Buah Bit untuk Ibu Hamil, Jangan Sia-Siakan Manfaatnya


Buah bit untuk ibu hamil aman dikonsumsi hingga 2 buah per harinya. Namun beberapa ibu hamil mungkin akan merasa mual ketika mengonsumsinya.

0,0
Buah bit untuk ibu hamil sebaiknya tidak lebih dari 2 buah per hariBuah bit untuk ibu hamil dapat dikonsumsi dengan cara dijus
Buah bit untuk ibu hamil ternyata baik untuk kesehatan. Sebab, bisa melindungi ibu sekaligus janinnya.Buah bit untuk ibu hamil termasuk aman dikonsumsi setidaknya 2 buah per harinya. Meski demikian, tetap penting untuk bertanya kepada dokter kandungan tentang kondisi medis Anda untuk menghindari risiko-risiko tertentu.

Manfaat buah bit untuk ibu hamil

Buah bit untuk ibu hamil sangat direkomendasikan. Lantas, apakah buah bit bisa dimakan mentah?Sebaiknya Anda mengonsumsi yang telah dimasak.Sebab, buah bit mentah berisiko terkontaminasi bakteri hingga parasit. Hal ini menyebabkan Anda rentan mengalami infeksi yang membahayakan janin.Jangan mengonsumsi buah bit mentah yang biasa tersaji dalam salad. Beberapa manfaat buah bit untuk ibu hamil di antaranya:

1. Menghindari risiko cacat lahir bawaan

Kandungan buah bit kaya akan asam folat untuk ibu hamil yang membantu pertumbuhan jaringan tubuh dan saraf tulang belakang janin.Mengonsumsi buah bit secara berkala selama hamil dapat menekan risiko cacat lahir bawaan secara signifikan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah bit juga kaya akan antioksidan sehingga baik untuk kekebalan tubuh seseorang.Terlebih, ibu hamil perlu memiliki kekebalan tubuh tinggi agar kehamilannya berkembang secara maksimal.

3. Mencegah osteoporosis

Buah bit untuk ibu hamil memperkuat tulang
Ibu hamil sangat rentan mengalami penurunan massa tulang dan gigi bahkan osteoporosis. Mengonsumsi buah bit untuk ibu hamil akan memenuhi kebutuhan kalsium untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

4. Membantu metabolisme

Buah bit juga membantu mengontrol metabolisme tubuh berkat kandungan potasium yang menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh.Tak hanya itu, buah bit juga membantu mengendalikan hipertensi dalam kehamilan.

5. Mencegah anemia

Salah satu keluhan ibu hamil yang kerap dirasakan adalah anemia. Rupanya, makan buah bit membantu mengurangi risiko anemia pada ibu hamilSebab, buah bit kaya akan zat besi. Menurut riset dari National Center for Biotechnology Information, nutrisi ibu hamil ini membantu tubuh untuk memproduksi hemoglobin saat hamil. Jadi, risiko anemia pun berkurang.

6. Mengendalikan gula darah

Manfaat buah bit untuk ibu hamil adalah untuk kontrol gula darah
Manfaat buah bit untuk ibu hamil adalah untuk kontrol gula darah
Ada beberapa buah-buahan yang rentan meningkatkan gula darah ketika dikonsumsi. Kabar baiknya, buah bit justru memiliki indeks glikemik rendah sehingga bisa mencegah terjadinya diabetes pada ibu hamil.

7. Baik untuk pencernaan

Bila Anda mengalami sembelit saat hamil, coba konsumsi buah bit secara berkala. Kandungan seratnya yang tinggi akan membantu pencernaan dan memastikan proses sekresi berjalan dengan lancar.

8. Menjawab kebutuhan vitamin

Buah bit juga mengandung vitamin C dan vitamin A yang memastikan perkembangan janin berjalan dengan lancar selama periode kehamilan.

9. Membantu memurnikan darah

Buah bit untuk ibu hamil ternyata mampu bekerja dengan membuat darah menjadi lebih murni. Tentu, ini berguna untuk membantu mencegah penyakit dan infeksi pada bayi di dalam kandungan.

Efek samping buah bit untuk ibu hamil

Meskipun ada banyak sekali manfaat buah bit, perlu diingat risiko efek samping yang mungkin terjadi. Lalu, apa efek samping buah bit? Buah bit mengandung betaine yang mungkin saja membuat ibu hamil merasa mual, muntah, hingga mengalami diare.Tak hanya itu, efek samping buah bit muncul karena buah bit juga mengandung nitrat yang bisa membuat ibu hamil merasa lemah dan lelah.Mengonsumsi buah bit berlebihan juga dapat menyebabkan beeturia, kondisi yang membuat urine dan feses berwarna merah.Perlu diingat bahwa bagian daun dari buah bit mengandung kadar oxalate yang tinggi sehingga ada risiko terbentuknya batu ginjal.Apalagi, oxalate juga mengandung zat antigizi yang bisa mengganggu proses penyerapan mikronutrien.Untuk amannya, mengonsumsi buah bit dilakukan dalam porsi yang wajar. Anda bisa merebus buah bit dan menjadikannya camilan, atau jadi campuran dalam jus.

Sajian olahan buah bit untuk ibu hamil

Buah bit bisa diolah menjadi jus
Buah bit bisa diolah menjadi jus
Untuk mendapatkan manfaat buah bit untuk ibu hamil dengan maksimal, ada beberapa ragam olahan yang bisa Anda coba.Selain menjadi variasi asupan nutrisi ibu hamil agar tidak bosan, olahan yang tepat mampu menjaga kandungan gizi di dalam bit.Inilah inspirasi olahan buah bit yang bisa Anda ikuti:

1. Jus buah bit

Cara konsumsi buah bit untuk ibu hamil yang paling mudah adalah berupa jus. Beberapa bahan yang bisa Anda persiapkan adalah:
  • 1 buah bit
  • 1-2 buah apel
  • 2 batang seledri
  • 1-2 wortel
  • 1/2 lemon atau jeruk nipis
  • Sejumput jahe kupas
Cara membuat jus buah bit untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:
  • Cuci seluruh bahan di air yang mengalir, lalu keringkan
  • Kupas dan potong buah bit dalam bentuk memanjang. Lalu, potong dadu buah apel. Pastikan bagian tengahnya dibuang. Sama seperti buah bit, potong wortel dan seledri dengan bentuk memanjang.
  • Masukkan semua bahan, kecuali lemon atau jeruk nipis ke dalam juicer atau blender.
  • Saat sudah tercampur rata, peras lemon atau jeruk nipis, lalu tuang ke gelas. Jus buah bit siap diminum.
Perlu diingat, aturan minum jus buah bit untuk ibu hamil adalah maksimal sebanyak 2 buah bit per hari. Hal ini berguna untuk menghindari efek sampingnya.Agar manfaat buah bit untuk ibu hamil didapat secara maksimal, sebaiknya tidak memberikan gula tambahan.Sebab, gula tambahan justru meningkatkan kadar gula darah yang mampu picu diabetes gestasional.Selain itu, minum jus buah bit untuk ibu hamil bersama dengan ampasnya. Hal ini dikarenakan ampas jus buah bit mengandung lebih banyak serat.

2. Buah bit panggang

Sama seperti ubi jalar, buah bit untuk ibu hamil bisa diolah dengan cara dipanggang.Terbukti, proses pengolahan yang satu ini membuat rasa manis buah bit lebih keluar. Sebab, panas pada proses pemanggangan mampu membantu karamelisasi gula pada buah bit.Cara mengolah buah bit panggang adalah:
  • Cuci buah bit di air mengalir hingga bersih.
  • Bungkus buah bit dengan aluminium foil.
  • Panggang di oven atau microwave dengan suhu 400 derajat Celcius. Pastikan durasinya selama 1 jam 15 menit.
  • Jika sudah, Anda bisa kupas kulitnya dan segera dikonsumsi atau bumbui dengan bumbu balsamic.

3. Salad buah bit

Manfaat buah bit untuk ibu hamil bisa didapat bila Anda mengolahnya menjadi salad.Salad memang merupakan salah satu jenis makanan sehat untuk ibu hamil.Cara membuatnya, yaitu:
  • Iris tipis atau parut buah bit yang sudah dikukus atau direbus.
  • Campurkan buah bit ke dalam sayur-sayuran pilihan Anda.
  • Tambahkan saus salad menggunakan yogurt tawar tanpa lemak.
  • Masukkan rempah-rempah, seperti cuka balsamic atau pun minyak zaitun.

Catatan dari SehatQ

Buah bit untuk ibu hamil terbukti bermanfaat untuk meraih kehamilan sehat. Namun, manfaatnya justru menimbulkan efek samping bila dikonsumsi lebih dari 2 buah per hari.Untuk itu, pastikan Anda konsultasi pada dokter kandungan dan dokter gizi atau ahli gizi sebelum mengonsumsi buah yang bagus untuk ibu hamil yang satu ini.Anda juga bisa bertanya langsung dengan dokter melalui chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehatnutrisi ibu hamilbuah dan sayuranmenjaga kehamilanhamilkehamilanmakanan untuk hamilibu hamil
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/beetroot#bottom-line
Diakses 29 Oktober 2019
Medical Xpress. https://medicalxpress.com/news/2018-08-beetroot-blood-pressure-link-pregnant.html
Diakses 29 Oktober 2019
Styles At Life. https://stylesatlife.com/articles/beetroot-during-pregnancy/
Diakses 29 Oktober 2019
Tefal. https://www.tefal-me.com/en/benefits_of_beetroots_for_pregnant_women
Diakses 29 Oktober 2019
National Center for Biotechnology Information. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK448065/
Diakses pada 20 April 2021
Food Viva. https://foodviva.com/juice-recipes/beetroot-juice-recipe/
Diakses pada 20 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait