Jangan Sembarangan, Begini Cara Memandikan Anak Kucing yang Benar


Cara memandikan anak kucing yang benar penting dilakukan agar hewan peliharaan tidak stres dan kedinginan. Kucing sendiri perlu dimandikan minimal satu kali dalam kurun waktu 4-6 minggu.

(0)
Ada cara memandikan anak kucing yang benar agar tidak stresAda cara memandikan anak kucing yang benar agar tidak stres
Bagi sebagian orang, memandikan anak kucing bukan pekerjaan yang mudah. Jika dilakukan secara sembarangan, Anda bisa saja menjadi korban cakaran kucing. Selain memberikan luka pada tubuh, cara memandikan yang salah bisa berbahaya bagi keselamatan hewan peliharaan Anda. Lantas, bagaimana cara memandikan anak kucing yang benar?

Hal yang harus dipersiapkan sebelum memandikan anak kucing

Sebelum memandikan anak kucing, ada beberapa benda yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Pastikan juga bahwa benda-benda ini berada pada tempat yang mudah dijangkau oleh tangan supaya kegiatan memandikan anak kucing dapat terasa lebih mudah.Sejumlah benda yang perlu dipersiapkan sebelum memandikan anak kucing, di antaranya:
  • Ember plastik berukuran besar yang digunakan sebagai bak untuk memandikan anak kucing.
  • Kain atau lap untuk diletakkan di bawah ember agar tidak selip saat memandikan anak kucing.
  • Sampo khusus untuk memandikan kucing, pakailah produk yang tak menggunakan bahan kimia dan pewangi. Hindari penggunaan sampo manusia karena tidak cocok untuk rambut dan kulit kucing.
  • Kondisioner kucing jika diperlukan. Jangan pernah gunakan kondisioner manusia untuk kucing.
  • Handuk untuk mengeringkan tubuh dan bulu anak kucing.
  • Sisir untuk membantu merapikan bulu kusut. Alat ini juga berguna untuk menghilangkan bulu anak kucing yang rontok.

Bagaimana cara memandikan anak kucing yang benar?

Memandikan anak kucing hanya perlu dilakukan ketika bulunya sangat kotor, terkena sesuatu yang lengket, dan bau. Berikut  cara memandikan anak kucing yang benar untuk meminimalisir risiko stres pada hewan peliharaan Anda:

1. Mandikan anak kucing saat lelah

Agar tak banyak bergerak, mandikan anak kucing saat sedang dalam keadaan lelah. Sebagai contoh, Anda bisa memandikan hewan peliharaan Anda usai menghabiskan waktu atau ketika selesai bermain bersamanya.

2. Potong kuku anak kucing sebelum dimandikan

Sebelum memandikan anak kucing, Anda disarankan untuk memotong kukunya terlebih dahulu. Langkah ini perlu diambil untuk menghindari cakaran yang mungkin akan diberikan oleh hewan peliharaan Anda ketika dimandikan. Dalam beberapa kasus, cakaran kucing bisa menyebabkan infeksi dan memicu kemunculan sejumlah penyakit.

3. Sikat bulu anak kucing terlebih dahulu sebelum dimandikan

Setelah selesai memotong kukunya, sisir anak kucing terlebih dahulu untuk menghilangkan bulu yang rontok. Anda dapat menyumpal telinga anak kucing dengan kapas supaya air tidak masuk ke dalamnya.

4. Gunakan air hangat

Untuk memandikan anak kucing, pastikan Anda menggunakan air hangat. Hindari penggunaan air yang terlalu panas atau dingin. Jangan lupa untuk meletakkan kain atau lap di bawah ember agar tidak selip ketika Anda memandikan anak kucing. Pastikan juga Anda memandikan kucing dalam posisi berdiri.

5. Bilas tubuh anak kucing dengan hati-hati

Sebelum diberika sampo, bilas tubuh anak kucing terlebih dahulu menggunakan air hangat secara merata. Jika Anda menggunakan alat semprot, berhati-hatilah supaya tak langsung menyemprot mata, hidung, dan telinganya.

6. Pijat tubuh anak kucing secara lembut

Usai dibilas, tuang sampo ke tubuh anak kucing. Ratakan sampo tersebut ke seluruh tubuh anak kucing dengan pijatan lembut dari kepala hingga ekor. Lakukan pijatan searah dengan pertumbuhan bulunya.

7. Bilas sampo hingga benar-benar bersih

Bilas tubuh kucing yang terlumuri sampo hingga benar-benar bersih. Pastikan semua kotoran terangkat, dan tidak ada sisa sampo yang menempel pada tubuhnya. Apabila ada sisa sampo yang menempel pada tubuhnya, hal tersebut dapat mengiritasi kulit dan menjadi magnet bagi kotoran.

8. Keringkan kucing menggunakan handuk besar dan jauh dari angin

Selesai mandi, segera bungkus kucing dengan handuk besar. Keringkan anak kucing di tempat yang hangat dan jauh dari paparan angin secara langsung. Paparan angin dapat membuatnya kedinginan dan berbahaya untuk keselamatan nyawa anak kucing. Anda juga dapat memakai pengering rambut jika anak kucing tidak terganggu atau stres saat mendengar suaranya.

Berapa kali memandikan anak kucing?

Seberapa sering Anda harus memandikan kucing bergantung pada sejumlah faktor. Beberapa faktor tersebut, antara lain:
  • Lingkungan tempat kucing bermain: kucing yang bermain di luar rumah harus lebih sering mandi karena mudah terpapar kotoran dibandingkan kucing yang banyak menghabiskan waktu di rumah. 
  • Ukuran tubuh kucing: kucing yang kelebihan berat badan harus sering dimandikan karena tidak bisa membersihkan tubuh bagian belakangnya sendiri. Kucing punya kebiasaan mandi sendiri dengan cara menjilati tubuhnya. Saat tidak dijlati, bulunya menjadi lebih mudah kusut. Masalah kulit seperti gatal, bersisik, hingga infeksi juga berpotensi menghantui kucing.
  • Tingkat aktivitas: kucing yang banyak beraktivitas, khususnya di luar ruangan harus dimandikan secara rutin supaya tubuh dan bulunya tetap bersih.
  • Masalah kesehatan: kucing yang mempunyai masalah iritasi pada kulit, kutu, dan tinja encer harus sering dimandikan. Langkah tersebut dilakukan untuk menjaganya agar tetap bersih dan terhindar dari masalah yang mereka idap.
Sementara itu, National Cat Groomers of America merekomendasikan agar kucing dimandikan setiap 4-6 minggu sekali. Memandikan kucing secara rutin diperlukan supaya bulunya tak kusut dan bersih.

Catatan dari SehatQ

Cara memandikan anak kucing yang benar perlu diterapkan supaya hewan peliharaan Anda tidak stres dan kedinginan. Jika terjadi, kedua kondisi itu dapat berbahaya bagi keselamatan nyawa anak kucing.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai cara memandikan anak kucing yang benar, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
hewan peliharaanhewan peliharaan anak
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/pets/cat-health/bathing_your_cat.htm
Diakses pada 18 Januari 2021
WebMD. https://pets.webmd.com/cats/bathing-your-cat
Diakses pada 18 Januari 2021
Purina. https://www.purina.co.uk/cats/health-and-nutrition/grooming-and-daily-care/do-cats-need-baths
Diakses pada 18 Januari 2021
Pet First. https://www.petfirst.com/pet-care/how-often-should-i-give-my-cat-a-bath/
Diakses pada 18 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait