Daftar Buah-Buahan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi buah yang kaya vitamin, mineral, serta serat, demi kesehatan janin.
Untuk mendukung kesehatan janin, ibu hamil disarankan mengonsumsi buah yang kaya vitamin, mineral, serta serat.

Penelitian menunjukkan bahwa janin yang tidak mendapat asupan nutrisi tepat selama masa kandungan, sangat berpotensi mengalami perubahan permanen pada metabolismenya di dalam rahim. Salah satu upaya pencegahannya yakni dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Apa saja buah yang bagus untuk ibu hamil?

1. Jeruk 

Jeruk merupakan sumber cairan yang bagus dan dapat membantu Anda tetap terhidrasi selama masa kehamilan. Buah ini juga kaya akan folat. Folat adalah zat yang mampu mencegah cacat otak dan saraf tulang belakang, atau disebut juga sebagai cacat tabung saraf. Selain itu, jeruk merupakan sumber vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel serta membantu mempermudah penyerapan zat besi oleh tubuh.

2. Mangga

Selain jeruk, mangga juga merupakan sumber vitamin C terbaik. Selain itu, mangga juga kaya akan vitamin A. Kekurangan vitamin A saat lahir dapat mengakibatkan lemahnya sistem kekebalan tubuh bayi dan risiko komplikasi yang lebih tinggi pada saluran cerna dan infeksi pernapasan.

3. Alpukat

Alpukat mengandung lebih banyak folat daripada buah-buahan lainnya. Satu buah alpukat, memiliki 60 mg folat. Alpukat juga merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil karena kaya akan:

  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Serat
  • Kolin
  • Magnesium
  • Kalium
  • Zat besi
  • Asam lemak tak jenuh, yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan menjaga kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Alpukat juga dipercaya mampu meredakan mual karena kandungan potasium dan magnesiumnya. Kandungan kalium alpukat dapat membantu meredakan kram kaki. Gejala ini seringkali dialami ibu hami, yang kekurangan asupan kalium dan magnesium. Kandungan kolin (choline) dalam buah ini juga penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi. Defisiensi kolin dapat menyebabkan cacat tabung saraf dan gangguan memori seumur hidup.

4. Lemon

Mengonsumsi lemon dapat membantu meringankan efek morning sickness selama masa kehamilan. Sama halnya dengan jeruk, lemon juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu merangsang sistem pencernaan untuk mengurangi sembelit. Akan tetapi, beberapa kandungan zat dalam buah lemon dapat mengikis enamel gigi, jadi usahakan menggosok gigi setelah mengonsumsinya.

5. Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan potasium. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B-6, vitamin C, dan serat. Banyak kasus (sekitar 50 persen) wanita kerap mengalami konstipasi selama kehamilan. Penyebabnya antara lain rahim yang semakin membesar dan menekan usus besar, diet rendah serat, hingga kandungan zat besi dalam vitamin yang dikonsumsi selama kehamilan.

Kandungan serat pada pisang dapat mengatasi masalah ini. Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan vitamin B-6 dalam pisang dapat membantu meredakan gejala morning sickness pada awal kehamilan.

6. Buah Beri

Buah beri (apa pun jenisnya) kaya akan karbohidrat, vitamin C, serat, dan folat. Jenis buah ini juga mengandung fitonutrien seperti flavonoid dan anthocyanin. Konsumsi karbohidrat idealnya yakni sekitar 50 hingga 60 persen dari total kalori yang Anda konsumsi setiap hari selama masa kehamilan. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga merupakan salah satu zat yang paling mudah diserap plasenta.

7. Apel

Apel merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil karena kaya akan serat, vitamin A, vitamin C, dan potasium. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal British Thoraric Society menemukan bahwa anak lahir dari ibu yang rutin mengonsumsi apel selama kehamilan cenderung berisiko rendah terkena asma dan alergi.

Itulah daftar buah yang bagus untuk ibu hamil. Jadi, tunggu apa lagi?

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/best-fruits-to-eat#3 
Diakses pada September 2018

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4208630/
Diakses pada September 2018

Researchgate. https://www.researchgate.net/publication/236613037_Hass_Avocado_Composition_and_Potential_Health_Effects
Diakses pada 4 April 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed