logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

Jangan Bingung! Begini Cara Mengatasi Pacar yang Sedang Marah dan Kecewa

3.3

(40)

14 Jan 2021

| Nenti Resna

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Ada beberapa cara mengatasi pacar yang sedang marah dan kecewa yang bisa Anda lakukan

Anda tidak boleh gegabah dalam mengatasi pacar yang sedang marah

Table of Content

  • Cara mengatasi pacar yang sedang marah dan kecewa

Hubungan percintaan tidak selalu berjalan dengan mulus. Ada saat di mana pertengkaran bisa terjadi, misalnya karena berselisih paham hingga masalah-masalah yang sebenarnya sepele. Pertengkaran ini pun bisa membuat Anda atau pasangan marah dan kecewa.

Advertisement

Supaya masalah ini bisa diselesaikan, ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi pacar yang sedang marah dan kecewa. Bertengkar dengan pacar sebetulnya hal yang biasa, tapi jangan sampai Anda salah menanganinya.

Cara mengatasi pacar yang sedang marah dan kecewa

Apa pun masalahnya, Anda harus dapat menyikapi pertengkaran dengan bijak. Lakukan cara mengatasi pacar yang sedang marah dan kecewa berikut ini supaya dapat diselesaikan dengan baik.

1. Jangan ikutan marah

Walaupun Anda tidak merasa dalam posisi yang salah, redam emosi Anda dan jangan turut marah. Sikap ini tidak akan membantu sama sekali dalam menyelesaikan masalah. Tenangkan diri Anda terlebih dahulu agar pasangan ikut tenang, atau setidaknya pertengkaran tidak kian membesar dan berujung dengan penyesalan.

2. Minta maaf dengan tulus

Baik Anda sengaja atau tidak sengaja menjadi penyebab kemarahan dan kekecewaan pasangan, cobalah meminta maaf dengan tulus. Meminta maaf tidak akan menurunkan harga diri Anda, hal ini justru menunjukkan kedewasaan dan sebagai bukti Anda memiliki hati yang besar.

Minta maaflah dengan tulus, bukan sekadar ingin cepat-cepat menyudahi pertengkaran atau malah sebagai sikap pasif-agresif.

3. Beri ruang dan waktu

Walaupun Anda ingin segera memperbaiki keadaan, beberapa orang mungkin perlu waktu untuk menenangkan diri dan mendinginkan kepalanya untuk berpikir jernih. Maka tidak ada salahnya untuk saling memberi ruang terlebih dahulu.

Beri dia waktu sebelum kembali membicarakan masalah yang menjadi penyebab pertengkaran. Jangan memaksakan untuk terus membahas masalah karena hal tersebut bisa membuat situasi semakin ruwet. Anda akan tahu kapan waktu yang tepat untuk kembali membicarakan dan menyelesaikan masalah tersebut.

4. Tunjukkan rasa peduli Anda

Cara mengatasi pacar yang sedang marah dan kecewa adalah dengan menunjukkan rasa peduli Anda. Walaupun dia mendiamkan Anda akhir-akhir ini karena kemarahannya, tunjukkan bahwa Anda masih peduli kepadanya.

Jika pasangan masih memiliki rasa sayang, kepedulian Anda akan membuatnya lebih mudah kembali membuka komunikasi dan memperbaiki keadaan lebih cepat. Namun ingat, jangan mendesak atau mencecarnya jika komunikasi yang Anda coba bangun masih belum mendapat tanggapan.

Baca Juga

  • 8 Cara Membahagiakan Pasangan agar Langgeng Selamanya
  • Oversharing, Perilaku yang Wajib Dihindari di Media Sosial
  • Mengenal Cinta pada Pandangan Pertama yang Mungkin Terjadi

5. Jangan curhat sembarangan

Anda mungkin perlu seseorang untuk berbagi perasaan atau untuk meminta saran. Namun, sebaiknya jangan seenaknya menceritakan pertengkaran Anda kepada orang lain.

Apalagi, jika curhatan Anda sampai ke telinga pasangan melalui orang lain. Bukan tidak mungkin, pacar Anda akan semakin marah dan masalah menjadi kian rumit.

6. Belajar mendengarkan dengan tulus

Cara mengatasi pacar yang sedang marah dan kecewa selanjutnya adalah dengan belajar mendengarkan dengan tulus.

Perhatikan apa yang menjadi alasan kemarahan dan kekecewaan pasangan Anda. Jangan potong ucapannya, biarkan ia berbicara tentang apa yang dirasakannya. Jika Anda memiliki alasan, sampaikan dengan tenang dan lembut setelah ia selesai berbicara

7. Tebus kesalahan yang telah Anda lakukan

Setelah mengetahui apa yang membuat pasangan Anda marah, segeralah tebus kesalahan Anda. Misalnya, jika pasangan marah karena Anda membatalkan janji tiba-tiba, maka penuhilah janji tersebut. Tentu saja, Anda pun tidak boleh mengulanginya lagi. Selain itu, membelikan makanan kesukaannya juga bisa membantu menunjukkan niat baik Anda.

8. Buat dia tersenyum lagi

Selanjutnya, cara mengatasi pacar yang sedang marah dan kecewa adalah dengan membuatnya tersenyum lagi. Akan lebih baik jika Anda juga bisa membuatnya tertawa. Tentunya hal ini Anda lakukan setelah kemarahannya mereda.

Pertengkaran dengan pasangan memang kerap memusingkan, tapi jika Anda tahu cara mengatasi pacar yang sedang marah dan kecewa, Anda dapat menjadikan kemarahannya sebagai jalan untuk memperkuat perasaan satu sama lain.

Tunjukkan bahwa Anda pribadi yang tenang, dewasa, terbuka pada kritik, serta bertanggung jawab terhadap kesalahan. Dengan demikian, pasangan akan dapat menilai cara Anda dalam mengatasi kemarahannya sebagai nilai positif dari diri Anda.

Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.

Advertisement

asmaramenjalin hubungan

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved