Jangan Asal, Begini Cara Menggosok Gigi yang Benar Pada Anak

(0)
Mengajarkan cara menggosok gigi yang benar pada anak perlu dilakukan sedini mungkinSaat anak sudah mencapai usia 3 tahun, Anda bisa mengajarinya untuk menyikat gigi sendiri
Mengajarkan cara menggosok gigi yang benar pada anak harus dilakukan oleh para orangtua sedini mungkin. Tidak hanya akan menjadi bekal di masa mendatang, langkah ini juga berguna untuk menjaga kesehatan mulut dan mencegah kerusakan pada gigi anak sejak masih kecil.

Kapan waktu yang tepat untuk anak belajar menyikat gigi?

Gigi pertama anak biasanya akan muncul ketika ia memasuki usia 6 bulan. Pada saat itu, Anda dapat mulai memperkenalkan aktivitas menyikat gigi kepada anak. Bersihkan gigi anak Anda menggunakan kain halus basah atau sikat gigi mungil dengan bulu sikat yang lembut.Ketika anak mulai tumbuh, mintalah buah hati Anda untuk mulai menyikat giginya sendiri. Tidak ada patokan pasti mengenai kapan waktu yang tepat untuk belajar menyikat gigi, namun dokter biasanya akan menyarankan untuk menunggu hingga empat gigi anak muncul dalam satu baris.Selain itu, ada juga yang menyarankan untuk menunggu setidaknya hingga anak berusia 2 atau 3 tahun. Maka dari itu, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi terkait waktu yang tepat untuk mengajari anak menggosok gigi.

Cara menggosok gigi yang benar pada anak

Cara menggosok gigi yang benar pada anak
Cara anak menyikat gigi akan meniru apa yang orangtuanya ajarkan
Sebelum meminta anak untuk melakukan tugasnya sendiri, Anda bisa memberikan contoh cara menyikat gigi yang benar. Nantinya, berikan pengertian pada anak untuk meniru apa yang telah Anda ajarkan. Berikut cara menggosok gigi yang benar pada anak:
  • Pegang sikat gigi dengan sudut 45 derajat ke arah gusi dan gigi
  • Mulailah menyikat dari gigi yang berada pada bagian belakang sebelum kemudian beralih ke depan
  • Sikat gigi anak Anda secara lembut dan perlahan dengan gerakan seolah tengah membentuk lingkaran
  • Ketika menyikat bagian belakang gigi depan anak Anda, pastikan ujung sikat dalam posisi vertikal sehingga memudahkan dalam membersihkan kotoran
  • Bersihkan pinggiran gusi dengan lembut dan perlahan
  • Sikat pangkal lidah dengan lembut dan perlahan untuk membersihkan bakteri yang ada
  • Jika sudah menggunakan pasta gigi, minta anak Anda untuk memuntahkannya setelah selesai menyikat gigi
  • Kumur-kumur untuk memastikan tidak ada pasta gigi yang tertinggal dalam mulut
  • Setelah selesai, bilas sikat gigi dengan air bersih dan keringkan
Perlu Anda ingat, pasta gigi baru boleh dipakai ketika usia anak telah lebih dari 18 bulan dan telah dapat mengeluarkan air dari dalam mulut. Ketika masih berusia di bawah 18 bulan, Anda cukup menyikat gigi anak hanya dengan menggunakan air. Supaya lebih aman, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk meminta rekomendasi pasta gigi yang tepat dan aman untuk anak Anda.

Tips agar anak mau menggosok gigi

Saat diminta menyikat gigi, anak terkadang malas-malasan dan memilih untuk tidak melakukan kewajibannya tersebut. Untuk meningkatkan kemauan anak menggosok gigi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Membiarkan anak memilih sikat dan pasta giginya sendiri

Untuk meningkatkan kemauan anak Anda menggosok gigi, biarkan Si Kecil menentukan sikat dan pasta gigi apa yang hendak dipakainya. Memberi anak kesempatan untuk memilih sikat dan pasta gigi sesuai keinginannya sendiri dapat meningkatkan semangatnya untuk menyikat gigi.

2. Menyikat gigi secara bergantian

Beri kesempatan pada anak untuk belajar menyikat giginya sendiri. Jika Anda merasa khawatir giginya tidak disikat secara benar dan bersih, ajarilah anak dengan melakukannya secara bergantian.Sebagai contoh, mintalah anak untuk menggosok giginya sendiri pada pagi hari. Pada malam hari, giliran Anda yang bertugas untuk menyikat gigi anak, sambil mengajari Si Kecil cara untuk melakukannya dengan baik dan benar. 

3. Menyikat gigi secara bersamaan

Menggosok gigi bersama dapat mendorong anak untuk meniru sesuai apa yang sedang Anda lakukan. Pergunakanlah kesempatan tersebut untuk mengajari anak Anda cara menyikat gigi yang benar. Selain itu, Anda juga bisa mengajak anak untuk berlomba agar aktivitas ini terasa asik dan menarik di matanya.

4. Memberi pujian

Ketika anak telah selesai menyikat gigi, berikanlah pujian untuk memicu semangatnya, Selain itu, mintalah dokter gigi untuk memberi anak Anda pujian ketika berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Mendapatkan pujian dari orang lain dapat memicu semangat anak untuk berbuat lebih baik lagi ke depannya.Mengajarkan cara menggosok gigi yang benar pada anak perlu dilakukan sedini mungkin agar kesehatan gigi dan mulut buah hati Anda selalu terjaga. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kesehatan gigi dan mulut anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di AppStore dan Google Play.
kesehatan anakkesehatan gigikesehatan muluttumbuh kembang anak
BetterHealth. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/toothbrushing-children
Diakses pada 17 September 2020
WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/guide/brushing-flossing-child-teeth
Diakses pada 17 September 2020
Parenting FirstCry. https://parenting.firstcry.com/articles/simple-tips-on-how-to-teach-toddler-to-brush-teeth/
Diakses pada 17 September 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/toddler-health/learning-to-brush-teeth.aspx
Diakses pada 17 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait