Jangan Lewatkan Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah anggur muncul berkat kandungan nutrisi dan antikosidannya yang kaya
Buah anggur mengandung beragam antioksidan dan nutrisi yang penting untuk kesehatan

Buah anggur kaya kandungan antioksidan, termasuk antioksidan resveratrol yang terdapat di kulit dan bijinya. Banyak penelitian tentang manfaat buah anggur diarahkan untuk mengkaji dan mengolah kulit serta biji anggur menjadi ekstrak resveratrol, yang bisa berguna di bidang kesehatan.

Buah anggur memiliki beragam jenis dan warna, yaitu merah, hitam, ungu, dan biru. Ada juga anggur hijau, merah muda dan kuning. Namun anggur merah dan anggur biru (anggur concord) memiliki kandungan flavonoid dan resveratrol paling tinggi. 

Kandungan nutrisi dalam buah anggur

Dalam satu cangkir atau 151 gram buah anggur merah atau hijau, terkandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 104
  • Karbohidrat: 27,3 gram
  • Protein: 1,1 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Serat: 1,4 gram

Berbagai vitamin yang meliputi vitamin C, K, B1 (thiamin), B2 (riboflavin), serta B6.

  • Beragam mineral, seperti potasium, tembaga, dan mangan.

Dari satu cangkir buah anggur tersebut, kita dapat memenuhi 28% kebutuhan harian vitamin K, yang berperan penting dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang. Sedangkan kebutuhan harian vitamin C juga bisa dipenuhi sebanyak 25% oleh secangkir buah anggur. 

Berkat berbagai kandungan nutrisi tersebut, buah anggur mampu memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita.

5 manfaat buah anggur bagi manusia

Berikut ini beberapa manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah anggur segar:

   1. Mencegah kanker

Buah anggur mengandung antioksidan kuat yang disebut polifenol. Salah satu jenisnya adalah resveratrol.

Penelitian di laboratorium mengindikasikan bahwa resveratrol kemungkinan bisa mencegah atau setidaknya memperlambat pertumbuhan tumor pada hati, perut, payudara, usus besar dan kulit.

Resveratrol juga terkandung dalam produk olahan buah anggur, yaitu minuman anggur merah (red wine). Namun masih dibutuhkan penelitian yang lebih luas terhadap manfaat red wine ini. Apa alasannya?

Sejumlah riset yang mengkaji hubungan antara konsumsi red wine dan risiko kanker pada manusia, justru telah membuktikan bahwa konsumsi alkohol secara terus-menerus justru meningkatkan risiko kanker. Jadi, manfaat buah anggur ini masih menjadi perdebatan.

Zat antioksidan dan antiperadangan lain yang banyak terdapat dalam buah anggur adalah flavonoid quersetin. Berdasarkan beberapa riset, kandungan ini diindikasikan bisa memperlambat pertumbuhan kanker. 

   2. Menjaga kesehatan jantung

Polifenol dan resveratrol dalam anggur dipercaya memiliki kekuatan antioksidan, efek menurunkan kadar lemak darah, dan antiperadangan. Manfaat buah anggur inilah yang diyakini bisa membantu dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Efek kesehatan jantung didapat berkat polifenol yang bekerja untuk mencegah penumpukan keping darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko terjadinya detak jantung tak teratur. 

Buah anggur juga mengandung serat dan potasium. Keduanya punya efek positif dalam menjaga kesehatan jantung.

Meningkatkan asupan potasium sambil mengurangi konsumsi garam, bisa menurunkan tekanan darah tinggi sehingga mengurangi risiko sakit jantung serta stroke. Tak hanya itu, asupan potasium yang tinggi juga mampu mencegah hilangnya massa otot serta membantu menjaga kepadatan mineral tulang. 

   3. Mencegah neuropati diabetik dan retinopati diabetik

Neuropati diabetes dan retinopati diabetes adalah komplikasi yang bisa terjadi bila penyakit diabetes tidak terkendali. Misalnya, kadar gula darah yang terus-menerus tinggi dan tidak ditangani dengan benar.

Neuropati diabetik merupakan komplikasi diabetes yang berkaitan dengan fungsi saraf. Sedangkan retinopati diabetik adalah penyakit yang memengaruhi kemampuan penglihatan.

Beberapa penelitian ilmiah mengindikasikan adanya potensi resveratrol dalam anggur untuk mencegah terjadinya neuropati diabetik dan retinopati diabetik. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji manfaat buah anggur ini pada manusia.

   4. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah anggur dalam menjaga kesehatan mata berasal dari kandungan antioksidannya, yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis antioksidan ini diyakini bisa menetralisir molekul radikal bebas yang merusak sel-sel pada mata.

Dengan demikian, asupan lutein dan zeaxanthin dari buah anggur berpotensi mencegah kerusakan retina mata serta terbentuknya katarak. Penelitian-penelitian lain juga mengindikasikan bahwa antioksidan dari buah anggur juga melindungi mata dari degenerasi makula akibat usia lanjut dan mencegah glaukoma.

Meski begitu, masih butuh penelitian lebih luas untuk memastikan hal tersebut dan bagaimana memanfaatkan kedua antioksidan di atas untuk kesehatan manusia. 

   5. Membantu pengobatan jerawat

Salah satu manfaat buah anggur bagi kecantikan juga muncul berkat kandungan resveratrolnya. Sebuah penelitian menyatakan bahwa antibakteri resveratrol bisa membantu dalam mengobati jerawat saat dipadukan dengan benzoil peroksida sebagai obat oles. 

Catatan dari SehatQ

Harap diingat bahwa manfaat buah anggur di atas berasal dari anggur segar atau hasil ekstraknya. Jadi, olahan buah anggur (seperti kismis) akan mengandung nutrisi yang berbeda dari buah anggur segar.

Kandungan gula pada kismis juga lebih tinggi, yaitu mencapai empat kali lipat buah segar. Pasalnya, proses pengeringan akan memadatkan gula dan karbohidrat dalam buah anggur segar. 

Oleh sebab itu, Anda perlu lebih jeli dalam mengonsumsi buah anggur. Cara terbaik tentu saja dengan memilih anggur segar untuk dikonsumsi, sehingga manfaat buah anggur pun bisa diperoleh secara optimal.

Live Science. https://www.livescience.com/54581-grapes-nutrition.html
Diakses pada 30 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-grapes#section2
Diakses pada 30 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/271156.php
Diakses pada 30 september 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed