bergerak dikatakan berjenis kelamin perempuan.
Gerakan janin tidak bisa mengindikasikan jenis kelaminnya.
Sayangnya, belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan penerawangan non-USG ini. Janin berjenis kelamin perempuan atau laki-laki akan sama-sama aktif ketika berada di dalam rahim.Namun intensitasnya akan berkurang ketika usia kehamilan sudah di atas 36 minggu, karena memang ruang geraknya di dalam rahim sudah tidak leluasa.Aktif atau tidaknya gerakan janin juga dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti:
  • Kondisi perut ibu hamil: kenyang atau kosong
  • Berat badan ibu hamil
  • Aktivitas ibu hamil: semakin aktif, semakin sedikit gerak janin
  • Posisi ibu hamil: janin lebih aktif saat Anda berbaring
Kondisi yang sama juga berlaku pada ibu yang tengah mengandung anak kedua atau ketiga dan seterusnya.
Hanya karena janin aktif bergerak sebelah kanan lebih intens dibanding janin yang Anda kandung di kehamilan sebelumnya, tidak berarti hal itu menunjukkan perbedaan gender. Sebab, karakteristik setiap kehamilan memang berbeda-beda.

Bagaimana cara memutar bayi ke posisi yang tepat sebelum persalinan?

Ada beberapa gerakan yang bisa perbaiki posisi bayi.
Calon bayi Anda biasanya akan berada di posisi ideal untuk dilahirkan secara sendirinya. Meskipun demikian, terdapat beberapa metode yang dipercaya dapat membantu bayi untuk mengunci diri ke posisi ideal tersebut, misalnya:
  • Gerakan menungging, yakni tangan dan kepala menyentuh lantai (seperti tengah sujud) serta bokong diangkat setinggi mungkin. Tahan posisi ini selama beberapa menit dan lakukan setiap hari.
  • Duduk dengan panggul yang lebih tinggi dari lutut
  • Berlatih dengan posisi duduk di atas bola khusus ibu hamil atau gym ball
  • Lebih banyak bergerak aktif, terutama berjalan kaki
Selalu konsultasikan dengan dokter atau bidan yang menangani Anda sebelum melakukan gerakan atau senam tertentu yang diyakini dapat memutar posisi LOT pada janin aktif bergerak sebelah kanan. Jika posisi calon buah hati Anda tidak juga berubah, dokter mungkin akan menyarankan persalinan lewat operasi Caesar untuk meminimalisir risiko pada bayi maupun calon ibu.
menjaga kehamilankehamilantrimester pertama kehamilantes kehamilan
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/baby-positions-in-womb
Diakses pada 22 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323099
Diakses pada 22 Agustus 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/fetal-positions-for-labor-and-birth-2759020
Diakses pada 22 Agustus 2020
American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/ultrasound-720
Diakses pada 22 Agustus 2020
Pregnancy Birth Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/baby-movements-during-pregnancy
Diakses pada 22 Agustus 2020
Baby Center. https://www.babycenter.in/x25015785/can-my-babys-movements-predict-the-sex
Diakses pada 22 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait