Jangan Asal Pilih, Ini Tips Memilih Sex Toys yang Aman dan Tepat

Tips memilih mainan seks
Selain untuk kepuasan diri sendiri, sex toys bisa digunakan saat Anda berhubungan seksual dengan pasangan

Mainan seks alias sex toys mungkin masih tabu bagi sebagian kalangan. Tak sedikit yang menafsirkan bahwa sex toys hanya dapat memuaskan salah satu pihak semata atau dianggap sebagai mainan orang cabul.

Padahal, penggunaan mainan seks justru bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan gairah dan sensasi saat bercinta bagi pasangan suami istri.

Jika Anda menginginkan hal yang berbeda saat berhubungan intim, tak ada salahnya menggunakan mainan seks. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda memilih sex toys.

Tips memilih sex toys yang tepat untuk meningkatkan gairah bercinta

Menggunakan sex toys saat bercinta dapat membantu merangsang pria dan wanita mencapai orgasme. Selain itu, penggunaan mainan seks juga dapat memperbaiki kesehatan fisik dan mental pasangan.

Nah, jika ini kali pertama Anda memilih mainan seks, ketahui cara memilih sex toys dalam artikel berikut ini:

1. Pilih sesuai rangsangan yang diinginkan

Tips utama dalam memilih sex toys adalah penting untuk mengenal tubuh Anda terlebih dahulu dan jenis stimulasi apa yang Anda nikmati atau inginkan.

Apakah Anda ingin menggunakan mainan seks untuk pengalaman seksual pasangan, atau untuk bermain seorang diri? Atau apakah Anda ingin menggunakan sebagai rangsangan pada klitoris atau untuk penetrasi?

Jika Anda ingin distimulasi melalui sentuhan klitoris atau melalui getaran, pilih vibrator yang dapat memberikan kecepatan dan intensitas getaran langsung ke area G-spot Anda.

Sementara, jika Anda mencari vibrator yang dapat digunakan bersama pasangan, pilih kecepatan dan intensitas yang lebih sedikit.

Menentukan area yang ingin Anda stimulasi atau nikmati dan cara menggunakan sex toys sangat penting untuk memilih jenis vibrator yang tepat.

2. Pilih jenis sex toys

Ada berbagai jenis mainan seks yang bisa Anda pilih sesuai rangsangan yang Anda inginkan, di antaranya

  • Vibrator internal: memiliki bentuk yang menyerupai penis sehingga cocok bagi Anda yang ingin menikmati penetrasi dan stimulasi G-spot.
  • Vibrator eksternal: biasanya ini digunakan bagi Anda yang tidak suka melakukan penetrasi atau membutuhkan stimulasi pada klitoris selama penetrasi baik dengan atau tanpa pasangan. Bentuk vibrator eksternal cenderung bervariasi, tetapi tidak berbentuk silinder.
  • Vibrator combo: bentuk vibrator ini memiliki kombinasi stimulasi internal dan eksternal yang sering disebut juga dengan vibrator kelinci. Vibrator combo bentuknya menyerupai dildo guna merangsang area G-spot dan klitoris secara bersamaan.
  • Vibrator penis: jenis vibrator ini menyerupai cincin dan cocok digunakan bagi pria yang sulit mencapai orgasme saat berhubungan seksual. Menggunakan vibrator penis dapat menambah rangsangan saat Anda berhubungan seks atau melakukan masturbasi.

3. Memilih bahan yang tepat

Tips memilih sex toys berikutnya adalah memilih bahan yang tepat. Ya, sebelum memutuskan membeli sex toys, pastikan Anda memilih bahan yang aman dan tepat bagi tubuh Anda. Misalnya, bahan sex toys yang terbuat dari silikon, kaca, logam, plastik, atau kayu.

Kendati demikian, bahan sex toys yang disarankan adalah terbuat dari silikon. Silikon tidak berpori, nyaman digunakan, mudah dibersihkan dengan air hangat, serta aman digunakan dengan pelumas berbahan dasar air sehingga cocok digunakan bagi pemula.

Sebaiknya, hindari sex toys dengan bahan dasar jelly. Pasalnya, mainan seks berbahan dasar jelly dapat menimbulkan sensasi terbakar pada area genital.

Jadi, sebelum membeli, pastikan area sensitif mana yang akan aman untuk menggunakan mainan seks. Jika Anda menggunakan sex toys guna merangsang area genital, sebaiknya pikirkan baik-baik sebelum memakainya.

4. Memperhatikan ukuran

Selain bahan, ada berbagai macam ukuran mainan seks yang dapat dipilih. Pastikan untuk memperhatikan ukuran yang tepat saat Anda membeli sex toys. Sebab, ukuran yang tepat juga dapat membantu Anda dan pasangan mencapai kepuasan seks dan stimulasi yang diinginkan.

Ukuran sex toys tidak hanya sekadar panjangnya, melainkan ketebalannya pun perlu diperhatikan. Kedua aspek tersebut memegang peranan penting dalam hubungan seksual yang Anda dan pasangan lakukan.

Vibrator internal dapat bervariasi mulai dari ukuran 1-5 jari. Sedangkan, vibrator eksternal dapat berkisar mulai dari peluru tiga inci hingga tongkat sihir besar.

Vibrator anal cenderung sedikit lebih kecil atau memiliki beberapa ukuran karena biasanya anus membutuhkan lebih banyak cairan pelumas. Kemudian, vibrator yang berfokus pada penis sering meregang untuk mengakomodasi ukuran penis yang berbeda.

5. Pertimbangkan biaya

Pilihlah jenis vibrator dengan harga terjangkau yang memberikan berbagai pilihan yang Anda sukai.

Akan lebih baik lagi apabila Anda mengunjungi toko seks dan menguji beberapa vibrator di tangan Anda guna merasakan sensasi tersebut. Terutama bagi Anda yang pemula, sebaiknya perhatikan dan pertimbangkan biaya, ukuran, dan keserbagunaannya.

6. Perhatikan bentuknya

Pastikan untuk memilih sex toys yang Anda sukai dan Anda inginkan. Jangan sampai memilih mainan seks ala kadarnya karena sex toys bertujuan untuk meningkatkan gairah seks Anda.

Tak ada salahnya apabila Anda menilai bentuk sex toys yang dipilih benar-benar menarik minat atau tidak. Jika Anda salah memilih sex toys tanpa memikirkan bagaimana bentuknya maka bukan tidak mungkin dapat menurunkan minat memakainya.

Maka dari itu, pastikan Anda menyukai warna, bentuk, dan bagaimana sex toys dapat menstimulasi Anda.

Sebelum menggunakan sex toys, pastikan membaca petunjuk penggunaan produk guna mengetahui pemakaian yang benar. Selain itu, baca pula petunjuk penyimpanan yang ada di label produk.

Jika Anda merasa ragu dalam memilih sex toys, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu guna mendapatkan rekomendasi mainan seks yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/vibrator-how-to-buy

Diakses pada 27 Januari 2020

CBC Life. https://www.cbc.ca/life/wellness/how-to-choose-the-right-sex-toys-and-tools-for-you-1.5033157

Diakses pada 27 Januari 2020

Good House Keeping. https://www.goodhousekeeping.com/uk/health/sexual-health/a578819/how-to-choose-the-right-vibrator-tips-advice/

Diakses pada 27 Januari 2020

Artikel Terkait

Banner Telemed