7 Jenis Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil, Mana Favorit Anda?

(0)
08 May 2019|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi buah yang kaya vitamin, mineral, serta serat, demi kesehatan janin.Untuk mendukung kesehatan janin, ibu hamil disarankan mengonsumsi buah yang kaya vitamin, mineral, serta serat.
Buah merupakan salah satu sumber nutrisi yang sehat bagi ibu hamil. Tak heran apabila buah-buahan segar seringkali disarankan sebagai camilan yang sehat bagi ibu hamil daripada camilan kemasan. Sebuah penelitian pun menunjukkan bahwa janin yang tidak mendapat asupan nutrisi tepat selama masa kandungan sangat berpotensi mengalami gangguan permanen pada proses metabolisme janin di dalam rahim. Salah satu upaya pencegahannya, yakni dengan mengonsumsi buah yang bagus untuk ibu hamil. 

Manfaat makan buah untuk ibu hamil

Saat hamil, Anda membutuhkan makanan yang mengandung banyak nutrisi. Sumber makanan yang memiliki banyak nutrisi adalah buah-buahan dan sayur-sayuran. Mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran saat hamil dapat memenuhi asupan vitamin, mineral, dan serat yang tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh Anda, melainkan juga sang jabang bayi yang berada dalam kandungan. Selain itu, rutin makan sayur dan buah saat hamil juga dapat membantu mencegah sembelit (konstipasi) yang umumnya terjadi selama masa kehamilan. 

Deretan buah yang bagus untuk ibu hamil

Meski mungkin Anda menginginkan makanan yang manis, tetapi sebaiknya hindari kebiasaan mengonsumsi makanan manis dan beralihlah ke makan makanan yang bernutrisi, seperti buah-buahan. Berikut adalah sederet jenis buah yang bagus untuk ibu hamil.

1. Jeruk 

Jeruk adalah salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil. Selain membantu Anda tetap terhidrasi selama masa kehamilan, jeruk juga kaya akan kandungan folat. Folat adalah salah satu jenis vitamin B yang mampu mencegah cacat otak dan kerusakan pada saraf tulang belakang, atau disebut juga sebagai cacat tabung saraf. Selain itu, jeruk merupakan sumber vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel serta membantu memudahkan penyerapan zat besi oleh tubuh.

2. Mangga

Selain jeruk, mangga juga merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil lainnya karena merupakan sumber vitamin C terbaik. Mangga juga dikenal dengan kandungan vitamin A yang melimpah. Hal ini tentu sangat baik bagi ibu hamil karena kekurangan vitamin A saat lahir dapat menyebabkan lemahnya sistem kekebalan tubuh bayi dan risiko komplikasi yang lebih tinggi pada saluran cerna dan infeksi pernapasan. Meski mangga merupakan buah yang baik untuk ibu hamil, sebaiknya makan mangga dalam porsi ringan yang dikombinasikan bersama berbagai buah-buahan lainnya. 

3. Alpukat

Alpukat mengandung lebih banyak folat daripada jenis buah-buahan yang baik untuk ibu hamil lainnya. Dalam satu buah alpukat mengandung sebanyak 60 mg folatAlpukat juga merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil karena kaya akan:
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Serat
  • Kolin
  • Magnesium
  • Kalium
  • Zat besi
  • Asam lemak tak jenuh, yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan menjaga kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.
Tak hanya itu, alpukat juga dipercaya mampu meredakan mual karena kandungan potasium dan magnesium di dalamnya. Kandungan kalium dalam alpukat dapat membantu meredakan kram kaki. Di mana gejala tersebut seringkali dialami ibu hamil akibat kekurangan asupan kalium dan magnesium. Kandungan kolin (choline) dalam alpukat juga penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi. Kekurangan zat kolin dalam tubuh dapat menyebabkan cacat tabung saraf dan gangguan memori seumur hidup.

4. Lemon

Mengonsumsi lemon dapat membantu meringankan efek morning sickness selama masa kehamilan. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara mencampurkan buah lemon dengan segelas air putih.Sama halnya dengan jeruk, lemon juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu merangsang sistem pencernaan untuk mengurangi sembelit. Akan tetapi, beberapa kandungan zat dalam buah lemon dapat mengikis enamel gigi, jadi usahakan menggosok gigi setelah mengonsumsinya.

5. Pisang

Pisang adalah buah untuk ibu hamil yang kaya akan kandungan potasiumnya. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan serat. Banyak kasus (sekitar 50 persen) wanita kerap mengalami konstipasi selama kehamilan. Penyebabnya antara lain rahim yang semakin membesar dan menekan usus besar, diet rendah serat, hingga kandungan zat besi dalam vitamin yang dikonsumsi selama kehamilan.Kandungan serat pada pisang dapat mengatasi masalah ini. Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan vitamin B-6 dalam pisang dapat membantu meredakan gejala morning sickness pada awal kehamilan.

6. Buah beri

Buah yang bagus untuk ibu hamil lainnya adalah kelompok buah-buahan beri, apa pun jenisnya. Buah beri mengandung banyak karbohidrat, vitamin C, serat, dan folat. Konsumsi karbohidrat idealnya, yakni sekitar 50-60 persen dari total kalori yang Anda konsumsi setiap hari selama masa kehamilan. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga merupakan salah satu zat yang paling mudah diserap plasenta.Selain itu, buah ini juga mengandung fitonutrien, seperti flavonoid dan anthocyanin

7. Apel

Selanjutnya, apel. Ya, apel juga menjadi buah yang bagus untuk ibu hamil lantaran mengandung banyak serat, vitamin A, vitamin C, dan potasium. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal British Thoraric Society menemukan bahwa anak yang lahir dari ibu yang rutin mengonsumsi apel selama kehamilan cenderung berisiko rendah terkena asma dan alergi. Hebat, bukan?

Cara mengonsumsi buah untuk ibu hamil agar tidak membosankan

Anda mungkin bosan makan buah dengan cara yang itu-itu saja. Nah, Anda bisa menyiasatinya dengan cara berikut ini. 
  • Coba tambahkan potongan buah-buahan ke dalam sereal yang biasa Anda makan.
  • Bikin salad buah sendiri di rumah. Caranya, potong kecil-kecil beberapa jenis buah pilihan Anda, campurkan dan masukkan ke dalam mangkok. Anda bisa menambahkan yogurt untuk menambah cita rasa dan menambah nutrisinya. 
  • Haluskan pisang untuk dijadikan sebagai topping atau pengganti selai roti. 
  • Jadikan buah-buahan tersebut sebagai minuman jus atau smoothie. Anda bisa membuat jus dari beberapa jenis buah sehingga rasanya menjadi lebih enak. Dengan mencampurkan lebih dari satu buah sebagai minuman dapat meningkatkan kandungan vitamin dan mineral yang Anda dapatkan. 

Catatan dari SehatQ

Makan buah saat hamil merupakan salah satu yang sangat disarankan. Akan tetapi, mengonsumsi sesuatu yang berlebihan tentu juga tidak dianjurkan. Maka dari itu, di samping makan buah yang bagus untuk ibu hamil penting pula untuk menyantap sumber nutrisi lainnya.Jika Anda merasa ragu untuk makan buah saat hamil, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu guna mendapatkan rekomendasi buah untuk ibu hamil yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. 
makanan sehatmenjaga kehamilan
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/best-fruits-to-eat#3 
Diakses pada September 2018

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4208630/
Diakses pada September 2018
Researchgate. https://www.researchgate.net/publication/236613037_Hass_Avocado_Composition_and_Potential_Health_Effects
Diakses pada 4 April 2019
Mom Junction. Mom Junction. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2117307/Diakses pada 8 Januari 2022
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait