Jangan Terlewat, Ini Manfaat Minyak Almond yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat minyak almond untuk kesehatan didapatkan dari kandungan nutrisinya
MInyak almond menjadi sumber vitamin E yang sangat baik

Minyak almond terbuat dari ekstrak biji almond yang tinggi akan lemak sehat. Minyak ini memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Tak heran, jika banyak orang yang memanfaatkan minyak almond untuk berbagai keperluan. Lantas, apa saja manfaat minyak almond?

Nutrisi yang terkandung dalam minyak almond

Meski minyak almond tak mengandung nutrisi sebanyak kacang almond utuh, namun minyak ini tetap memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Minyak almond menjadi sumber vitamin E yang sangat baik. Berikut nutrisi yang terkandung dalam 1 sdm atau 14 gram minyak almond:

  • 119 kalori
  • 13,5 gram total lemak
  • 1,1 gram lemak jenuh
  • 9,4 gram lemak tak jenuh tunggal
  • 2,3 gram lemak tak jenuh ganda
  • 26% vitamin E dari nilai kebutuhan harian
  • 35,9 mg fitosterol

 Asam lemak utama dalam minyak almond adalah asam oleat dan asam linoleat. Tak hanya itu, minyak almond juga mengandung vitamin K, vitamin D, dan berbagai mineral yang mampu menunjang kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat minyak almond untuk kesehatan dan kecantikan

Minyak almond telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan yang potensial. Di balik kandungan nutrisi baiknya, berikut manfaat minyak almond untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda dapatkan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Minyak almond terdiri dari 70% lemak tak jenuh tunggal yang telah terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL. Bukan hanya itu, minyak ini juga terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan kolesterol total. Tingginya kolesterol baik, serta menurunnya kolesterol jahat dan total dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. 

2. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Minyak almond merupakan sumber antioksidan kuat vitamin E. Senyawa ini melindungi sel tubuh dari zat berbahaya yang disebut radikal bebas. Banyaknya radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan oksidatif yang memicu terjadinya sejumlah penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung. Studi menunjukkan bahwa asupan vitamin E yang tinggi dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan degenerasi makula.

3. Menjaga gula darah tetap stabil

Minyak almond dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil. Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang terkandung di dalamnya telah terbukti membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Bahkan mengganti karbohidrat dengan lemak tak jenuh bukan hanya menurunkan kadar gula darah, namun juga meningkatkan resistensi insulin. 

4. Membantu menurunkan berat badan

Diet kaya lemak sehat dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam minyak almond terbukti mengurangi lemak tubuh dan mendorong berat badan turun. Dalam sebuah penelitian, diet tinggi lemak tak jenuh tunggal meningkatkan penurunan berat badan dan memperbaiki komposisi tubuh pada wanita obesitas. Bahkan mengonsumsi minyak almond dapat membuat Anda merasa lebih kenyang setelah makan, sehingga lebih sedikit asupan yang dikonsumsi di sepanjang hari.

5. Mengurangi iritasi kulit

Mengoleskan minyak almond dapat membantu mengurangi iritasi kulit dengan memberi efek melembapkan dan menenangkan pada kulit. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa minyak almond dapat meringankan gejala psoriasis dan eksim sebagai perbaikan cepat sebelum menemukan solusi yang lebih permanen.

6. Meredakan peradangan jerawat

Kandungan vitamin E yang tinggi dalam minyak almond dapat membantu mengobati jerawat dan mengurangi peradangan. Bahkan mengoleskan minyak ini juga dapat membantu mengatasi sunburn. Studi pada tikus menunjukkan bahwa minyak almond dapat mencegah kerusakan struktural yang disebabkan oleh radiasi sinar UV.

7. Meremajakan kulit

Minyak almond dapat membantu memperbaiki dan meremajakan kulit. Sifat pelembut yang ada di dalamnya bisa membuat penampilan kulit Anda terlihat lebih baik. Tak hanya itu, mengaplikasikannya secara teratur juga dapat mengurangi keriput, kantung mata, dan lingkaran hitam.

8. Mengurangi stretch marks

Satu studi yang melibatkan banyak wanita menunjukkan bahwa minyak almond dapat mengurangi perkembangan stretch marks. Minyak ini bekerja untuk melembutkan kulit dan memungkinkannya meregang tanpa memperburuk stretch marks yang ada. Anda hanya perlu memijatkannya secara perlahan selama 15 menit.

9. Menghaluskan rambut

Minyak almond dapat mengisi celah pada sel rambut sehingga membuatnya terasa lebih halus saat disentuh. Anda juga mungkin memerhatikan bahwa rambut menjadi lebih mudah disisir dan ditata karena teksturnya yang lebih lembut dari waktu ke waktu. Minyak ini juga dipercaya dapat mengatasi masalah ketombe dan kulit kepala kering.

10. Menyehatkan dan menguatkan rambut

Minyak almond dapat membuat rambut lebih kuat dan tak rentan bercabang sehingga mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Tak hanya itu, vitamin E yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat rambut Anda terlihat lebih sehat dan berkilau.

Banyaknya manfaat minyak almond tersebut bisa dengan mudah Anda dapatkan. Namun, pastikan Anda tidak memiliki sensitivitas atau reaksi alergi sebelum menggunakannya karena bisa berbahaya.

Meski demikian, penggunaan minyak almond tidak dapat menggantikan pengobatan maupun terapi yang tengah Anda jalani. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk memastikan tidak ada efek samping penggunaan minyak almond dengan obat yang sedang Anda konsumsi.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/almond-oil#section5
Diakses pada 11 Mei 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/almond-oil-for-hair#uses
Diakses pada 11 Mei 2020

Byrdie. https://www.byrdie.com/almond-oil-for-skin
Diakses pada 11 Mei 2020

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-almond-oil-for-skin-hair-and-health/
Diakses pada 11 Mei 2020

Artikel Terkait