Jangan Takut Dibilang Cengeng, Ternyata Ini 7 Manfaat Menangis untuk Kesehatan


Menangis ternyata adalah hal yang baik. Manfaat menagis baik bagi kesehatan. Di antaranya adalah membuang racun, menenangkan pikiran, memperbaiki mood, memproses kesedihan, dan banyak lagi.

(0)
24 Feb 2021|Azelia Trifiana
Menangis itu baik bagi kesehatan tubuh dan mentalMenangis itu baik bagi kesehatan tubuh dan mental
Sesenggukan ketika merasa sakit hati? Pernah. Terhanyut dalam drama yang sedang ditonton hingga butuh tisu yang tidak sedikit? Juga pernah. Ternyata bukan sekadar respons yang umum, manfaat menangis bisa membuang racun dalam tubuh hingga meredakan nyeri.Pernahkah Anda merasa mood jadi lebih baik setelah menangis? Itu nyata. Bahkan, menumpahkan kesedihan dalam air mata juga bisa membangkitkan semangat.

Manfaat menangis

Ada banyak penelitian yang mencari tahu lebih jauh apa saja manfaat menangis bagi jiwa dan raga. Beberapa di antaranya adalah:

1. Membuang racun

Menangis ternyata bisa jadi salah satu metode detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari tubuh. Berdasarkan jenis serta fungsinya, ini penjelasannya:
  • Reflex tears membersihkan debu dan kotoran dari mata
  • Continuous tears memberikan lubrikasi pada mata dan melindunginya dari infeksi
  • Emotional tears yang diasumsikan memiliki manfaat kesehatan karena melepaskan hormon stres serta racun dari dalam tubuh.

2. Menenangkan

Setiap individu berhak menangis. Mulai dari anak-anak hingga orang berusia lanjut sekalipun. Alasannya karena menangis adalah mekanisme terbaik untuk menenangkan diri.Ketika menangis, sistem saraf parasimpatik menjadi aktif. Ini adalah jenis saraf yang membantu tubuh beristirahat dan mencerna dengan optimal. Memang manfaat menenangkan ini tidak langsung terasa saat menangis. Biasanya, baru akan muncul beberapa menit setelah tangisan reda.

3. Memperbaiki mood

Pernah merasa mood berantakan dan uring-uringan seharian? Mungkin, menangis terutama yang tersedu-sedu bisa kembali membangkitkan semangat. Alasannya karena ketika menangis tersedu-sedu, Anda berkali-kali menghirup udara dengan cepat.Menghirup udara ini dapat menurunkan temperatur otak. Ketika otak menjadi lebih dingin, akan terasa lebih nyaman bagi jiwa dan raga. Dengan demikian, mood akan menjadi lebih baik sesudahnya.

4. Memproses kesedihan

Merasa sedih adalah proses yang tidak singkat. Beberapa tahapannya diwarnai dengan mati rasa, marah, sedih, hingga rasa bersalah. Menangis adalah elemen krusial dalam tahapan ini. Bahkan, ada kemungkinan menangis membantu menerima kehilangan orang terdekat.Meski demikian, cara orang bersedih tentu berbeda. Apabila menangis sudah sangat mengganggu kehidupan sehari-hari, tak ada salahnya bertanya kepada ahlinya.

5. Mengembalikan keseimbangan emosional

Menangis tidak hanya berkaitan dengan kesedihan. Terkadang, seseorang bisa saja menangis saat merasa terharu, bahagia luar biasa, stres, atau takut. Para peneliti dari Yale University meyakini bahwa tangisan semacam itu akan membantu menyeimbangkan emosi seseorang.Ketika mereka merasa begitu bahagia atau takut hingga menangis, bisa jadi itu adalah cara tubuh agar bisa kembali tenang. Emosi yang begitu intens perlu dikelola agar tidak membuat kewalahan.

6. Membantu bayi bernapas

Ada alasan mengapa bayi langsung menangis kencang seperti menjerit ketika pertama kali terlahir ke dunia. Ini adalah cara mereka mendapatkan asupan oksigen setelah tidak lagi mendapat suplai oksigen dari tali pusat.Tangisan pertama bayi akan membantu paru-paru mereka beradaptasi dengan dunia luar. Tak hanya itu, tangisan juga membantu mereka mengeluarkan kelebihan cairan di paru-paru, hidung, dan juga mulut.

7. Meredakan rasa sakit

Menangis untuk waktu yang cukup lama dapat menjadi cara meningkatkan hormon endorfin dan oksitosin. Senyawa semacam ini dapat meredakan rasa nyeri, baik fisik maupun emosional. Ketika tubuh memproduksi endorfin, tubuh terasa bagaikan mati rasa.Tak hanya itu, manfaat menangis dalam kondisi ini juga bisa memberikan sensasi tenang dan utuh. Ini juga berkaitan dengan bagaimana menangis adalah mekanisme untuk menenangkan diri.Tidak apa-apa menangis. Anda berhak untuk melakukannya, bahkan manfaat menangis sangatlah baik untuk jiwa dan raga. Ketika merasa ingin menangis, buang jauh-jauh rasa gengsi.Tak perlu ditahan karena menangis adalah mekanisme alami dan sehat untuk mengekspresikan emosi dengan seimbang.Meski demikian, kenali kapan menangis sudah termasuk kurang sehat. Bisa jadi, itu merupakan tanda-tanda terjadinya depresi. Biasanya, menangis tak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari tapi juga disertai rasa tak berguna dan frustrasi. Tak menutup kemungkinan muncul suicidal thought.

Secara fisik, gejala depresi juga ditunjukkan dengan perubahan pola makan, tidak berenergi, siklus tidur kacau, dan muncul rasa sakit yang tidak bisa dijelaskan pemicunya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat menangis bagi kesehatan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalhidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-crying
Diakses pada 9 Februari 2021
Frontiers in Psychology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4035568/
Diakses pada 9 Februari 2021
PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25626441/
Diakses pada 9 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait