Ini Macam-macam Istilah dalam Permainan Bola Voli


Istilah dalam permainan bola voli mencakup peran setiap pemain, jenis pukulan, hingga aturan dasarnya. Dari sisi pemain, ada 4 peran yang memiliki istilah tersendiri, sesuai posisinya di lapanga.

0,0
14 Feb 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Istilah dalam permainan bola voli antara lain adalah block sebagai bentuk pertahananBlock adalah salah satu istilah dalam permainan bola voli
Ketika menonton atau bahkan bermain bola voli, Anda mungkin akan menemukan beberapa istilah yang cukup asing di telinga. Agar idak lagi bingung, pelajarilah beberapa istilah dalam permainan bola voli beserta artinya berikut ini.

Istilah dalam permainan bola voli

Istilah dalam permainan bola voli dimulai dengan mengenal pembagian pemain di dalam lapangan. Seperti halnya dalam sepak bola dikenal istilah kiper hingga striker, olahraga bola voli juga mengenal 4 pemain sesuai dengan posisi maupun fungsinya, yaitu:
  • Tosser (center forward)

    Tugas utama tosser adalah mengatur serangan dengan memberi umpan lambung yang matang bagi spiker di depan net.
  • Spiker (left/right forward)

    Spiker merupakan penyerang dalam olahraga bola voli yang harus memiliki pukulan kencang dan menukik tajam agar lawan kesulitan untuk mengembalikan bola.
  • Libero (center back)

    Pemain ini dicirikan dengan warna seragam yang berbeda serta memiliki postur tubuh lebih pendek dibanding pemain lain. Hal ini karena libero bebas mengisi posisi manapun dan tugas utamanya adalah membendung pukulan spike dari pemain lawan.
  • Blocker (left/right back)

    Tugas utama blocker adalah memastikan tidak ada bola yang jatuh di kedua sisi lapangan, baik di sisi kanan maupun kiri.

Jenis pukulan dalam olahraga bola voli

Ada berbagai jenis pukulan dalam permainan bola voli
Istilah dalam olahraga bola voli lainnya yang harus Anda kuasai berhubungan dengan aturan bahwa satu tim hanya boleh menyentuh bola 3 kali dalam satu sesi. Beberapa istilah yang harus Anda kuasai adalah:

1. Servis

Pukulan pertama dalam setiap reli dengan pemain yang melakukan servis disebut server. Biasanya, server menggunakan satu tangan mengayun di atas kepala untuk ‘menerbangkan’ bola melewati net ke area lawan. Namun, pemain pemula juga bisa melakukan servis bawah dengan satu kepalan tangan tertutup.

2. Passing

Kontak pertama setelah bola diservis dengan penerima servis disebut sebagai passer. Biasanya, passing dilakukan dengan lengan terulur, tapi bisa juga dengan dua telapak tangan yang melambungkan bola.

3. Set

Kontak kedua setelah pass, dan pemain yang melakukannya disebut setter. Set biasanya bisa berupa umpan kepada spiker.

4. Spike

Ini biasanya merupakan kontak ketiga atau terakhir dalam satu sesi penguasaan bola sebuah tim dan dilakukan dengan satu smash tajam ke bidang permainan lawan.

5. Dig

Ini adalah salah satu bentuk pertahanan tim, yakni ketika seorang pemain menahan bola serang, baik dengan telapak tangan, bagian lengan, maupun bagian tubuhnya yang lain.

5. Block

Block juga bentuk pertahanan, yakni dengan menahan bola serang tepat di depan net dengan cara mengangkat tangan setinggi mungkin.Dig dan block tidak dihitung sebagai salah satu dari 3 kontak dengan bola. Satu reli biasanya terdiri atas servis, pass, set, spike, dig/block, set, spike, dan seterusnya.

Aturan dasar dalam permainan bola voli

Istilah dalam permainan bola voli lainnya berhubungan dengan aturan dasar yang berlaku di dalam olahraga itu sendiri. Beberapa istilah yang harus Anda kuasai antara lain:

1. 21 Vs. 15

Sebuah tim harus memenangi 2 dari 3 set yang dimainkan dalam olahraga ini. Set pertama dan kedua akan berakhir saat satu tim meraih angka 21, sedangkan set ketiga hanya dimainkan hingga poin 15. Tim harus menang dengan selisih minimal 2 poin tanpa ada batasan maksimal.

2. Rotasi pemain

Pemain harus berganti posisi setiap terjadi 7 poin beruntun untuk memastikan permainan berlangsung lebih imbang dan menarik. Penentuan pergeseran posisi ini hanya diketahui oleh wasit dan para pemain dalam tim itu sendiri.

3. Let (servis)

Ini terjadi saat bola servis menyentuh net dan mendarat di dalam area permainan lawan sehingga servis harus diulang satu kali lagi. Jika servis mengenai net dan mendarat di luar lapangan, poin akan langsung diberikan untuk tim lawan.

4. Double

Saat melakukan set, pemain harus memastikan bola melambung tanpa menyebabkan putaran agar tidak dinyatakan fault karena terjadi double. Kondisi ini biasanya hanya diketahui oleh wasit dengan mata elang.

5. Lift

Ini juga bentuk pelanggaran, yakni ketika pemain mengangkat bola dengan telapak tangan terbuka atau karena ia terlihat seperti memegang bola saat melakukan setting.

6. Foot fault

Kesalahan ini dilakukan oleh server yang menginjak garis belakang atau melakukan servis di dalam bidang permainan.Sudah tidak bingung lagi kan tentang beberapa istilah dalam permainan bola voli?

Catatan dari SehatQ

Olahraga voli memerlukan banyak gerakan berbagai anggota tubuh. Oleh karena itu, ketika ingin mencobanya, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum permainan, dan pendinginan setelahnya. Jadi, Anda dapat menghindari risiko terjadinya cedera.
olahragatips olahragahidup sehatpola hidup sehat
Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/66747/3/BAB%20II.pdf
Diakses pada 2 Februari 2021
Gold Medal Squared. https://www.goldmedalsquared.com/coaching-resources/volleyball-terms
Diakses pada 2 Februari 2021
AVP. https://avp.com/news/volleyball-terms-101/
Diakses pada 2 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait