Jangan Asal, Pahami Cara Membersihkan Wajah yang Benar agar Kulit Tetap Sehat


Memahami cara membersihkan wajah yang benar sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit muka. Jika dilakukan secara sembarangan, risiko iritasi dan munculnya jerawat di wajah akan semakin meningkat.

(0)
Cara membersihkan wajah agar muka terbebas dari jerawatCara membersihkan wajah dengan benar agar kulit tetap sehat
Setelah menghabiskan waktu seharian di luar, wajah tentunya akan dipenuhi dengan kotoran. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk membersihkan wajah dengan tujuan menjaga kesehatan kulit muka. Meski begitu, cara membersihkan wajah tidak hanya sekedar menggosokkan sabun ke wajah, lalu membilasnya dengan air bersih. Beberapa hal perlu Anda perhatikan saat mencuci muka agar kotoran dapat terangkat dengan sempurna dan kulit wajah tetap sehat.

Cara membersihkan wajah dengan benar

Cara membersihkan wajah tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Bukannya membuat wajah menjadi bersih, membersihkan wajah dengan cara yang sembarangan malah dapat berpotensi merusak kesehatan kulit muka.Berikut ini beberapa cara membersihkan wajah dengan benar yang bisa Anda terapkan sehari-hari:

1. Bersihkan make up terlebih dahulu secara menyeluruh

Setelah beraktivitas atau sebelum tidur, jangan lupa untuk membersihkan make up yang masih menempel pada wajah Anda. Tindakan ini bertujuan untuk membersihkan bahan kimia yang mungkin ada dalam make up Anda dan mencegah agar pori-pori kulit wajah tidak tersumbat oleh sisa make up. Anda bisa menggunakan cleansing oil untuk mengangkat make up di wajah

2. Cuci muka dengan air hangat, jangan terlalu panas

Banyak orang yang mengatakan bahwa mencuci muka menggunakan air panas bisa membantu mengangkat kotoran dari wajah dengan memperlebar pori-pori. Faktanya, suhu air yang terlalu panas malah akan membuat kulit wajah Anda mengalami iritasi. Supaya terhindar dari risiko itu, cucilah muka memakai air hangat.

3. Bersihkan kotoran di wajah dengan micellar water

Salah satu cara membersihkan wajah adalah dengan menggunakan micellar water
Micellar water dapat membantu memecah kotoran yang menempel di wajah
Kandungan molekul yang ada di dalam micellar water dapat membantu memecah kotoran atau riasan yang menempel di wajah. Bagi yang tidak menggunakan make up, Anda dapat memakai micellar water untuk membersihkan wajah. Jika Anda merupakan pengguna riasan, masih perlu untuk mencuci wajah dengan sabun muka meski setelah menggunakan micellar water.

4. Mengeringkan wajah dengan handuk bertekstur lembut

Usai mencuci muka, tepuk-tepuk air yang masih menempel pada wajah menggunakan handuk lembut. Membiarkan wajah tetap basah tidak membuat kulit Anda terhidrasi, malah berpotensi membuatnya menjadi kering.

5. Memakai pembersih sesuai takaran yang dianjurkan

Saat mencuci muka, gunakan sabun atau pembersih dengan takaran sesuai seperti yang telah dianjurkan. Memakai produk pembersih dengan takaran kurang maupun melebihi anjuran bisa membuat hasil yang Anda dapatkan jadi tidak maksimal.

6. Akhiri dengan toner

Setelah selesai mencuci muka, jangan lupa untuk menggunakan toner. Fungsi toner bukanlah untuk membersihkan muka, melainkan membantu mengatur kadar pH kulit wajah Anda supaya terlindungi dari serangan bakteri berbahaya.

Tindakan yang sebaiknya dihindari saat membersihkan wajah

Ada beberapa tindakan yang harus Anda hindari ketika membersihkan wajah. Apabila nekat dilakukan ketika membersihkan muka, tindakan-tindakan ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit wajah Anda.

1. Menggunakan sabun untuk badan

Sabun untuk badan, khususnya batangan, berpotensi mengubah keseimbangan pH kulit wajah Anda. Kondisi tersebut meningkatkan risiko pertumbuhan jamur dan bakteri di muka. Jika Anda hendak menggunakan sabun batangan, pastikan produk tersebut memang memiliki kegunaan untuk membersihkan muka.Selain itu, hindari juga penggunaan sabun wajah yang menimbulkan busa. Sabun yang berbusa dapat menghilangkan minyak alami dari kulit Anda.

2. Menggosok wajah dengan keras saat mencuci wajah

Menggosok dengan keras ketika membersihkan wajah dapat menghilangkan minyak alami yang ada pada wajah. Cara membersihkan wajah yang benar adalah dengan menggosoknya secara perlahan menggunakan ujung jari selama 1 atau 2 menit.Setelah melakukan pijatan lembut ke wajah, tunggu selama 60 hingga 90 detik agar pembersih muka yang Anda gunakan bekerja dengan baik. Untuk membersihkan muka, pilihlah produk yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, dan asam laktat.

3. Membersihkan muka hanya sampai pipi

Kesalahan dalam membersihkan wajah adalah hanya berfokus pada bagian pipi saja
Jangan berhenti pada bagian pipi saja ketika mencuci muka
Selama ini, banyak orang yang berhenti pada bagian pipi saat membersihkan wajah. Padahal, rahang dan leher Anda rentan mengalami penumpukan kotoran. Maka dari itu, jangan berhenti pada bagian pipi saja ketika mencuci muka.

4. Mencuci wajah terlalu sering

Jangan membersihkan wajah terlalu sering. Cuci muka Anda sebanyak dua kali dalam sehari, tepatnya ketika bangun tidur dan malam hari sebelum beristirahat. Selain itu, bersihkan muka setelah melakukan aktivitas yang memicu keluarnya banyak keringat. Apabila tak dibersihkan, keringat dapat mengiritasi kulit wajah.

5. Melakukan eksfoliasi berlebihan

Kulit punya pelindung alami untuk menjaga kelembapan sekaligus melindunginya dari kotoran. Melakukan eksfoliasi secara berlebihan dapat merusak lapisan pelindung alami kulit. Rusaknya lapisan pelindung tersebut membuat kulit Anda lebih mudah iritasi dan terserang jerawat.

Catatan dari SehatQ

Supaya kesehatan kulit tetap terjaga, setiap orang perlu mengetahui cara membersihkan wajah yang benar setelah seharian beraktivitas. Jika tidak dilakukan dengan benar, masalah-masalah kesehatan kulit seperti iritasi hingga timbulnya jerawat berpotensi muncul.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai cara membersihkan wajah yang benar, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makeupkulit sehatjerawatperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/face-washing-how-to
Diakses pada 5 Februari 2021
American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/care/face-washing-101
Diakses pada 5 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait