Kenali Perbedaan Facial Foam dan Facial Wash Ini agar Tidak Salah Pilih


Facial foam dan facial wash adalah produk sabun pembersih wajah yang berbeda. Perbedaan facial wash dan facial foam dilihat dari tekstur, jenis kulit yang disarankan, dan cara penggunaannya.

(0)
Perbedaan facial wash dan facial foam bisa terlihat dari teksturnyaFacial foam memiliki tekstur yang lebih berbusa dibandingkan facial wash
Saat ingin membeli sabun pembersih wajah, Anda mungkin sering dibuat bingung memilih jenis facial foam dan facial wash. Sebenarnya, apa perbedaan facial foam dan facial wash? Lalu, sabun cuci muka jenis apa yang sebaiknya perlu Anda gunakan? 

Apa itu facial foam? 

Facial foam adalah sabun pembersih wajah yang lembut. Sesuai namanya, tekstur busa dari facial foam akan muncul saat Anda menggunakannya untuk membersihkan wajah.Facial foam bisa digunakan setiap hari. Sebab, fungsi facial foam adalah untuk mengangkat seluruh kotoran atau sisa makeup yang menempel di wajah. Penggunaan facial foam untuk kulit berminyak dan acne prone sangat dianjurkan.Pasalnya, fungsi facial foam memiliki kemampuan menyerap minyak berlebih atau sebum secara menyeluruh. 

Apa itu facial wash?

Facial wash adalah jenis sabun pembersih wajah yang memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan kulit wajah.Oleh sebab itu, facial wash cocok ditujukan bagi pemilik tipe kulit kering dan sensitif, termasuk kulit sensitif dengan acne proneFacial wash memiliki beberapa tekstur berbeda, seperti gel dan creamy

Apa perbedaan facial wash dan facial foam?

Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda sehingga memilih produk sabun pembersih wajah yang tepat merupakan hal yang penting. Hal itu pula yang mendasari adanya berbagai macam produk yang beredar di pasaran, seperti facial foam dan facial wash. Nah, agar tidak tertukar, yuk kenali dulu perbedaan facial wash dan facial foam berikut ini.

1. Beda berdasarkan teksturnya

Perbedaan facial foam dan facial wash terletak pada teksturnya
Facial foam menghasilkan lebih banyak busa
Salah satu perbedaan facial foam dan facial wash terletak pada teksturnya. Facial foam memiliki tekstur lebih lembut dan menghasilkan banyak busa. Maka, tak heran saat Anda menggunakannya, Anda akan melihat ada banyak busa yang dihasilkan. Berbeda dengan facial foam, facial wash tidak menghasilkan banyak busa. Ini karena facial wash mengandung bahan-bahan yang sifatnya tidak membentuk tekstur busa. 

2. Beda fungsinya untuk wajah

Perbedaan facial foam dan facial wash juga terlihat pada fungsinya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, facial foam bertujuan untuk mengangkat minyak berlebih atau sebum di wajah. Sedangkan, facial wash berfungsi untuk melembapkan kulit wajah. Dengan ini, wajah Anda akan terasa lebih lembap dan segar.  

3. Beda tipe kulit wajah yang disarankan

Beda tipe kulit wajah yang disarankan bisa jadi perbedaan facial foam dan facial wash lainnya. Facial foam disarankan bagi tipe kulit wajah berminyak dan berjerawat.Pasalnya, busa dari facial foam berfungsi untuk mengangkat minyak berlebih atau sebum di wajah. Bahkan, memungkinkan untuk menjangkau pori-pori kulit dengan sempurna. Sementara, facial wash disarankan bagi pemilik tipe kulit wajah kering dan sensitif. Ini karena facial wash berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Jadi, bagi Anda yang memiliki tipe kulit wajah berminyak sebaiknya gunakan facial foam.Namun, bagi Anda yang memiliki tipe kulit wajah normal, kering, dan sensitif, sebaiknya pilih facial wash. 

4. Beda efeknya pada wajah

Perbedaan facial foam dan facial wash juga terlihat dari efek yang didapat pada wajah
Cuci muka dengan facial wash bisa membuat kulit lembap
Perbedaan facial foam dan facial wash juga terlihat dari efek yang didapat pada wajah.Ya, walaupun sebenarnya tujuan kedua jenis sabun pembersih wajah ini sama, yakni membersihkan wajah, tetapi efek yang didapat berbeda. Membersihkan wajah dengan facial foam akan menghasilkan kulit wajah yang cenderung bebas dari minyak sehingga akan tampak bersih dan segar.Sedangkan, cuci muka dengan facial wash akan memberi hasil kulit yang lembap dan lembut.

5. Beda cara penggunaannya

Perbedaan facial wash dan facial foam berikutnya terletak pada cara penggunaannya. Meski cara penggunaannya tidak jauh berbeda, tetapi sebaiknya Anda harus memperhatikannya. Facial foam digunakan dengan cara diusap terlebih dahulu pada telapak tangan selama beberapa saat. Ini bertujuan untuk menghasilkan busa dari facial foam yang lebih banyak. Nah, setelah busa dari facial foam terlihat banyak, Anda bisa mengusapkannya pada seluruh permukaan wajah. Pada facial wash, Anda dapat langsung mengusapkannya pada permukaan wajah tanpa harus mengusapnya terlalu lama di telapak tangan. 

Kapan facial foam dan facial wash bisa digunakan?

Anda bisa menggunakan facial foam dan facial wash pada pagi dan malam hari. Jika Anda menggunakan make up sebelumnya, gunakan sabun pembersih wajah ini setelah melakukan double cleansing tahap pertama. Pastikan kedua tangan Anda sudah dalam kondisi bersih dengan mencucinya dengan sabun dan air mengalir terlebih dulu. Selanjutnya, lakukan cara mencuci muka dengan membasahi wajah menggunakan air suam-suam kuku (air hangat) terlebih dahulu. Kemudian, gunakan facial foam atau facial wash pada wajah. Kalau Anda menggunakan facial foam, usap terlebih dahulu pada telapak tangan agar busa dari facial foam keluar. Bagi Anda yang menggunakan facial wash, langsung usapkan sabun pembersih pada permukaan wajah tanpa harus mengusapnya. Bersihkan wajah seraya memijat kulit dengan lembut. Bilas wajah Anda menggunakan air sampai bersih. Lalu, tepuk-tepuk wajah dengan lembut menggunakan handuk bersih. 

Apa rekomendasi facial foam untuk kulit berminyak dan acne prone?

Kini, kamu sudah tahu mengenai perbedaan facial wash dan facial foam. Jadi, buat kamu yang punya kulit berminyak dan rentan berjerawat, berikut SehatQ berikan rekomendasi facial foam yang bisa jadi pilihan. 

1. Erha21 Acne Care Lab Acne Cleanser Scrub Beta Plus

Rekomendasi facial foam untuk kulit berjerawat adalah Erha21 Acne Care Lab Acne Cleanser Scrub Beta Plus
Salah satu rekomendasi facial foam untuk kulit berjerawat yang bisa kamu coba adalah Erha21 Acne Care Lab Acne Cleanser Scrub Beta Plus.Jenis facial foam ini mengandung asam salisilat dan sulfur yang bisa mengobati jerawat di wajah. Selain itu, ada kandungan scrub yang bisa menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Kelebihan:

  • Mengurangi produksi minyak berlebih
  • Membunuh bakteri penyebab jerawat
  • Membuat jerawat lebih cepat kering
  • Membersihkan sel kulit mati dan kotoran hingga ke pori
  • Mengeksfoliasi sel-sel kulit mati
  • Kemasan tube 60 gram

Harga:

  • Rp86.500
Beli Erha21 Acne Care Lab Acne Cleanser Scrub Beta Plus di toko online SehatQ

2. NIVEA Sparkling White Whitening Facial Foam

Rekomendasi produk facial foam untuk kulit yaitu Nivea Sparkling White Whitening Facial Foam
Rekomendasi facial foam pilihan SehatQ berikutnya adalah NIVEA Sparkling White Whitening Facial Foam.Sabun pembersih wajah bertekstur busa ini mengandung formula susu yang ampuh membersihkan berbagai sisa make up, seperti foundation, eye shadow, lipstick, dan jenis make-up lainnya.

Kelebihan:

  • Melembutkan dan menyegarkan kulit wajah
  • Menjaga kelembapan kulit 
  • Membersihkan berbagai make up, seperti foundation, eye shadow, lipstick, dan jenis make-up lainnya dengan lembut
  • Membersihkan make up tanpa meninggalkan residu
  • Tidak mengandung alkohol sehingga aman digunakan untuk pemakaian sehari-hari
  • Bisa digunakan pula oleh kulit normal dan kulit kombinasi
  • Kemasan tube 100 ml

Harga:

  • Rp49.613
Beli NIVEA Sparkling White Whitening Facial Foam di toko online SehatQ

3. JF Acne Protect Facial Foam

Rekomendasi facial foam untuk kulit berjerawat lainnya adalah JF Acne Protect Facial Foam
Masih bingung cari facial foam yang cocok untuk acne prone? Mungkin JF Acne Protect Facial Foam satu ini bisa jadi pilihan kamu berikutnya.Kabar baiknya, setiap pembelian 3 buah JF Acne Protect Facial Foam, kamu bisa dapat gratis 1 produk yang sama dan 2 pcs masker ekslusif dari SehatQ, lho. Pssst, persediaan ini terbatas, ya. Kelebihan:
  • Mencegah munculnya jerawat
  • Melembutkan kulit wajah tanpa membuatnya jadi kering
  • Mengandung active bio-sulfur, jojoba, dan vitamin E.
  • Kemasan tube 70 gram

Harga:

  • Rp76.400
Beli JF Acne Protect Facial Foam di toko online SehatQ

Apa pilihan rekomendasi facial wash?

Buat kamu yang lagi cari facial wash sesuai jenis kulitmu, tak ada salahnya untuk mengintip rekomendasi facial wash pilihan SehatQ di bawah ini. 

1. Cetaphil Oily Skin Cleanser

Salah satu rekomendasi facial wash yang cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak adalah Cetaphil Oily Skin Cleanser
Salah satu rekomendasi facial wash yang bisa kamu coba adalah Cetaphil Oily Skin Cleanser.
Ya, siapa sih yang nggak kenal dengan brand perawatan produk perawatan kulit satu ini? Nah, nggak cuma cocok untuk pemilik kulit berminyak, Cetaphil Oily Skin Cleanser bisa juga digunakan oleh pemilik kulit kombinasi atau kulit cenderung kering. 

Kelebihan:

  • Cocok untuk kulit berminyak, kulit kombinasi, atau kulit sangat kering
  • Mengurangi minyak berlebih pada kulit berminyak
  • Mengangkat minyak, kotoran, dan sisa make up di wajah
  • Sudah teruji secara dermatologi
  • Kemasan 125 ml

Harga: 

  • Rp170.644
Beli Cetaphil Oily Skin Cleanser di toko online SehatQ

2. Azarine C White Brightening Facial Cleanser

Azarine C White Brightening Facial Cleanser adalah rekomendasi facial wash
Rekomendasi facial wash berikutnya adalah Azarine C White Brightening Facial Cleanser.Tak hanya membersihkan wajah, produk facial wash bertekstur creamy satu ini juga bisa membantu mencerahkan kulit kamu, lho.

Kelebihan:

  • Membersihkan kulit dari kotoran, minyak, polusi, komedo, minyak berlebih, penumpukan sel kulit mati, dan sisa make up
  • Kandungan Natural AHA dan BHA membantu mengangkat kotoran serta menjaga kelembapan kulit
  • Mengandung ekstrak alami buah-buahan, yaitu pepaya, lemon, mulberry, bengkoang, dan yogurt
  • Mencerahkan dan menutrisi kulit agar tampak cerah, halus, dan segar

Harga:

  • Rp26.250
Beli Azarine C White Brightening Facial Cleanser di toko online SehatQ

3. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Rekomendasi facial wash berikutnya adalah Cetaphil Gentle Skin Cleanser
Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga menjadi rekomendasi produk facial wash Anda. Apa saja kelebihannya?

Kelebihan:

  • Membersihkan sekaligus menjaga kelembapan kulit
  • Tanpa tambahan pewangi
  • Tidak mengandung busa berlebihan
  • Menjaga kadar asam dan basa pada permukaan kulit
  • Membantu keseimbangan kandungan air dan minyak alami pada kulit
  • Mengandung formula hypoallergenic
  • Teruji secara dermatologi
  • Cocok untuk kulit berminyak, kulit kombinasi, kulit cenderung kering, hingga kulit sensitif
  • Ukuran 500 ml

Harga:

  • Rp154.130
Beli Cetaphil Gentle Skin Cleanser di toko online SehatQItulah perbedaan facial foam dan facial wash yang perlu Anda ketahui. Perbedaan facial wash dan facial foam di atas dapat membantu Anda mendapatkan jenis sabun cuci muka yang tepat. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut seputar perbedaan facial foam dan facial wash, serta mana yang lebih baik untuk kulit Anda, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.Temukan juga rekomendasi berbagai facial foam di sini dan pilihan facial wash lainnya di sini
perawatan kulitperawatan wajahkulit sehatkesehatan kulitproduk kecantikan
Southern Living. https://www.southernliving.com/fashion-beauty/skin/difference-between-cleanser-and-face-wash
Diakses pada 15 Maret 2020
The Klog. https://theklog.co/difference-between-foaming-and-gel-cleansers/
Diakses pada 15 Maret 2020
Difference Between. http://www.differencebetween.net/miscellaneous/fashion-beauty/difference-between-face-wash-and-cleanser/
Diakses pada 15 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait