Jadwal Makan Anak 2 Tahun dan Jenis Makanannya yang Bergizi


Jadwal makan anak 2 tahun terdiri dari tiga kali makan dan dan dua kali camilan dengan jarak waktu sekitar 2-3 jam. Hal ini dapat membantu menunjang tumbuh kembangnya.

0,0
06 May 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Jadwal makan anak 2 tahun dapat mendorong si kecil makan secara teraturAnak dianjurkan makan secara teratur tiga kali sehari
Selain asupan makanannya, jadwal makan anak 2 tahun juga perlu diperhatikan orangtua. Hal tersebut sangat penting dalam menunjang tumbuh kembang si kecil. Apalagi di tahun-tahun pertama kehidupan, pola dan kebiasaan makan anak berkembang. Anda juga harus memenuhi kebutuhan gizi anak dengan baik. Untuk mewujudkannya, Anda tidak boleh memilih menu makan anak 2 tahun secara sembarangan. Jika hal ini tidak diperhatikan, pertumbuhan dan perkembangan anak dapat mengalami masalah.

Jadwal makan anak 2 tahun

Tidak ada aturan pasti mengenai jadwal makan anak 2 tahun. Namun, dalam usia ini anak harus dibiasakan memiliki jadwal makan yang teratur. Umumnya, jadwal ini terdiri dari tiga kali makan dan dua kali camilan dengan jarak waktu sekitar 2-3 jam. Berikut adalah jadwal makan anak 2 tahun yang bisa Anda jadikan acuan.
  • 08.00 anak diberi sarapan atau makan pagi
  • 10:00 anak diberi makanan selingan
  • 12:00 anak diberi makan siang
  • 14.00 anak diberi makanan selingan
  • 16.00 anak diberi makan sore
  • 19:30 anak diberi makanan selingan (jika anak merasa lapar)
Waktu di atas bukanlah patokan, namun anak harus diberi jadwal makan sekitar setiap 2 jam agar anak belajar mengenal sinyal lapar dan kenyang.Dalam upaya memenuhi kebutuhan gizi selama sehari penuh, dianjurkan agar anak makan secara teratur 3 kali sehari dan mengonsumsi camilan sehat. Supaya terhindar dari makan makanan yang tidak sehat, sebaiknya selalu makan bersama keluarga.Anda juga dapat menyesuaikan jadwal makan anak 2 tahun dengan waktu bangun dan tidurnya. Dengan memiliki jadwal makan yang teratur, Anda dapat membantu mengendalikan berat badan anak dan memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Jenis makanan anak 2 tahun

Selain memahami jadwal makan anak 2 tahun, Anda juga perlu mengetahui berbagai jenis makanan yang sebaiknya diberikan. Makanan untuk anak 2 tahun umumnya tidak jauh berbeda dengan orang dewasa.Makanan yang dikonsumsi anak 2 tahun harus terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, sayur-mayur, dan buah-buahan segar supaya gizinya seimbang. Selain itu, ada beberapa anjuran mengenai makan anak 2 tahun, di antaranya:
  • Perbanyak konsumsi makanan kaya protein

makanan sumber protein
Protein dapat menunjang tumbuh kembang anak
Anak 2 tahun dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya protein, seperti ikan, telur, susu, tempe, dan tahu. Berbagai makanan ini merupakan sumber protein yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Ikan bahkan juga mengandung omega-3, DHA, dan EPA yang bermanfaat untuk perkembangan otak anak.
  • Perbanyak konsumsi sayur-mayur dan buah-buahan

Sayur-mayur dan buah-buahan merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat. Berbagai nutrisi ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel, memperlancar pencernaan, dan mengurangi risiko anak terkena berbagai penyakit.
  • Batasi mengonsumsi makanan selingan yang terlalu manis, asin, dan berlemak

makanan manis bisa berbahaya jika terlalu banyak
Terlalu banyak konsumsi makanan manis bisa meningkatkan risiko penyakit
Terlalu banyak mengonsumsi camilan yang manis, asin, dan berlemak dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, hiperglikemia, diabetes melitus, hingga penyakit jantung. Jadi, beri anak makanan selingan yang menyehatkan.Pada usia 2 tahun, sebagian anak mungkin masih diberikan ASI. Namun, jika anak sudah tidak minum ASI, Anda dapat memberinya susu full cream untuk mendapatkan energi dan vitamin tambahan. Sebagian anak dapat memilih-milih makanannya (picky eater) sehingga membuat Anda kesulitan dalam menyiapkan menu makanan anak 2 tahun. Untuk mengatasi persoalan ini, Anda dapat memberikan makanan yang beragam agar si kecil tidak cepat bosan. Menu makan anak 2 tahun harus terdiri dari:
  • Makanan pokok, seperti nasi, mie, roti, atau kentang.
  • Lauk-pauk, misalnya telur, daging-dagingan, ikan, sea food, tahu, tempe, atau kacang-kacangan.
  • Sayur-mayur, contohnya bayam, brokoli, kembang kol, wortel, atau kubis.
  • Buah-buahan, seperti jeruk, apel, pir, kiwi, melon, pepaya, buah naga, atau mangga.
Untuk camilan sehat, Anda dapat memberikan potongan sayur-mayur rebus, potongan buah-buahan, puding buah, keju, atau yogurtAnda juga perlu menjelaskan pada anak bahwa ia perlu makan secara teratur supaya bisa tumbuh dengan baik. Di samping itu, Anda juga harus pintar dalam mengkreasikan menu makan anak 2 tahun.Bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar perkembangan anak 2 tahun, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehattumbuh kembang anakperkembangan anak
Kemkes. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK%20No.%2041%20ttg%20Pedoman%20Gizi%20Seimbang.pdf
Diakses pada 22 April 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2678872/
Diakses pada 23 April 2021
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/baby/weaning-and-feeding/baby-and-toddler-meal-ideas/
Diakses pada 22 April 2021
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/toddler/eating-and-nutrition/sample-toddler-feeding-schedule
Diakses pada 22 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait