Kepribadian INTJ hobi bekerja sendirian
INTJ gemar bekerja sendirian

INTJ adalah salah tipe kepribadian berdasarkan indikator Myers-Briggs Type Indicator, atau yang lebih dikenal dengan singkatan MBTI.

Indikator tipe kepribadian tersebut bertujuan menerapkan teori psikologi dari Carl G. Jung supaya lebih mudah dipahami dan bisa digunakan dalam hal-hal yang menyangkut kehidupan sehari-hari orang banyak.

Tipe kepribadian berdasarkan indikator Myers-Briggs

Inti dari teori C.G. Jung adalah walau variasi perilaku manusia sekilas tampak acak, perilaku-perilaku ini sebetulnya memiliki pola yang konsisten dan boleh dibilang teratur.

Pola tersebut akan tampak jika dilihat dari perbedaan dasar mengenai cara tiap individu menggunakan persepsinya dan mengambil keputusan.

Psikolog ibu dan anak bernama Isabel Myers dan Katherine Briggs kemudian mengguanakn  teori tipe kepribadian tersebut dan mengembangkannya sebagai indikator tipe kepribadian Myers-Briggs (MBTI) pada tahun 1940an dan 1950an.

Hingga kini, MBTI menjadi salah satu instrumen psikologi yang paling populer di dunia. Salah satunya untuk membantu orang menemukan jenis pekerjaan yang cocok dengan tipe kepribadiannya. Dengan ini, orang tersebut bisa lebih sukses dan berkembang dalam pekerjaannya.

Berdasarkan indikator yang dikembangkan Myers-Briggs, ada 16 tipe kepribadian manusia. INTJ adalah salah satunya.

INTJ adalah sang arsitek

INTJ merupakan kependekan dari introverted, intuitive, thinking, and judging. Tipe kepribadian ini juga disebut sebagai ‘sang arsitek’ atau ‘sang ahli strategi’. Apa alasannya?

Orang-orang dengan tipe kepribadian INTJ cenderung memiliki sifat yang sangat analitis, kreatif, sekaligus logis.

Karakteristik utama individu dengan tipe kepribadian INTJ adalah:

  • Cenderung introvert
  • Lebih suka bekerja sendirian
  • Cenderung melihat gambaran besar dari suatu hal
  • Berfokus pada informasi abstrak yang didapat dari situ daripada detail-detai yang konkret
  • Lebih menekankan infomasi yang obyektif dan logis daripada emosi yang subyektif
  • Lebih senang jika memiliki kendali atas kehidupannya dan merasakan keteraturan, sehingga hampir selalu membuat rencana atas hal-hal yang akan dilakukan

Kelebihan INTJ

Kekuatan dari tipe kepribadian INTJ adalah:

  • Sangat senang akan konsep teori serta abstrak
  • Memiliki ekspektasi yang tinggi
  • Pendengar yang baik
  • Bisa menerima kritikan terhadap dirinya dengan baik
  • Percaya diri dan tipe pekerja keras

Kekurangan INTJ

Kakurangan dari tipe kepribadian INTJ adalah:

  • Cenderung terlalu analitis dan menghakimi
  • Sangat perfeksionis
  • Tidak suka membicarakan perasaan atau emosi
  • Seringkali terlihat tak punya perasaan, dingin, dan tidak sensitif

Hubungan personal dan karier bagi kepribadian INTJ

Orang dengan tipe kepribadian INTJ cenderung introvert. Tipe ini lebih banyak menghabiskan waktu sendirian dan sibuk dengan pikirannya sendiri. Karena itu, mereka akan lebih produktif bekerja sendirian daripada dalam kelompok.

Meski dari luar tampak tidak peduli dengan perasaan orang lain dan tidak tertarik dengan pemikiran orang lain, orang berkepribadian INTJ sebetulnya peduli dengan perasaan maupun emosi dari orang-orang terdekatnya.

Jika memiliki hubungan personal dengan seseorang, tipe kepribadian INTJ adalah pribadi yang rela mendedikasikan waktu dan tenaganya demi mempertahankan hubungan tersebut.

Namun orang lain mungkin menganggap kepribadian INTJ sebagai pribadi yang cuek, dingin, dan penyendiri sehingga cukup sulit diajak berteman.

INTJ juga kerap merasa basa-basi tidak ada gunanya. Karena itulah, mereka cenderung hanya bergaul dengan sekelompok kecil teman dekatnya atau keluarganya.

Orang-orang dengan kepribadian INTJ biasanya akan berhasil dalam karier yang mampu memadukan kemampuan mereka memahami serta mengevaluasi dan mempraktikkan informasi kompleks. Idealnya, karier tersebut juga membuat mereka bisa bekerja secara independen dan sendirian.

Para individu INTJ cenderung berhasil dalam bidang pekerjaan yang memerlukan kemampuan memahami informasi rumit. Misalnya, bidang teknik, akademis, riset, serta hukum.

Jika penasaran mengenai tipe kepribadian Anda, Anda bisa mencoba untuk mengikuti beberapa tes MBTI online yang sudah banyak tersedia. Namun untuk mendapatkan hasil yang akurat, tes ini tentu sebaiknya dilakukan oleh psikolog profesional.

Myers & Briggs Foundation. https://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality-type/mbti-basics/
Diakses pada 20 April 2020

Verywell Mind: https://www.verywellmind.com/intj-introverted-intuitive-thinking-judging-2795988
Diakses pada 20 April 2020

Artikel Terkait