Jangan Takut, 8 Makan Malam untuk Diet Ini Aman Dikonsumsi

Sereal dan susu menjadi salah satu makan malam untuk diet yang aman untuk dimakan, asal porsinya masih wajar.
Salah satu makan malam untuk diet yang bisa Anda konsumsi dengan aman adalah semangkuk buah beri.

Tidak ada yang mengatakan bahwa diet atau menurunkan berat badan, merupakan hal yang mudah. Untuk memiliki berat badan ideal dan body goals, tentu saja kerja keras dibutuhkan. Namun, saat lapar datang di malam hari, jenis makan malam untuk diet apa yang dianjurkan?

Selama ini, mungkin Anda takut makan di malam hari, bisa membuat tubuh lebih gendut. Namun ternyata, ada beberapa jenis makan malam untuk diet, yang aman dikonsumsi. Apa saja rekomendasi makanan tersebut?

Jenis makan malam untuk diet

Tantangan makan malam untuk diet adalah mencari asupan yang sederhana, lezat, mengenyangkan, tapi tidak menambah lemak di dalam tubuh. Untungnya, jika Anda benar-benar lapar di malam hari, makanan yang memiliki kalori di bawah 200, ternyata aman untuk dikonsumsi.

Bahkan, beberapa makan malam untuk diet ini, bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Apa saja makan malam untuk diet itu?

1. Ceri

Pasti Anda pernah melihat buah ceri berwarna merah, yang ada di kue ulang tahun, bukan? Ternyata, buah kecil dan manis ini, hanya memiliki 140 kalori, setiap 1/3 cangkirnya (40 gram). Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus segar.

Dalam sebuah penelitian, para responden yang mengonsumsi ceri dalam bentuk jus, selama 2 minggu berturut-turut, mengalami peningkatan kualitas tidur. Mereka tidur lebih lama dan nyenyak, dibandingkan sebelumnya. Sebab, ceri mengandung melatonin (hormon yang membantu tidur lebih nyenyak).

2. Pisang dengan selai almon

Satu pisang kecil yang dicelupkan ke selai almon (tanpa gula), bisa menjadi makan malam untuk diet yang sangat lezat, dan mengenyangkan. Kalorinya saja hanya sekitar 165.

Sebuah penelitian yang melibatkan pria dewasa sebagai responden, membuktikan bahwa mengonsumsi pisang, bisa meningkatkan kadar melatonin.

Almon maupun selai almon, juga merupakan sumber melatonin. Selain itu, kacang-kacangan ini mengandung lemak baik, vitamin E dan magnesium.

3. Semangkuk buah beri

Di saat lapar melanda, terkadang Anda menginginkan makanan manis yang bisa dikunyah, untuk menghilangkan rasa lapar di malam hari. Semangkuk buah berri bisa menjadi makan malam untuk diet yang sangat lezat serta menyehatkan. Selain mengandung serat, buah beri juga mengandung magnesium, yang bisa menenangkan saraf hingga otot, supaya tidur jadi pulas.

Jika Anda tidak suka buah beri yang polos, tambahkan saja sedikit susu atau potongan-potongan kecil kacang, untuk menambah cita rasanya.

4. Oatmeal

Tidak hanya di pagi hari, ternyata sereal juga baik untuk dimakan, saat lapar melanda di malam hari. Sebut saja oatmeal, yang sangat kaya akan serat.

Selain menghilangkan rasa lapar Anda, makan malam untuk diet ini juga mengandung melatonin, yang membuat tidur malam Anda menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Sepertiga cangkir (175 gram) dari oatmeal yang telah dicampurkan dengan air, hanya memiliki 124 kalori. Anda bisa menambahkan topping seperti 1 sendok teh kismis yang memiliki 27 kalori saja.

5. Sereal dan susu

Siapa bilang perpaduan sereal dan susu hanya cocok dimakan sebagai sarapan? Buktinya, sereal dan susu juga bisa dijadikan makan malam untuk diet.

Namun ingat, pastikan porsi sereal Anda tidak terlalu banyak. Kalau bisa, jumlah kalorinya di bawah 300. Seperti satu cangkir sereal jagung (100 kalori), dengan setengah cangkir susu tanpa lemak (45 kalori).

Perlu diketahui, produk susu mengandung kalsium, mengandung zat mineral yang memerankan peranan penting dalam produksi hormon melatonin.

6. Biji labu

Mungkin Anda berpikir, apakah biji labu bisa dijadikan makan malam untuk diet yang lezat dan mengenyangkan?
Jangan salah, sekitar 1 ons (28 gram) biji labu, mengandung 146 kalori dan bisa memenuhi 37% kebutuhan magnesium harian Anda. Selain itu, biji labu juga memiliki asam amino bernama tryptophan.

Jika Anda tidak menyukai biji labu, coba tambahkan karbohidrat seperti setengah potong buah apel apel. Hal ini bisa memacu otak Anda, untuk memproduksi melatonin.

Sebuah penelitian meminta para respondennya mengonsumsi 250 miligram tryptophan dari biji labu, selama satu minggu. Hasilnya, kualitas tidur mereka mengalami peningkatan 5%.

7. Edamame

Edamame adalah kacang kedelai yang sangat menyehatkan. Tidak heran kalau edamame masuk ke dalam daftar makan malam untuk diet.

Jika kelaparan melanda di malam hari, kupas saja edamame mentah-mentah, dan campurkan dengan sedikit garam atau lada. Setengah cangkir (113 gram) edamame memiliki 150 kalori.

Selain itu, edamame sangatlah kaya akan protein dan asam amino. Tidak lupa juga, tryptophan yang bisa membantu otak untuk memproduksi melatonin, dan membuat Anda tidur dengan nyenyak.

8. Telur

Mungkin Anda tidak terpikir untuk mengonsumsi telur di malam hari ketika diet. Ya, telur adalah salah satu makanan yang boleh dimakan di malam hari, walau sedang dalam program diet. Sebab, satu telur besar, hanya mengandung 72 kalori. Selain itu, ada 6 gram protein yang bisa membuat Anda merasa kenyang setelah memakannya. Sama seperti edamame, telur juga memiliki tryptophan.

Catatan dari SehatQ

Saat sedang menjalani diet, Anda tetap bisa makan malam. Hanya saja, batasi kalorinya di bawah 200. Makanan-makanan yang tidak diproses, seperti buah-buahan dan edamame, baik untuk disantap malam hari. Beberapa makan malam untuk diet ini bahkan mengandung komponen menyehatkan, seperti magnesium, hingga kalsium.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-late-night-snacks
Diakses pada 30 Desember 2019

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/10-healthy-midnight-snacks-4097329
Diakses pada 30 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed