Jaga Sendi Anda dengan Vitamin Sendi Ini

(0)
15 Aug 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu vitamin sendi adalah vitamin DVitamin D termasuk salah satu vitamin sendi
Seiring waktu, sendi dapat mengalami penuaan sehingga rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah nyeri sendi, yang sering kali dapat mengganggu kualitas hidup karena membatasi kebebasan bergerak penderitanya. Sebagai solusinya, Anda dapat mengonsumsi vitamin sendi, misalnya vitamin D, untuk menjaga kesehatan sendi.  Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D, khususnya setelah berusia di atas 50 tahun, cenderung mengalami sakit pada sendi pinggul dan lutut. Selain itu, berdasarkan hasil studi lainnya, penderita rematik atau rheumatoid arthritis kebanyakan memiliki kandungan vitamin D rendah di dalam tubuhnya.Tidak hanya terbatas pada vitamin D, ada pula jenis nutrisi lainnya yang turut memengaruhi fungsi sendi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai mengonsumsi nutrisi dan vitamin sendi berikut untuk menjaga kesehatan dan fungsi sendi hingga usia lanjut.

Jenis-jenis nutrisi dan vitamin sendi

Berikut ini adalah jenis-jenis nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan sendi agar kesehatannya selalu terjaga.

1. Vitamin D

Orang yang mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin D cenderung mengalami nyeri sendi yang lebih sering. Vitamin D sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan sendi karena vitamin ini dapat membantu tubuh dalam menyerap kalsium.Tubuh Anda dapat memproduksi vitamin D secara alami pada bagian kulit yang terkena paparan sinar matahari. Untuk mendapatkannya, Anda cukup berjemur sekitar 10-15 menit tanpa tabir surya di bawah sinar matahari sebelum jam 10 pagi.Jika Anda jarang terkena sinar matahari, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin D atau makanan yang telah diperkaya dengan vitamin D, seperti ikan salmon atau tuna hingga minyak hati ikan.

2. Minyak ikan

Asam lemak omega-3 yang terdapat pada minyak ikan sering kali dihubungkan dengan kesehatan jantung dan juga kulit. Tapi lebih jauh lagi, asam lemak omega-3 juga berperan dalam menyokong kesehatan sendi. Omega-3 mampu mencegah enzim-enzim tertentu merusak sendi Anda. Asam lemak ini bahkan juga mampu meredakan peradangan.Minyak ikan yang kaya akan omega-3 sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita nyeri lutut akibat rheumatoid arthritis (rematik). Asam lemak omega-3 dapat diperoleh dengan mengonsumsi ikan berlemak, seperti salmon dan tuna; kacang-kacangan; serta suplemen minyak ikan kod.

3. Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang dikenal sangat baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Nutrisi ini berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi sekaligus menjaganya agar tetap sehat.Mengonsumsi cukup kalsium dapat membantu meredakan rasa nyeri dan peradangan pada sendi, khususnya pada daerah lutut. Sumber utama kalsium dapat diperoleh dari susu, keju, dan yogurt.

4. Glukosamin

Glukosamin merupakan gula alami yang terdapat dalam cairan di sekitar sendi. Nutrisi ini dapat membantu mengatasi rasa sakit pada sendi karena mampu membentuk kembali tulang dan mencegah tulang rawan mengalami penuaan.Glukosamin juga sangat baik bagi orangtua yang mengalami osteoarthritis. Nutrisi ini mampu meringankan peradangan yang menyebabkan rasa sakit pada sendi. Kadar glukosamin dalam tubuh cenderung berkurang seiring bertambahnya usia.Sumber glukosamin bisa didapatkan pada tulang hewan, sumsum tulang, kerang, dan jamur. Glukosamin dalam bentuk suplemen biasanya bersumber dari cangkang kerang. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen glukosamin yang tersedia dalam bentuk sintetis.

5. Kondroitin

Biasanya kondroitin digunakan bersama-sama dengan glukosamin untuk mencegah nyeri sendi dan membentuk kembali tulang rawan. Kondroitin terkadang disarankan bagi penderita osteoarthritis karena telah menunjukkan manfaat dalam mengatasi penyakit tersebut.Kondroitin merupakan kandungan alami pada jaringan hewan, terutama jaringan ikat. Tulang rawan pada hewan juga memiliki kandungan kondroitin yang tinggi. Namun, sumber-sumber ini memiliki kandungan jauh lebih rendah daripada dosis yang diberikan dalam suplemen kondroitin. Beberapa suplemen kondroitin berasal dari sumber hewani, seperti tulang rawan sapi atau ikan hiu.Dengan mengonsumsi berbagai nutrisi dan vitamin sendi di atas secara rutin, niscaya kesehatan sendi Anda dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari berbagai masalah, seperti nyeri atau radang sendi.
nyeri sendipenyakit sendi
Healthline
https://www.healthline.com/health/vitamin-d-and-joint-pain
Diakses 1 Agustus 2020
Medical News Today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/265748
Diakses 1 Agustus 2020
Jointflex
https://www.jointflex.com/top-5-vitamins-healthy-joints/
Diakses 1 Agustus 2020
Avogel UK
https://www.avogel.co.uk/health/muscles-joints/joint-pain/4-vitamins-and-minerals-for-healthy-joints/
Diakses 1 Agustus 2020
Web MD
https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-chondroitin
Diakses 1 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait