Jaga Daya Tahan Tubuh, Inilah 7 Manfaat Daging Domba untuk Kesehatan

Salah satu manfaat daging domba adalah sumber protein untuk tubuh
Selain daging sapi, kambing, dan ayam, daging domba juga dapat dijadikan pilihan daging lain untuk dikonsumsi.

Daging domba tidak kalah pamor dari daging sapi dan kambing. Bila dimasak dengan cara yang benar, daging domba akan memberikan tekstur yang empuk dan cita rasa yang menggoyang lidah.

Selain memiliki rasa daging yang khas, daging domba juga memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Beberapa manfaat daging domba yang jarang diketahui adalah menjaga kepadatan otot dan menanggulangi anemia.

Manfaat daging domba bagi kesehatan

Daging domba dapat diolah menjadi beragam masakan, mulai dari steak sampai lamb chop. Selain mendapatkan tekstur dan rasa yang enak, Anda juga dapat merasakan berbagai manfaat daging domba, seperti:

1. Mencegah anemia

Rasa lelah dan lemas yang dirasakan oleh penderita anemia tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya zat besi dalam tubuh.

Untungnya, daging domba dapat menjadi salah satu pilihan penambah zat besi yang juga dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Selain zat besi, daging domba juga mengandung senyawa zinc yang diperlukan untuk mempertahankan daya tahan tubuh.

Zinc tidak hanya berfungsi untuk menjaga sistem imun tubuh, tetapi juga penting untuk penyembuhan luka, pembentukan protein dan DNA, serta membantu tumbuh-kembang anak.

3. Sumber protein

Selain ayam, daging domba juga kaya akan protein. Anda dapat mengonsumsi daging domba untuk mencukupi protein harian Anda.

Protein sudah pasti sangat dibutuhkan sebagai energi untuk tubuh, menjaga massa otot, dan membantu perbaikan dan pembentukan otot.

4. Baik untuk otot

Daging domba mengandung protein berkualitas tinggi, termasuk kesembilan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein dalam daging domba dapat membantu menjaga kepadatan otot, terutama bagi kaum lansia.

5. Meningkatkan performa fisik

Selain menjaga massa otot, daging domba bermanfaat dalam mempertahankan fungsi otot sehari-harinya. Daging domba mengandung senyawa asam amino beta-alanine yang penting untuk proses pembuatan carnosin dalam tubuh.

Senyawa carnosine diperlukan untuk memiliki fungsi otot yang sehat. Senyawa ini juga dapat mengurangi rasa lelah dan membantu meningkatkan performa saat melakukan aktivitas fisik.

6. Penuh dengan asam lemak sehat

Di dalam daging domba sudah pasti ada lemak, tetapi jangan salah, lemak dalam daging domba memiliki antiradang asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh.

Selain itu, daging dari domba yang mengonsumsi rerumputan juga mengandung asam linoleat yang dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, berpotensi melawan kanker, dan meningkatkan massa otot.

7. Melindungi sistem saraf

Siapa sangka, daging domba ternyata mampu menjaga sistem saraf agar tetap bisa menunjang komunikasi antar saraf yang baik dalam tubuh.

Hal ini karena daging domba mengandung vitamin B yang cukup lengkap, mulai dari vitamin B-2, B-3, B-5, B-6, sampai vitamin B-12. Vitamin B inilah yang sangat penting untuk melindungi sistem saraf Anda.

Sebelum menyantap daging domba

Sebelum menikmati dan merasakan manfaat daging domba untuk kesehatan, Anda perlu memahami bahwa daging domba memiliki kadar kolesterol yang tinggi yang bisa meningkatkan risiko mengalami penyakit jantung.

Oleh karenanya, konsumsi daging domba secukupnya saja. Bagi penderita kolesterol tinggi, Anda perlu menghindari mengonsumsi daging domba atau setidaknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Selain itu, masak daging domba sampai matang karena daging ini berpotensi mengandung parasit Toxoplasma gondii yang berbahaya bagi orang yang memiliki gangguan imunitas dan wanita yang sedang mengandung yang dapat mengakibatkan infeksi toksoplasmosis.

Meskipun jarang terjadi, tetapi beberapa orang bisa saja memiliki alergi terhadap jenis daging tertentu.

Apabila Anda mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi daging domba, seperti mual, ruam-ruam, dan hidung berair, segera hentikan konsumsi daging domba atau konsultasikan dengan dokter.

Catatan dari SehatQ

Daging domba memiliki beragam manfaat bagi kesehatan yang sayang jika dilewatkan, seperti menjaga daya tahan tubuh dan mencegah anemia. Namun, pilihlah bagian daging domba yang kurang lemak atau buang bagian lemaknya.

Saat memasak daging domba, masaklah dengan metode yang hanya menggunakan sedikit lemak, seperti memanggang atau menjadikannya sebagai kuah. Sebaiknya konsumsi daging domba secukupnya atau setidaknya sebesar tumpukan kartu saja.

Dr Axe. https://draxe.com/nutrition/lamb-meat/
Diakses pada 16 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/lamb
Diakses pada 16 Maret 2020

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/381828-is-lamb-meat-healthy/
Diakses pada 16 Maret 2020

Artikel Terkait