Jambu Biji Mengandung Vitamin C yang Tinggi, Apa Vitamin Lainnya?


Jambu biji mengandung vitamin yang cukup beragam, terutama vitamin C yang kadarnya amat tinggi. Vitamin jambu biji lainnya yaitu vitamin A, E, K, dan beberapa vitamin B.

(0)
11 Mar 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Jambu biji mengandung vitamin C yang kadarnya melebihi buah jerukVitamin jambu biji yang utama adalah vitamin C
Jika ditanya jenis buah yang mengingatkan akan masa kecil, maka jambu biji mungkin menjadi salah satunya. Rasanya yang asam manis namun menyegarkan memberikan candu tersendiri saat menikmatinya. Selain legit, jambu biji juga menawarkan beragam jenis vitamin. Jambu biji mengandung vitamin apa saja? Simak selengkapnya.

Jambu biji mengandung vitamin yang beragam

Buah jambu biji mengandung vitamin berikut ini:

1. Vitamin C

Vitamin jambu biji yang utama adalah vitamin C. Bahkan, kadar vitamin C dalam buah jambu biji melebihi buah jeruk – membuatnya cocok untuk dijadikan variasi snack sehat dan menyegarkan. Setiap 55 gram daging buah jambu biji mengandung vitamin C dengan kadar hingga 126 miligram. Tak tanggung-tanggung, kadar tersebut dapat mencukupkan kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin C sekitar 206%.Vitamin C memainkan berbagai peranan penting bagi tubuh. Vitamin ini diperlukan untuk sistem imun, perlindungan sel, mempercepat penyembuhan luka, kesehatan kulit, hingga kesehatan tulang dan tulang rawan.

2. Vitamin A

Jambu biji mengandung vitamin A dalam bentuk provitaminnya. Namun memang, kadarnya sangat jauh dibandingkan kadar vitamin C. Setiap 55 gram daging buah jambu biji menawarkan vitamin A dengan kadar 343 IU. Kadar tersebut dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 7%.Vitamin A diperlukan tubuh untuk menjaga fungsi imun, kesehatan kulit, dan kesehatan indera penglihatan.

3. Vitamin B9 

Kandungan vitamin jambu biji lainnya yakni folat atau vitamin B9. Vitamin ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil demi menurunkan risiko cacat tabung saraf pada bayi. Vitamin B9 juga terlibat dalam produksi sel darah merah sehat.Setiap 55 gram daging buah jambu biji dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin B9 hingga 7%.

4. Vitamin B6

Selain folat, buah jambu biji turut mengandung vitamin B6 atau piridoksin. Vitamin ini berperan penting dalam penggunaan dan penyimpanan energi dari makanan serta dalam produksi hemoglobin.Setiap 55 gram daging buah jambu biji menawarkan vitamin B6 dengan kadar 0,1 miligram. Kadar tersebut dapat mencukupkan kebutuhan harian tubuh sekitar 3%.

5. Vitamin B3

Vitamin jambu biji lainnya yakni niasin atau vitamin B3. Sama seperti vitamin B6, setiap 55 gram jambu biji dapat memenuhi hingga 3% dari kebutuhan harian tubuh – atau dengan kadar sekitar 0,6 miligram.Niasin atau vitamin B3 berperan dalam pelepasan energi dari makanan. Vitamin ini juga dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan saraf dan kulit.

6. Vitamin B5

Jambu biji mengandung vitamin B5 atau asam pantotenat dalam kadar  yang sedikit. Setiap 55 gram jambu biji dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin B5 sekitar 2%.

7. Vitamin B1

Kandungan vitamin jambu biji lainnya yakni vitamin B1 atau tiamin. Namun, kadarnya juga tak begitu signifikan. Setiap 55 gram jambu biji menawarkan vitamin B1 yang ‘hanya’ mencukupkan 2% kebutuhan harian tubuh.

8. Vitamin E

Buah jambu biji ternyata turut mengandung vitamin E. Kadar vitamin E dalam buah jambu biji ‘hanya’ sekitar 0,4 miligram – mencukupkan kebutuhan harian tubuh hingga 2%.

9. Vitamin K

Diperlukan tubuh dalam mekanisme pembekuan darah, vitamin K juga menjadi salah satu kandungan vitamin jambu biji. Jambu biji mengandung vitamin K dengan kadar sekitar 1,4 mikrogram – mencukupkan kebutuhan harian tubuh sekitar 2%.

Jambu biji menawarkan beragam manfaat kesehatan

Karena jambu biji mengandung vitamin dan beragam nutrisi lain, konsumsinya dikaitkan dengan manfaat berikut ini:
  • Menyehatkan jantung
  • Memelihara sistem pencernaan
  • Cocok untuk disisipkan dalam diet
  • Menjaga kinerja daya tahan tubuh
  • Memelihara kesehatan kulit

Catatan dari SehatQ

Jambu biji mengandung vitamin yang cukup beragam, terutama vitamin C yang kadarnya luar biasa tinggi. Kandungan vitamin jambu biji lainnya yaitu vitamin A dan beberapa jenis vitamin B.Apabila masih memiliki pertanyaan terkait vitamin jambu biji, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi nutrisi terpercaya.
vitamin cbuah dan sayurandaun jambu biji
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/8-benefits-of-guavas
Diakses pada 2 Maret 2021
National Health Service. https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/vitamin-a
Diakses pada 2 Maret 2021
National Health Service. https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/vitamin-b
Diakses pada 2 Maret 2021
Nutrition Data. https://nutritiondata.self.com/facts/fruits-and-fruit-juices/1927/2
Diakses pada 2 Maret 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-guava
Diakses pada 2 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait