Intip Manfaat Masker Putih Telur dan Susu untuk Kecantikan Kulit


Manfaat masker putih telur dan susu dinilai bisa mengencangkan kulit, menyingkirkan minyak berlebih, hingga mengangkat sel kulit mati. Namun, masker ini juga berisiko menimbulkan alergi pada beberapa orang.

0,0
11 Oct 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Masker putih telur dan susu dinilai bisa meningkatkan kecantikan kulitMasker putih telur dan susu bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan menyingkirkan minyak berlebih
Masker putih telur dan susu dipercaya bisa membuat kulit wajah lebih sehat dan bebas dari jerawat. Selain itu, ada berbagai manfaat masker putih telur dan susu lainnya yang tak kalah baik untuk kecantikan kulit. Penggunaan bahan-bahan alami yang ada di dapur memang sah-sah saja dilakukan. Kendati demikian, Anda tetap perlu waspada dengan efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Manfaat masker putih telur dan susu

Manfaar masker putih telur sudah cukup tersohor di kalangan pecinta skincare, begitu juga dengan manfaat susu untuk kulit.Lantas, apa saja manfaat masker putih telur dan susu yang bisa didapatkan? Ini bocorannya.

1. Mengencangkan kulit

Kulit kencang bisa karena masker putih telur dan susu
Masker putih telur dan susu bisa mengencangkan kulit
Manfaat masker putih telur dan susu dipercaya dapat membuat kulit terasa kencang. Efek ini bahkan akan bertahan hingga 1 jam setelah dibilas, membuat wajah terlihat berkilau dan garis-garis halus di wajah pun ikut memudar.Meski efek ini tidak bertahan permanen, tapi setidaknya masker putih telur akan membantu mengencangkan pori-pori dan mengangkat sel-sel kulit mati begitu dibilas.

2. Mencerahkan wajah

Masker susu dan putih telur  juga dinilai bisa membantu mencerahkan warna kulit wajah. Manfaat masker putih telur dan susu ini didapat dari kandungan asam laktat yang terkandung dalam susu.Meski begitu, penggunaan susu sebagai cara mencerahkan kulit wajah dinilai kurang baik jika dipakai sebagai solusi jangka panjang.

3. Menghilangkan jerawat

manfaat masker putih telur dan susu dipercaya bisa hilangkan jerawat
Masker putih telur dan susu diyakini bisa menghilangkan jerawat
Manfaat masker putih telur dan susu ternyata juga dapat menghilangkan jerawatPutih telur mampu membersihkan kulit dengan mengangkat kotoran di wajah sekaligus menyerap kelebihan minyak, yang jadi penyebab jerawat muncul. Selain itu, putih telur juga mengandung lisozim, yakni sejenis senyawa antibakteri. Lisozim diyakini dapat melawan bakteri penyebab berjerawat. Sedangkan, susu diperkaya dengan vitamin D yang bila dijadikan sebagai sebagai masker bisa membantu menghilangkan peradangan kulit ini.Meski begitu, Anda perlu berhati-hati menggunakannya karena pada beberapa orang, penggunaan susu sebagai masker wajah bisa menyumbat pori-pori. Hal ini yang dapat memicu tumbuhnya jerawat baru.

4. Menghilangkan minyak berlebih

Potensi manfaat masker putih telur dan susu lainnya adalah menghilangkan produksi minyak berlebih di wajah. Manfaat yang satu ini didapat dari kandungan telur yang dinilai baik untuk menyerap minyak pada wajah apabila rutin dioleskan pada permukaan kulit.

5. Menyingkirkan komedo putih

Komedo putih bisa dihilangkan menggunakan masker putih telur dan susu
Munculnya komedo putih bisa mengganggu penampilan
Menyingkirkan komedo putih atau whiteheads juga jadi klaim manfaat masker putih telur dan susu. Whiteheads atau komedo putih sering kali muncul di wajah dan mengganggu penampilan. Kondisi ini bisa terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh minyak dan kotoran lainnya.Penggunaan masker wajah yang mengandung putih telur dinilai bisa membantu mengangkat jenis komedo ini dan membuat wajah terlihat lebih bersih sekaligus kencang.

6. Memicu pengelupasan sel kulit mati

Sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah bisa menjadi biang kerok jerawat. Jadi, Anda perlu rutin membersihkannya.Salah satu cara alami untuk mengangkat sel kulit mati adalah menggunakan masker wajah yang mengandung susu.Manfaat masker putih telur dan susu diklaim berasal dari kandungan asam laktat yang ada dalam susu.

Risiko efek samping dari masker susu dan putih telur

Meski terlihat menggiurkan, Anda perlu ingat bahwa hingga saat ini, belum ada penelitian yang bisa memastikan kebenaran manfaat masker putih telur dan susu secara ilmiah. Maka dari itu, Anda benar-benar perlu berhati-hati jika ingin menggunakannya.Bagi sebagian orang, masker susu dan putih telur mungkin bisa memberikan hasil yang bagus untuk kecantikan kulit. Namun, pada beberapa orang lainnya, hasil yang didapat belum tentu sama.Hal ini karena masker susu dan putih telur sama-sama merupakan bahan alami, sehingga risiko ketidakcocokan di kulit tetap bisa muncul. Berikut adalah efek samping masker putih telur dan susu yang mungkin terjadi. 

1. Reaksi alergi

Salah satu reaksi efek samping masker telur dan susu, adalah reaksi alergiApalagi bagi orang yang mempunyai alergi telur dan susu, efek samping ini mungkin saja terjadi.Jadi, jika Anda mempunyai alergi terhadap telur dan susu, ini berarti bukan hanya Anda tidak boleh makan telur dan susu. Lebih lanjut, Anda juga tidak disarankan untuk menggunakan masker telur dan susu.Tergantung pada tingkat keparahan alergi, Anda bisa saja mengalami gejala, seperti kulit gatal, kemerahan, bentol-bentol, bengkak, hingga sesak napas sesaat setelah mengoleskan masker telur dan susu.Jika reaksi di atas muncul sesaat setelah Anda menggunakan masker, segera bilas wajah menggunakan air. Kemudian, periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Maka dari itu, ada baiknya Anda melakukan patch test atau uji tempel sebelum menggunakan masker susu dan telur ini. Oleskan sedikit masker susu dan putih telur ke punggung tangan, dagu, ataupun belakang telinga. Kemudian, tunggu kurang lebih 15 menit.Apabila tidak ada reaksi alergi yang muncul, maka Anda kemungkinan akan terbebas dari alergi.

2. Infeksi bakteri Salmonella

Selain alergi, risiko efek samping masker putih telur yang bisa terjadi adalah infeksi bakteri Salmonella. Bakteri ini adalah penyebab utama keracunan makanan. Meski jarang terjadi, apabila Anda tidak hati-hati dalam menggunakan masker susu dan putih telur, dikhawatirkan tetesan telur mentah tersebut bisa tidak sengaja tertelan melalui mulut Anda bersamaan dengan kemungkinan bakteri yang ada di dalamnya.Untuk menghindarinya, pastikan Anda mengoleskan masker susu dan putih telur secara perlahan dan jangan sampai ada tetesan yang masuk ke dalam mulut. Selain itu, pastikan tidak ada luka terbuka yang bisa membuat bakteri masuk ke dalam tubuh.[[artikel-terkait]]Bila dibandingkan dengan manfaatnya, masker susu dan putih telur ternyata dapat berisiko menimbulkan efek samping. Oleh sebab itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan masker susu dan putih telur. Dokter kulit bisa membantu Anda dalam menentukan apakah Anda cocok memperoleh manfaat masker putih telur dan susu atau tidak. Dengan demikian, manfaatnya bisa Anda dapatkan dengan efektif, optimal, dan tetap aman.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat masker putih telur dan susu serta risiko penggunaannya, tanyakan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit berminyakperawatan kulitkulit keriputmasker wajahperawatan wajah
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323602
Diakses pada 29 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/milk-for-face
Diakses pada 29 September 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/89036-benefits-egg-white-face/
Diakses pada 29 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/egg-white-for-face
Diakses pada 26 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait