Jangan Asal Pilih Makanan untuk Rambut Rontok, Ini Nutrisi yang Harus Terpenuhi

(0)
Makanan untuk rambut rontok bisa didapatkan dari sumber alami biotinBiotin berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut
Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami orang-orang seiring bertambahnya usia. Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kerontokan rambut. Bila kerontokan disebabkan karena gizi, ada sejumlah makanan untuk rambut rontok yang bisa Anda konsumsi.Pemilihan jenis makanan ini harus disesuaikan dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Makanan untuk rambut rontok berdasarkan kandungan nutrisinya

Sama seperti anggota tubuh lain, rambut juga memerlukan asupan nutrisi yang cukup supaya dapat tumbuh sehat dan terhindar dari kerontokan. Asupan nutrisi ini sendiri bisa Anda dapat dari makanan sehari-hari. Berikut jenis nutrisi yang dibutuhkan beserta daftar makanan untuk rambut rontok:

1. Biotin

Salah satu jenis vitamin B ini mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan rambut. Makanan-makanan yang kaya akan kandungan biotin antara lain kuning telur, jeroan (hati dan ginjal), kacang-kacangan (almond, kenari, dan kacang tanah), kembang kol, dan jamur. Selain lewat makanan, Anda juga bisa mendapatkan asupan biotin dengan mengonsumsi suplemen.

2. Vitamin C

Selama ini, vitamin C memiliki peranan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin ini juga membantu menghasilkan kolagen, protein yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut dan kulit. Tidak hanya dari jeruk, Anda bisa mendapat asupan vitamin C dengan mengonsumsi makanan seperti paprika kuning, kale, bayam, kubis, peterseli, dan thyme. Sama seperti biotin, Anda juga bisa meminum suplemen atau multivitamin untuk mendapatkan asupan vitamin C.

3. Vitamin A

Dikenal dengan manfaatnya untuk menjaga kekebalan tubuh, kesehatan kulit, dan penglihatan, vitamin A merupakan nutrisi penting dalam pertumbuhan rambut. Makanan-makanan yang jadi sumber vitamin A mulai dari daging, telur, ikan, hingga produk susu. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi vitamin A secara berlebihan karena malah dapat membuat rambut menjadi rontok.

4. Vitamin D

Tidak hanya penting dalam membantu penyerapan kalsium, vitamin D memiliki beragam fungsi lain untuk tubuh, salah satunya menjaga kesehatan rambut. Rendahnya kadar vitamin D kerap dikaitkan dengan kerontokan rambut. Makanan untuk rambut rontok dengan kandungan vitamin D yang bisa Anda konsumsi seperti salmon, sarden, tuna, tiram, kuning telur, dan jamur. Selain makanan, asupan vitamin D juga bisa didapatkan dari sinar matahari pagi.

5. Vitamin E

Makanan yang mengandung vitamin E bagus untuk atasi rambut rontok
Vitamin E dapat meningkatkan pertumbuhan sel sekaligus menjaga kesehatan rambut
Berkat sifat antioksidan yang dimiliki, vitamin E dapat meningkatkan pertumbuhan sel serta menjaga kesehatan rambut. Makanan yang menjadi sumber vitamin E di antaranya kacang-kacangan, alpukat, bayam, tomat, dan biji bunga matahari.

6. Protein

Kekurangan protein bisa menyebabkan rambut mengalami kerontokan dan beragam masalah komplikasi serius. Selain ikan, telur, maupun daging, asupan protein juga bisa Anda dapatkan dari makanan-makanan seperti produk olahan kedelai, kacang-kacangan, brokoli, asparagus, bayam, dan kubis.

7. Zat besi

Rendahnya kadar zat besi dalam tubuh kerap dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk kerusakan rambut. Untuk mendapatkan asupan zat besi, Anda bisa mengonsumsi kerang, bayam, daging merah, hingga biji labu.Apabila Anda mempunyai alergi dengan makanan tertentu, segera konsultasikan hal tersebut dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberi rekomendasi suplemen atau multivitamin yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kurangnya asupan nutrisi penyebab kerontokan rambut.

Penyebab rambut mengalami kerontokan

Salah satu penyebab rambut rontok adalah perubahan hormon
Ibu hamil biasanya mengalami kerontokan rambut akibat perubahan hormon
Selama ini, sebagian besar orang menganggap kerontokan rambut disebabkan cara perawatan yang salah. Hal itu memang benar adanya, namun ada faktor lain yang menjadi penyebab dari rontoknya rambut Anda. Beberapa penyebab rambut mengalami kerontokan antara lain:
  • Perubahan hormon: kerontokan rambut bisa disebabkan oleh perubahan hormon. Kondisi-kondisi yang menyebabkan perubahan hormon dan memicu rambut rontok seperti kehamilan, persalinan, menopause, hingga masalah tiroid.
  • Kondisi medis: penyakit autoimun alopecia areata merupakan salah satu kondisi medis yang dapat membuat rambut menjadi rontok. Selain menyebabkan kerontokan rambut, penderita alopecia areata juga akan mengalami infeksi kulit kepala.
  • Efek pengobatan: kerontokan rambut dapat menjadi efek samping dari pengobatan penyakit-penyakit seperti kanker, arthritis, gangguan jantung, asam urat, tekanan darah tinggi, hingga depresi.
  • Terapi radiasi: ketika Anda menjalani terapi radiasi, rambut akan rontok dan mungkin tidak akan pernah tumbuh kembali seperti sebelumnya.
  • Stres: diguncang masalah yang menguras fisik dan emosional, stres dapat memicu kerontokan rambut. Namun, kerontokan rambut akibat stres biasanya hanya bersifat sementara, tidak permanen.
  • Perawatan rambut: kebiasaan mengikat dengan kencang, mencatok, mewarnai, maupun menggunakan bahan-bahan kimia untuk perawatan rambut juga dapat mengakibatkan kerontokan.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerontokan rambut

Jika Anda mempunyai masalah atau alergi dalam mengonsumsi makanan tertentu, masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerontokan rambut. Beberapa cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi rambut rontok, di antaranya:
  • Mengubah kebiasaan menata gaya rambut

Hindarilah style yang membuat rambut Anda terikat kencang seperti kepang dan kuncir kuda. Ketika menyisir, tahan rambut supaya tidak tertarik dengan kencang. Selain itu, pakailah sisir bergigi jarang untuk mencegah rambut tertarik hingga ke akar. Catokan dan alat pengeriting rambut juga harus dihindari untuk mencegah kerontokan rambut.
  • Mencoba terapi akupuntur

Menurut penelitian, terapi akupuntur dapat membantu mengatasi rambut rontok yang diakibatkan oleh alopecia areata. Jarum yang dimasukkan ke dalam kulit kepala bisa membantu merangsang folikel dan mendorong pertumbuhan rambut.
  • Melakukan kegiatan yang dapat menghilangkan stres

Melakukan kegiatan yang dapat mengatasi stres seperti yoga atau meditasi bisa membantu mengatasi kerontokan rambut. Menurut penelitian, yoga dan meditasi dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mendorong pertumbuhan rambut kembali.Bila kerontokan sangat parah, Anda sebaiknya menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan menentukan pengobatan yang sesuai untuk kasus rambut rontok yang Anda alami, misalnya meresepkan obat, melakukan terapi, hingga prosedur tranplantasi rambut.
rambut rontoknutrisikesehatan rambut
Healthline. https://www.healthline.com/health/hair-loss-ketosis
Diakses pada 8 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/hair-loss-treatment-for-women
Diakses pada 8 September 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hair-loss/symptoms-causes/syc-20372926
Diakses pada 8 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait