Inulin Adalah Jenis Serat Prebiotik, Apa Manfaatnya bagi Tubuh?

(0)
05 Nov 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Inulin adalah jenis serat larut air sekaligus serat yang bisa difermentasi oleh bakteri di dalam ususInulin dapat ditemukan pada akar chicory maupun berbentuk suplemen bubuk
Serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh dan menawarkan beragam manfaat kesehatan. Salah satu jenis serat yang cukup populer adalah inulin. Apa istimewanya inulin sehingga dijual dalam bentuk suplemen? Ketahui lebih jauh tentang inulin di artikel ini.

Apa itu inulin?

Inulin adalah jenis serat larut dalam air sekaligus fruktan yang terkandung dalam banyak tumbuh-tumbuhan. Sebagai salah satu jenis serat, inulin menawarkan berbagai manfaat bagi tubuh, termasuk untuk sistem pencernaan dan kesehatan jantung.Inulin juga menjadi salah satu jenis karbohidrat yang disebut dengan fruktan. Fruktan merupakan rantai molekul fruktosa (gula) yang berikatan bersama sehingga tidak dapat dipecah oleh usus halus. Setelah dikonsumsi, fruktan akan turun menuju usus besar tanpa dicerna namun dapat menjadi makanan bagi bakteri baik di organ tersebut.Seperti jenis fruktan lain, inulin juga dapat difermentasi oleh bakteri di usus besar dan dianggap sebagai jenis prebiotik. Bakteri di usus dapat mengubah inulin dan prebiotik lainnya menjadi asam lemak rantai pendek. Asam lemak rantai pendek dapat menutrisi sel di usus besar dan menawarkan beragam manfaat kesehatan.

Makanan yang mengandung inulin

Makanan yang mengandung inulin adalah arthicoke
Artichoke mengandung serat inulin
Inulin terkandung dalam beberapa jenis makanan dari tumbuh-tumbuhan. Beberapa makanan tersebut, termasuk:Dengan teksturnya yang khas, inulin dicampurkan dalam industri makanan sebagai pengganti lemak untuk margarin dan salad dressing. Inulin juga digunakan untuk menggantikan beberapa jenis tepung dalam makanan yang dipanggang.

Manfaat inulin untuk kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat yang ditawarkan inulin untuk kesehatan:

1. Menyehatkan sistem pencernaan

Seperti yang telah disinggung di atas, inulin diklasifikasikan sebagai prebiotik karena merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Meningkatkan pertumbuhan bakteri di usus sehingga membantu mengurangi populasi bakteri jahat. Populasi bakteri jahat dapat menimbulkan peradangan dan mengurangi penyerapan nutrisi. Selain merangsang pertumbuhan bakteri baik, inulin juga membantu meningkatkan kepadatan feses. Serat larut air ini turut dilaporkan melancarkan proses buang air besar. 

2. Mengendalikan gula darah

Salah satu manfaat inulin adalah mengendalikan kadar gula darah
Inulin dapat membantu mencegah lonjakan gula darah
Sebagai jenis serat, inulin membantu memperlambat pencernaan nutrisi seperti karbohidrat. Efek tersebut membantu mencegah lonjakan gula darah dan mengendalikannya agar tetap sehat dan normal.Inulin dilaporkan bermanfaat untuk orang yang mengalami prediabetes dan berpotensi pula menjadi penstabil gula darah jika rutin dikonsumsi dalam jangka panjang.

3. Mengontrol rasa lapar

Serat termasuk inulin merupakan jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna tubuh. Setelah dikonsumsi, inulin akan terus turun menuju usus besar dan menjadi makanan bagi bakteri baik di organ tersebut.Inulin juga menjadi jenis serat yang larut dalam air. Serat ini dapat larut dalam lambung dan berubah bentuk menjadi senyawa seperti jelly. Senyawa ini membantu memperlambat pencernaan, memberi sensasi rasa kenyang, dan mengurangi penyerapan kolesterol.

Suplemen inulin

Selain terkandung alami dalam makanan, inulin juga tersedia dalam bentuk suplemen. Suplemen serat inulin dijual dalam bentuk kapsul maupun bubuk. Suplemen inulin bisa dipertimbangkan untuk menyehatkan sistem pencernaan. Anda juga bisa mencoba suplemen inulin apabila tengah mengonsumsi antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri. Apapun alasan Anda dalam mengonsumsi suplemen inulin, diskusikan dengan dokter terlebih dahulu untuk menyesuaikannya dengan kesehatan Anda. 

Adakah risiko dari penggunaan suplemen inulin?

Suplemen inulin cenderung aman untuk dikonsumsi. Namun, reaksi alergi maupun efek samping tetap berisiko muncul saat memulai penggunaan suplemen ini. Efek samping tersebut termasuk diare dan sering buang air besar, perut kembung dan bergas, serta kram di perut. Untuk mengurangi keparahan efek samping di atas, Anda bisa mengonsumsi suplemen inulin dengan dosis rendah terlebih dahulu. Konsumsilah banyak air putih saat memulai suplementasi dengan inulin. Kemudian, seperti yang disampaikan di atas, diskusikan dengan dokter untuk memastikan aman tidaknya inulin dengan kondisi kesehatan Anda.

Catatan dari SehatQ

Inulin adalah jenis serat larut air sekaligus serat yang bisa difermentasi oleh bakteri di dalam usus. Jika Anda masih memiliki pertanyaan lanjutan terkait inulin dan penggunaan suplemennya, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia di Appstore dan Playstore yang memberikan informasi hidup sehat terpercaya.
suplemenseratsaluran pencernaan
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/top-inulin-benefits
Diakses pada 22 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318593
Diakses pada 22 Oktober 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/the-health-benefits-of-inulin-4587258
Diakses pada 22 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait