logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

13 Manfaat Berenang untuk Anak yang Tidak Boleh Disepelekan

open-summary

Terdapat sejumlah manfaat berenang untuk anak yang tak boleh diremehkan, mulai dari melatih otot, meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru, hingga mencegah obesitas. Meski begitu, orangtua perlu memperhatikan keamanan anak di kolam renang untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.


close-summary

4

(8)

17 Mar 2022

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Manfaat berenang untuk anak balita

Gerakan berenang membuat anak menggerakkan seluruh ototnya sehingga membantu perkembangan otot menjadi lebih kuat

Table of Content

  • Manfaat berenang untuk anak
  • Jaga keamanan anak saat berenang

Tak hanya menyenangkan, berenang adalah salah satu aktivitas fisik yang meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh anak. Selain itu, manfaat berenang untuk anak juga meliputi jantung dan paru-paru yang semakin kuat.

Advertisement

Inilah alasan mengapa berenang adalah olahraga yang direkomendasikan untuk anak-anak, bahkan sejak usia 3 bulan.

Baca Juga

Manfaat berenang untuk anak

Berenang adalah salah satu aktivitas fisik yang paling disukai anak, baik sebagai ajang olahraga maupun kegiatan rekreasi. Bagi orangtua yang bertanya-tanya apa manfaat renang untuk anak, berikut adalah penjelasannya:

1. Melatih otot

Saat anak berada di dalam air, bergerak saja harus mengeluarkan tenaga dua kali lipat karena melawan gaya air.

Artinya, gerakan berenang membuat anak menggerakkan seluruh ototnya. Gerakan demi gerakan ini membantu perkembangan otot dan membuatnya menjadi lebih kuat.

2. Kepercayaan diri

gambar anak berenang
Gambar anak berenang

Berada di air sambil mengatur keseimbangan membutuhkan koordinasi tubuh yang baik dari anak. Ketika anak berhasil menguasai gerakan atau gaya berenang yang ringan sekalipun, hal ini bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Kepercayaan diri yang tinggi bisa membuat anak memiliki kontrol diri yang baik, keinginan sukses lebih besar, hingga kemampuan untuk menyesuaikan diri dalam situasi sosial berbeda-beda.

3. Skill bertahan

Belajar berenang sejak kecil dapat membekali tubuh dengan kemampuan bertahan hidup yang cukup krusial di air. Hal ini akan membuat anak punya ‘pegangan’ apabila sewaktu-waktu berada dalam kondisi darurat.

Terbukti, berenang dapat mengurangi risiko tenggelam pada anak-anak yang berusia 1-4 tahun. Meski demikian, anak-anak yang sudah pandai berenang sekalipun harus diawasi saat berada di air.

4. Meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru

Berenang juga merupakan olahraga yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Saat berenang, anak dilatih untuk mengatur pernapasan ketika berada di dalam air dan mengangkat kepalanya.

Apabila dilakukan secara rutin, berenang dapat meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru anak.

5. Mencegah obesitas

Obesitas pada anak dapat mengurangi fleksibilitas mereka dalam melakukan aktivitas fisik. Berenang bisa membantu mencegah obesitas.

Tak hanya itu, olahraga ini juga meningkatkan stamina dan membuat postur tubuh anak semakin baik.

6. Kesehatan mental

Tak hanya untuk fisik, rupanya berenang juga baik untuk kesehatan mental anak. Berenang bisa membuat mood mereka menjadi semakin baik hingga mengatasi depresi.

Berada di dalam air juga membuat anak merasa rileks dan bisa bebas berekspresi.

7. Tingkatkan fungsi kognitif

Gerakan saat anak renang dipercaya dapat membantu perkembangan saraf otak di bagian corpus. Inilah alasan mengapa berenang bisa meningkatkan fungsi kognitif atau kemampuan berpikir pada anak.

Hal ini dinilai berpengaruh pada kemampuan membaca, berbahasa, pembelajaran akademis, hingga kesadaran spasial anak.

8. Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan

gambar anak berenang
Gambar anak berenang

Anak-anak harus bisa berkoordinasi dan menjaga keseimbangan saat berada di dalam air. Sebab, bukan perkara mudah untuk menggerakkan tangan dan kaki secara seirama.

Rupanya, hal ini bisa berpengaruh terhadap anak saat tumbuh besar nanti. Selain itu, mereka juga terlatih mendengarkan instruksi dan bisa mengikutinya dengan baik di kehidupan nyata.

9. Kualitas tidur lebih baik

Tidak mengherankan jika a anak makan lebih lahap dan tidur lebih nyenyak setelah berenang. Banyaknya energi yang dikeluarkan saat berenang membuat mereka tidur lebih nyenyak dan meningkatkan kualitas tidurnya.

10. Menyehatkan sistem pencernaan

Salah satu manfaat berenang bagi tubuh anak adalah menyehatkan sistem pencernaan.

Dikutip dari Goldfish Swim School, tubuh anak perlu aktif supaya sistem pencernaannya bisa bekerja secara optimal.

Ketika anak berenang, berbagai bagian tubuhnya menjadi aktif digerakkan, seperti tangan, kaki, bahkan hingga kepalanya. Jadi tidak heran kalau berenang dipercaya bisa menyehatkan sistem pencernaan.

11. Meredakan stres dan kecemasan

Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami stres dan gangguan kecemasan. Anak-anak juga rentan mengalaminya. Salah satu cara untuk meredakan masalah mental tersebut adalah berenang.

Pasalnya, mereka dapat merasa rileks saat berenang. Belum lagi, berada di dalam air dapat memberikan perasaan tenang bagi sebagian anak. Ini menjadi salah satu alasan mengapa olahraga renang digemari oleh anak-anak. 

Perlu diketahui, aktivitas renang anak-anak dapat membuat tubuhnya lebih aktif. Tubuh yang aktif dipercaya membantu anak merasa bahagia karena dapat memberikan rangsangan untuk melepas hormon kebahagiaan (endorfin) dan menurunkan hormon stres (kortisol).

12. Meningkatkan nafsu makan

Bagi ibu yang sedang menghadapi masalah terkait bayi tidak mau makan, cobalah ajak ia berenang. Dikutip dari situs Swimming, salah satu manfaat bayi berenang adalah meningkatkan nafsu makan.

Pasalnya, gerakan tubuh yang dilakukan oleh bayi ketika berenang dipercaya bisa membuatnya lapar. Jangan heran jika setelahnya si kecil langsung lahap mengonsumsi makanan yang Anda sajikan.

13. Mempererat hubungan orangtua dengan anak

Dikutip dari Healthline, salah satu manfaat berenang untuk bayi yang tak boleh diremehkan adalah mempererat hubungan orangtua dan si kecil.

Pasalnya, selama di dalam air, tentu orangtua akan selalu menemani dan menjaga anaknya supaya tetap aman. Hal ini diharapkan bisa memperkuat hubungan antaranak dan orangtua.

Jaga keamanan anak saat berenang

Meskipun ada banyak sekali manfaat berenang untuk anak hingga jangka panjang, perlu diingat bahwa keamanan tetap nomor satu. Anak bisa tenggelam bahkan di air setinggi 2 centimeter (cm) sekalipun.

Bagi anak yang sudah piawai berenang dan berusia di bawah 4 tahun, orangtua atau pelatih harus melakukan touch supervision, yaitu dalam jarak dekat sehingga bisa menyentuh anak kapan pun.

Beberapa tips aman anak untuk berenang adalah:

  1. Terapkan aturan aman di sekitar kolam renang, seperti jangan berlari atau mendorong teman
  2. Pastikan Anda tidak terganggu saat mengawasi anak berenang
  3. Selalu berjarak dekat dengan anak untuk bisa menangkap mereka ketika sewaktu-waktu terjadi sesuatu
  4. Waspada akan tanda-tanda anak tenggelam, seperti kepala tetap berada di air atau kesulitan bernapas

Selama anak menikmatinya, berenang adalah hal yang menyenangkan. Ada banyak sekali manfaat berenang untuk anak, baik untuk kesehatan fisik maupun mental mereka.

Selain itu, berenang juga merupakan momen untuk membangun kedekatan antara anak dan orangtua. Mengambil jeda sejenak di tengah aktivitas yang serba cepat tentu menyenangkan, bukan?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

olahraga anaktenggelamberenang

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved