Mengenal Berbagai Manfaat Berenang untuk Anak

(0)
12 Dec 2019|Azelia Trifiana
Manfaat berenang untuk anak balitaGerakan berenang membuat anak menggerakkan seluruh ototnya sehingga membantu perkembangan otot menjadi lebih kuat
Tak hanya menyenangkan, berenang adalah salah satu aktivitas fisik yang meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh anak. Manfaat berenang untuk anak lainnya juga membuat jantung dan paru-paru semakin kuat.Itulah mengapa berenang adalah olahraga yang direkomendasikan untuk bayi sejak usia 3 bulan sekalipun.Berbeda dengan berenang bagi orang dewasa, orang yang mendampingi anak-anak berenang harus benar-benar menjaga keamanannya. Selain itu, pastikan air kolam renang benar-benar bersih.

Manfaat berenang untuk anak

Berenang adalah salah satu aktivitas fisik yang paling disukai, baik sebagai ajang olahraga maupun kegiatan rekreasi. Ada banyak sekali manfaat berenang untuk anak di antaranya:

1. Melatih otot

Saat anak berada di dalam air, bergerak saja harus mengeluarkan tenaga dua kali lipat karena melawan gaya air. Artinya, gerakan berenang membuat anak menggerakkan seluruh ototnya. Gerakan demi gerakan ini membantu perkembangan otot dan membuat anak lebih kuat.

2. Kepercayaan diri

Berada di air dan mengatur keseimbangan membuat anak harus bisa mendengarkan tubuhnya sendiri. Ketika anak berhasil menguasai gerakan atau gaya berenang yang ringan sekalipun, hal ini bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka.Kepercayaan diri yang tinggi ini bisa membuat anak-anak memiliki kontrol diri yang baik, keinginan sukses lebih besar, hingga kemampuan untuk menyamankan diri dalam situasi sosial berbeda-beda.

3. Skill bertahan

Belajar berenang sejak kecil akan membekali tubuh dengan skill bertahan hidup yang cukup krusial di air. Hal ini akan membuat anak punya pengalaman lebih banyak di dalam air apabila sewaktu-waktu berada dalam kondisi darurat.Terbukti, berenang dapat mengurangi risiko tenggelam pada anak-anak yang berusia 1-4 tahun. Meski demikian, anak-anak yang sudah pandai berenang sekalipun harus diawasi saat berada di air.

4. Meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru

Berenang juga merupakan olahraga yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Saat berenang anak dilatih untuk mengatur pernapasan saat berada di dalam air dan mengangkat kepala. Apabila dilakukan secara rutin, hal ini dapat meningkatkan kekuatan jantung serta paru-paru.

5. Mencegah obesitas

Obesitas pada anak dapat mengurangi fleksibilitas mereka dalam melakukan aktivitas fisik. Berenang bisa membantu mencegah obesitas. Tak hanya itu, berenang juga meningkatkan stamina dan membuat postur tubuh anak semakin baik.

6. Kesehatan mental

Tak hanya untuk fisik, rupanya berenang juga baik untuk kesehatan mental anak. Berenang bisa membuat mood anak menjadi semakin baik hingga mengatasi depresi. Berada di dalam air membuat anak merasa rileks dan bisa bebas berekspresi.

7. Tingkatkan fungsi kognitif

Gerakan saat berenang membantu perkembangan saraf otak di bagian corpus. Itulah mengapa berenang bisa meningkatkan fungsi kognitif atau kemampuan berpikir pada anak. Hal ini akan berpengaruh pada kemampuan membaca, berbahasa, pembelajaran akademis, hingga kesadaran spasial.

8. Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan

Tentunya saat berada di air, anak-anak harus bisa berkoordinasi dan menjaga keseimbangan. Bukan perkara mudah menggerakkan tangan dan kaki seirama.Rupanya, hal ini bisa berpengaruh terhadap anak saat mereka tumbuh besar nanti. Selain itu, anak juga terlatih mendengarkan instruksi dan mengikutinya dengan baik di kehidupan nyata.

9. Kualitas tidur lebih baik

Tak perlu heran apabila anak makan lebih lahap dan tidur lebih nyenyak setelah berenang. Energi yang dikeluarkan saat berenang membuat mereka tidur lebih nyenyak dan kualitas tidurnya pun lebih baik.

Jaga keamanan anak saat berenang

Meskipun ada banyak sekali manfaat berenang untuk anak hingga jangka panjang, perlu diingat bahwa keamanan tetap nomor satu. Anak bisa tenggelam bahkan di air setinggi 2 sentimeter sekalipun.Bagi anak yang sudah piawai berenang dan berusia di bawah 4 tahun, orangtua atau pelatih harus melakukan “touch supervision” yaitu dalam jarak dekat sehingga bisa menyentuh anak kapan pun.Beberapa tips aman anak untuk berenang adalah:
  1. Terapkan aturan aman di sekitar kolam renang seperti jangan berlari atau mendorong teman
  2. Pastikan tidak terdistraksi saat mengawasi anak
  3. Selalu berjarak dekat dengan anak untuk bisa menangkap mereka ketika sewaktu-waktu terjadi sesuatu
  4. Waspada akan tanda-tanda anak tenggelam seperti kepala tetap berada di air atau kesulitan bernapas
Selama anak menikmati waktu mereka saat berenang, berenang adalah hal yang menyenangkan. Ada banyak sekali manfaat berenang untuk anak bagi kesehatan fisik dan mental mereka.Selain itu, berenang juga merupakan momen untuk membangun kedekatan antara anak dan orangtua. Mengambil jeda sejenak di tengah aktivitas yang serba cepat tentu menyenangkan, bukan?
olahraga anaktenggelamberenang
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/infant-swimming#safetytips
Diakses 6 Desember 2019
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/148394-what-are-the-benefits-of-swimming-for-kids/
Diakses 6 Desember 2019
Swimming. https://www.swimming.org/learntoswim/the-benefits-of-baby-swimming/
Diakses 6 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait