Jangan Salah Pilih, Kenali Perbedaan Facial Foam dan Facial Wash Ini

Perbedaan facial foam dan facial wash bisa terlihat dari teksturnya
Facial foam memiliki tekstur yang lebih berbusa dibandingkan facial wash

Membersihkan wajah dengan sabun cuci muka adalah salah satu tahapan penting dalam perawatan kulit. Akan tetapi, saat ingin membeli sabun pembersih wajah, Anda mungkin sering dibuat bingung memilih jenis facial foam dan facial wash. 

Sebenarnya, apa perbedaan facial foam dan facial wash? Lalu, sabun cuci muka jenis apa yang sebaiknya perlu Anda gunakan? 

Apa itu facial foam? 

Facial foam adalah krim lembut yang menghasilkan tekstur busa. Facial foam bisa digunakan setiap hari karena memiliki fungsi utama untuk mengangkat seluruh kotoran atau sisa make up yang menempel di wajah. 

Penggunaan facial foam cocok bagi Anda yang memiliki kondisi kulit berminyak dan rentan berjerawat. Pasalnya, facial foam memiliki kemampuan menyerap minyak berlebih atau sebum secara menyeluruh. 

Apa itu facial wash?

Facial wash adalah jenis sabun pembersih wajah yang memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit wajah. Oleh sebab itu, facial wash cocok ditujukan bagi pemilik tipe kulit wajah kering dan sensitif. 

Facial wash memiliki beberapa tekstur berbeda, seperti gel dan creamy. 

Mengenali perbedaan facial foam dan facial wash

Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda sehingga membutuhkan produk sabun pembersih wajah yang berbeda pula. 

Hal itu pula yang mendasari adanya berbagai macam produk yang beredar di pasaran, seperti facial foam dan facial wash. Nah, berikut adalah perbedaan facial foam dan facial wash yang perlu Anda ketahui:

1. Beda berdasarkan teksturnya

Perbedaan facial foam dan facial wash terletak pada teksturnya
Facial foam menghasilkan lebih banyak busa

Salah satu perbedaan facial foam dan facial wash terletak pada teksturnya. Facial foam memiliki tekstur lebih lembut dan menghasilkan banyak busa. Maka tak heran saat Anda menggunakannya, Anda akan melihat ada banyak busa yang dihasilkan. 

Berbeda dengan facial foam, facial wash tidak menghasilkan banyak busa. Ini karena facial wash mengandung bahan-bahan yang sifatnya tidak membentuk tekstur busa. 

2. Beda fungsinya untuk wajah

Perbedaan facial foam dan facial wash juga terlihat pada fungsinya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, facial foam bertujuan untuk mengangkat minyak berlebih atau sebum di wajah.

Sedangkan, facial wash berfungsi untuk melembapkan kulit wajah. Dengan ini, wajah Anda akan terasa lebih lembap dan segar.  

3. Beda tipe kulit wajah yang disarankan

Facial foam disarankan bagi tipe kulit wajah berminyak dan berjerawat. Pasalnya, busa yang terkandung pada facial foam berfungsi untuk mengangkat minyak berlebih atau sebum di wajah. Bahkan, memungkinkan untuk menjangkau pori-pori kulit dengan sempurna. 

Sementara, facial wash disarankan bagi pemilik tipe kulit wajah kering dan sensitif. Ini karena facial wash berfungsi untuk melembapkan dan melembutkan kulit wajah. 

Jadi, bagi Anda yang memiliki tipe kulit wajah berminyak sebaiknya gunakan facial foam. Namun, bagi Anda yang memiliki tipe kulit wajah normal, kering, dan sensitif, sebaiknya pilih facial wash. 

4. Beda efeknya pada wajah

Perbedaan facial foam dan facial wash juga terlihat dari efek yang didapat pada wajah
Cuci muka dengan facial wash bisa membuat kulit lembap

Perbedaan facial foam dan facial wash juga terlihat dari efek yang didapat pada wajah. Ya, walaupun sebenarnya tujuan kedua jenis sabun pembersih wajah ini sama, yakni membersihkan wajah, tetapi efek yang didapat berbeda. 

Membersihkan wajah dengan facial foam akan menghasilkan kulit wajah yang cenderung bebas dari minyak sehingga akan tampak bersih dan segar. Sedangkan, cuci muka dengan facial wash akan memberi hasil kulit yang lembap dan lembut. 

5. Beda cara penggunaannya

Perbedaan facial foam dan facial wash berikutnya adalah cara penggunaannya. Ya, meski cara penggunaannya tidak jauh berbeda, tetapi sebaiknya Anda harus memperhatikannya. 

Facial foam digunakan dengan cara diusap terlebih dahulu pada telapak tangan selama beberapa saat. Ini bertujuan untuk menghasilkan busa yang lebih banyak. Nah, setelah busa terlihat banyak, Anda bisa mengusapkannya pada seluruh permukaan wajah. 

Pada facial wash, Anda dapat langsung mengusapkannya pada permukaan wajah tanpa harus mengusapnya terlalu lama di telapak tangan. 

Itulah perbedaan antara facial foam dan facial wash yang perlu Anda ketahui. Perbedaan facial foam dan facial di atas dapat membantu Anda mendapatkan jenis sabun cuci muka yang tepat. 

Namun, saat memilih sabun pembersih untuk wajah, jangan lupa untuk memperhatikan kecocokan kulit Anda setelah menggunakannya. 

Jika muncul kemerahan, rasa gatal atau perih sesaat setelah menggunakan facial foam atau facial wash, sebaiknya segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter spesialis kulit guna mendapatkan rekomendasi sabun pembersih wajah yang tepat. 

Southern Living. https://www.southernliving.com/fashion-beauty/skin/difference-between-cleanser-and-face-wash

Diakses pada 15 Maret 2020

The Klog. https://theklog.co/difference-between-foaming-and-gel-cleansers/

Diakses pada 15 Maret 2020

Difference Between. http://www.differencebetween.net/miscellaneous/fashion-beauty/difference-between-face-wash-and-cleanser/

Diakses pada 15 Maret 2020

Artikel Terkait