Mengupas Nutrisi Jamur Kancing, Jamur Paling Banyak Dibudidayakan di Dunia

Jamur kancing amat bernutrisi dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan
Jamur kancing amat bernutrisi dan mengandung beragam jenis molekul antioksidan

Apabila Anda pecinta capcay, Anda mungkin sering menemukan jamur kancing. Jamur ini memang memiliki rasa yang gurih dan bisa dicampurkan ke berbagai hidangan. Namun yang terpenting, jamur ini juga menawarkan segudang nutrisi dan beberapa manfaat kesehatan. Apa saja manfaat tersebut?

Jamur kancing dan nutrisinya yang menakjubkan

Jamur kancing (Agaricus bisporus) merupakan jenis jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Jamur ini memiliki batang yang kecil, tudung yang lembut, dan rasa yang ringan. Jamur kancing pun banyak dicampurkan ke dalam berbagai sajian.

Jamur kancing
Jamur kancing merupakan pangan rendah kalori namun tinggi protein

Jamur kancing merupakan salah satu makanan yang bernutrisi. Berikut ini kandungan gizi jamur kancing dalam setiap 96 gramnya:

  • Kalori: 21
  • Karbohidrat: 3 gram
  • Serat: 1 gram
  • Protein: 3 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Vitamin D: 33% dari kebutuhan harian
  • Selenium: 16% dari kebutuhan harian
  • Fosfor: 12% dari kebutuhan harian
  • Folat (vitamin B9): 4% dari kebutuhan harian

Seperti yang tercantum di kandungan gizi atas, jamur kancing tinggi akan protein namun rendah lemak dan kalori. Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk meningkatkan asupan protein apabila Anda tidak mengonsumsi daging.

Manfaat jamur kancing untuk kesehatan tubuh

Sebagai makanan sehat, jamur kancing menawarkan beragam manfaat kesehatan. Apa saja manfaat tersebut?

1. Menurunkan risiko kanker

Jamur kancing mengandung banyak nutrisi yang memiliki sifat antioksidan, seperti polifenol, polisakarida, selenium, dan vitamin C. Dengan kandungannya tersebut, jamur kancing dilaporkan dapat menurunkan risiko kanker.

Molekul antioksidan berperan dalam mencegah tekanan oksidatif, kondisi yang memicu kerusakan sel akibat radikal bebas berlebih. Tekanan oksidatif dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Riset lanjutan masih diperlukan untuk memastikan khasiat jamur kancing ini. Sebab, kebanyakan studi masih berfokus pada nutrisi yang memang terkandung di jamur kancing, bukan bagaimana efek jamur kancing terhadap risiko penyakit.

2. Mengendalikan kadar gula darah

Polisakarida yang terkandung dalam jamur kancing tak hanya bersifat antioksidan. Menurut studi, seperti yang dimuat dalam jurnal International Journal of Biological Macromolecule, polisakarida dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Selain itu, studi juga melaporkan bahwa polisakarida dalam jamur kancing dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

3. Memelihara kesehatan jantung

Jamur kancing mengandung ergothioneine dan beta glucan. Beta glucan merupakan jenis serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Sementara itu, ergothioneine juga dilaporkan dapat menurunkan kadar trigliserida. Trigliserida dan kolesterol yang tidak dikendalikan dapat memicu masalah jantung.

Sebagai tambahan, ergothioneine juga dapat menghambat perkembangan plak di pembuluh darah. Plak di pembuluh darah dapat menjadi faktor risiko yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan stroke.

4. Menjaga kesehatan usus

Polisakarida, seperti yang terkandung dalam jamur kancing, juga dapat bertindak sebagai prebiotik. Prebiotik dapat bermanfaat untuk bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan, sehingga makanan ini juga berpotensi untuk menjaga kesehatan usus.

Masak jamur kancing ke beragam hidangan

Jamur kancing yang segar memiliki masa hidup yang sebentar, yakni 3-4 hari. Oleh sebab itu, jamur ini sering dijual melalui pengalengan, pengeringan, atau pembekuan. Apabila Anda membeli produk jamur kancing yang dikeringkan, Anda bisa merendamnya dalam air untuk membuatnya kembali basah.

Jamur kancing pun sebenarnya bisa dimasak atau langsung dimakan mentah. Walau begitu, apabila Anda membeli jamur kancing beku atau kaleng, Anda disarankan untuk memasaknya terlebih dahulu.

Beberapa ide untuk mengolah jamur kancing, yaitu:

  • Mencampurkan irisan jamur kancing mentah ke sepiring salad
  • Tumis dengan sedikit minyak zaitun, lalu tambahkan bawang putih, rosemary, sedikit garam, dan lada
  • Mencampurkannya ke dalam adonan telur dadar
  • Memanggangnya untuk dijadikan camilan sehat
Jamu kancing panggang
Jamur kancing panggang dapat menjadi camilan sehat

Catatan dari SehatQ

Jamur kancing mengandung banyak nutrisi termasuk molekul antioksidan. Nutrisi jamur kancing memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Plus, rasanya yang enak cocok untuk Anda santap ke berbagai jenis hidangan.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/white-mushroom-nutrition
Diakses pada 30 Januari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30594618
Diakses pada 30 Januari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6331815
Diakses pada 30 Januari 2020

Artikel Terkait