Jangan Remehkan 12 Manfaat Selada Ini Bagi Kesehatan

Manfaat selada baik bagi tubuh
Di balik rasanya yang hambar, ternyata manfaat selada baik untuk tubuh

Selada yang berwarna hijau dan menghiasi piring salad sering dianggap sebagai sayuran membosankan yang tidak berasa. Namun, tahukah Anda bahwa selada yang terlihat biasa saja sebenarnya memiliki manfaat yang besar.

Selada sekilas terlihat tidak menyenangkan, tetapi faktanya terdapat manfaat selada bagi kesehatan yang bisa dituai, mulai dari membantu menurunkan berat badan sampai menjaga kesehatan mata.

Apa saja manfaat selada bagi kesehatan?

Manfaat selada tidak membosankan seperti penampilannya, Anda bisa mendapatkan berbagai macam manfaat selada, seperti:

  • Menurunkan berat badan

Mau menurunkan berat badan? Coba konsumsi selada sebagai salah satu makanan pengganti makanan siap saji yang sering dikonsumsi. Selada hanya mengandung kurang lebih 17 kalori serta memiliki kandungan air yang tinggi yang dapat membuat Anda kenyang.

  • Menjaga kesehatan mata

Wortel bukanlah satu-satunya sayuran yang dapat menjaga mata karena faktanya, selada juga bisa menjaga kesehatan mata dan mencegah katarak. Selain itu, beta-karoten di dalam selada juga mampu mencegah kehilangan penglihatan karena usia.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin A dan C dalam selada meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu melawan infeksi. Anda dapat mencegah kemunculan penyakit musiman pilek dan flu yang kerap kali melanda.

  • Baik dikonsumsi selama masa hamil

Bagi para ibu hamil, folat dalam selada sangat berperan dalam menjaga janin dan mencegah kecacatan pada buah hati.

  • Menguatkan otot

Ingin otot yang kuat? Anda bisa mengonsumsi selada untuk meningkatkan kadar potasium dalam tubuh untuk menjaga kekuatan otot Anda.

  • Baik untuk pencernaan

Selada merupakan salah satu sayuran yang bisa dijadikan sumber serat untuk pencernaan. Serat dalam selada dapat mencegah sembelit karena tinja yang mengeras.

  • Menurunkan tekanan darah

Mineral potasium yang berada di dalam selada dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko terkena stroke, serta menjaga keseimbangan cairan dan peredaran darah.

  • Melindungi jantung dan peredaran darah

Kandungan potasium dalam selada mampu menjaga kesehatan jantung dan peredaran darah sementara senyawa vitamin A dan C di dalamnya dapat mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah.

Folat yang terkandung dalam selada dapat mencegah Anda dari mengalami komplikasi penyakit jantung yang serius dengan memecah senyawa homocysteine dalam tubuh.

  • Menangkal radikal bebas

Di balik penampilannya yang biasa saja, selada memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat menangkal radikal bebas yang berisiko memicu berbagai masalah kesehatan.

  • Tinggi vitamin C dan K

Vitamin C dalam dalam selada berperan untuk mencegah kolesterol melekat pada dinding pembuluh darah, sementara vitamin K membantu mencegah penyumbatan darah dan menguatkan tulang.

  • Mencegah penuaan kulit

Vitamin A dalam selada baik untuk kesehatan kulit, sementara vitamin C di dalamnya dapat membantu produksi kolagen yang berperan dalam mengencangkan kulit dan mencegah berkurangnya elastisitas kulit.

  • Berpotensi mencegah kanker

Meskipun belum diyakini secara pasti, folat dan antioksidan dalam selada mampu melindungi tubuh dari kanker dan mencegah kemunculan dari jenis kanker tertentu.

Apa yang harus diwaspadai sebelum mengonsumsi selada?

Sebelum memakan selada, Anda perlu mewaspadai beberapa hal, seperti kontaminasi bakteri Salmonella atau Escherichia coli di selada dan adanya pencemaran logam berat. Oleh karenanya, bilas selada dengan bersih dan pastikan selada yang dipilih segar.

Saat akan mencuci selada, tarik daun selada untuk mencuci kotoran yang ada dan keringkan selada sampai tuntas. Akan tetapi, sebaiknya konsumsi selada yang sudah dimasak.

Dr Axe. https://draxe.com/nutrition/romaine-lettuce-nutrition/
Diakses pada 2 Januari 2020

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/461791-what-are-the-health-benefits-of-romaine-lettuce/
Diakses pada 2 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319725.php
Diakses pada 2 Januari 2020

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed