Jangan Diremehkan, Ini Beragam Fungsi Kuku Manusia

(0)
28 Aug 2020|Azelia Trifiana
Fungsi kuku manusia adalah melindungi ujung jari dan juga memudahkan aktivitasSelain dapat dihias fungsi kuku adalah melindungi jari
Tumbuhnya kuku di seluruh jari tangan dan kaki bukannya tanpa manfaat. Ada banyak fungsi kuku mulai dari melindungi ujung jari hingga memudahkan berbagai aktivitas seperti menggaruk atau mengambil objek. Penting untuk memastikan kuku tetap bersih dan kering agar tidak memberi ruang bagi bakteri untuk berkembang biak.Kuku terbuat dari keratin, substansi serupa yang membentuk rambut dan lapisan terluar kulit. Kuku tumbuh dari akarnya yang tersembunyi di bawah kutikula. Bagian tubuh manusia ini termasuk yang pertumbuhannya lambat, yaitu sekitar 2,5 milimeter setiap bulannya.

Fungsi kuku manusia

Seberapa sering seseorang memperhatikan kesehatan kuku mereka? Rupanya, ada banyak fungsi kuku bagi kesehatan manusia. Beberapa di antaranya adalah:

1. Indikator kesehatan

Wajar jika dokter juga memeriksa kondisi kuku seseorang saat rangkaian pemeriksaan kesehatan. Jari kuku merupakan indikator kondisi kesehatan seseorang secara umum. Bahkan, bintik atau benjolan di kuku bisa menjadi indikator penyakit dan masalah entah itu di paru-paru, jantung, juga liver.

2. Membantu aktivitas

Lapisan keras pada kuku menjadikannya sebagai bagian terkeras pada tangan manusia. Adanya kuku membuat seseorang bisa melakukan berbagai aktivitas dengan mudah seperti memegang objek. Bahkan, kuku juga memiliki banyak pembuluh darah dan memastikan aliran darah tetap lancar ketika sedang menggenggam sesuatu dengan erat.

3. Melindungi dari virus dan bakteri

Fungsi kuku lainnya adalah melindungi seseorang dari virus dan bakteri agar tidak masuk ke dalam tubuh seseorang. Itulah mengapa ketika seseorang mengalami penyakit kuku, risiko terjadinya infeksi di tempat lain juga ikut meningkat.Fungsi proteksi ini juga ada pada kuku kaki yang dapat melindungi seseorang dari cedera dan infeksi. Dibandingkan dengan kuku tangan, kuku jari kaki lebih lambat tumbuhnya.

4. Mendukung gerakan motorik

Kuku jari membantu seseorang untuk melakukan gerakan motorik halus, mulai dari menggaruk atau aktivitas lainnya. Sebagai contoh, kuku memudahkan seseorang membuka halaman buku atau menggaruk rambut. Ada banyak sekali fungsi motorik yang terbantu berkat adanya kuku.

5. Tingkatkan sensitivitas

Kuku jari tangan juga meningkatkan sensitivitas seseorang ketika menyentuh suatu objek. Contohnya ketika merasakan objek yang terlalu panas atau tajam, maka saraf di sekitar kuku bisa mengirimkan sinyal ke otak untuk merespons dengan menjauhinya.

6. Bantu keseimbangan

Kuku kaki dapat membantu keseimbangan saat sedang berjalan kaki atau berlari. Tak hanya itu, fungsi kuku kaki juga meningkatkan kesadaran spasial seseorang terhadap lingkungan sekitarnya. Itulah mengapa terkadang orang yang kehilangan kuku kaki juga bermasalah dengan caranya berjalan.

Cara menjaga kesehatan kuku

Mengingat fungsi kuku yang krusial, penting untuk memastikan kuku tangan maupun kaki tetap tumbuh dengan sehat. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:
  • Menjaga kebersihan

Sebagai bagian tubuh yang pertama kali bersentuhan dengan berbagai objek, pastikan kesehatan kuku tetap terjaga. Jangan sampai membiarkan kotoran mengendap terlalu lama di bawah lapisan kuku. Selain itu, jaga agar kuku tetap kering dan tidak lembap. Ketika bersentuhan dengan substansi kimia keras, kenakan pelindung seperti sarung tangan.
  • Memotong kuku berkala

Cara menjaga kesehatan kuku lainnya adalah dengan memotongnya secara berkala. Potong lurus di bagian tengah dan sedikit melengkung di kedua ujungnya. Mengingat pertumbuhan kuku tidak terlalu cepat, memotong kuku pun tak perlu dilakukan terlalu sering. Hanya saja, pastikan untuk melakukannya secara berkala.Meskipun manusia memang tetap bisa bertahan hidup tanpa memiliki kuku sekalipun, bukan berarti fungsi kuku bisa diremehkan. Segala aktivitas menjadi lebih mudah berkat adanya kuku. Bayangkan jika kuku bukan lapisan keras dan justru melunak atau menggulung ke belakang ketika digunakan memegang suatu objek, tentu justru menyulitkan aktivitas.

Catatan dari SehatQ

Selain menjaga kebersihan kuku, penting juga untuk memantau apakah ada masalah pada kuku. Mulai dari tekstur, warna, hingga kondisi kuku bisa memberikan sinyal penyakit medis yang mungkin diderita seseorang.
hidup sehatkukupola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/why-do-we-have-nails
Diakses pada 15 Agustus 2020
Journal of Experimental Biology. https://jeb.biologists.org/content/207/5/735
Diakses pada 15 Agustus 2020
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-nails-and-health#:~:text=Nails%20and%20Health%3A%20Read%20the,show%20up%20in%20your%20nails.
Diakses pada 15 Agustus 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/nails/art-20044954
Diakses pada 15 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait