logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Intip Manfaat Kunyit Hitam yang Bisa Cegah Infeksi hingga Tangkal Kanker

open-summary

Manfaat kunyit hitam untuk kesehatan tak kalah melimpah dibandingkan dengan rempah kunyit biasa. Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma caesia Roxb ini dipercaya dapat membantu mencegah infeksi bakteri, meredakan nyeri, hingga mencegah kanker.


close-summary

8 Feb 2021

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Manfaat kunyit hitam untuk kesehatan salah satunya bisa jadi pereda nyeri alami

Manfaat kunyit hitam untuk kesehatan salah satunya bisa mencegah kanker

Table of Content

  • Kandungan kunyit hitam
  • Manfaat kunyit hitam untuk kesehatan
  • Catatan dari SehatQ

Manfaat kunyit hitam untuk kesehatan tak kalah melimpah dibandingkan dengan rempah kunyit biasa. Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma caesia Roxb ini dipercaya dapat membantu mencegah infeksi bakteri, meredakan nyeri, hingga mencegah kanker.

Advertisement

Kunyit hitam berasal dari Indonesia serta beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Secara tradisional, rempah ini memang sudah dikenal sebagai tanaman obat yang ampuh untuk meredakan berbagai penyakit, mulai dari luka di kulit, impotensi, hingga alergi.

Secara medis, beberapa penelitian pun sudah dilakukan untuk membuktikan khasiat tanaman kunir hitam untuk kesehatan. Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga

  • Benarkah Sayuran Beku Tidak Kalah Bergizi dari Sayuran Segar?
  • Mulai Pola Hidup Sehat dengan 5 Langkah Sederhana Ini
  • Makan Sayuran Mentah Punya Manfaat dan Bahaya, Ini Penjelasannya

Kandungan kunyit hitam

Kunyit hitam termasuk ke dalam jenis jahe-jahean yang memiliki permukaan kulit berwarna coklat dengan daging berwarna ungu kehitaman. Kunyit hitam terkenal sebagai obat herbal yang baik untuk kesehatan karena kandungan gizinya.

Kunyit hitam mengandung kamper, ar-turmerone, (Z)-ocimene, ar-curcumene, 1,8-cinole, elemene, borneol, dan bornyl asetat.

Kesamaan antara kunyit kuning, kunyit putih, dan kunyit hitam adalah terletak pada kandungan senyawa kimia kurkumin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Mengenal Sederet Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Manfaat kunyit hitam untuk kesehatan

Manfaat kunyit hitam untuk mencegah penuaan dini
Kunyit hitam akan membantu meredakan penuaan dini

Penelitian untuk memahami khasiat rempah yang satu ini sudah banyak dilakukan. Berikut ini beberapa kesimpulan yang bisa didapat tentang khasiat kunyit hitam untuk kesehatan:

1. Memiliki sifat antioksidan

Manfaat kunyit hitam salah satunya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidan. Ekstrak kunyit hitam dinilai memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat paparan radikal bebas berlebih.

Radikal bebas berlebih dapat memicu berbagai penyakit, mulai dari penuaan dini hingga penyakit jantung.

2. Meredakan mual

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, kunyit hitam terbukti memiliki sifat antiemetik. Artinya, manfaat kunyit hitam dapat membantu meredakan mual dan muntah. Manfaat tersebut didapatkan dari ekstrak etanol kunyit hitam.

3. Meredakan nyeri

Ekstrak kunyit hitam juga dapat bertindak sebagai analgesik dan antipiretik alami. Jadi jika diolah dengan tepat, rempah ini dapat dijadikan sebagai salah satu herbal alami untuk meredakan nyeri dan menurunkan demam.

Manfaat kunyit hitam untuk meredakan radang sendi
Kunyit hitam bisa meredakan radang sendi

4. Membantu mencegah peradangan di tubuh

Peradangan atau inflamasi bisa terjadi di berbagai organ tubuh, termasuk tenggorokan, gusi, hingga sendi. Saat kadar inflamasi di tubuh tinggi, maka risiko terkena berbagai penyakit pun akan meningkat.

Meningkatnya kadar inflamasi di tubuh bisa terjadi saat seseorang sering mengonsumsi makanan tidak sehat seperti gorengan. Sebaliknya, mengonsumsi makanan sehat yang bisa meredakan inflamasi, dapat menjadi solusi untuk melawannya.

Kunyit hitam, lebih tepatnya dalam bentuk ekstrak, dinilai memiliki sifat antiinflamasi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, rempah ini baik dikonsumsi selama masih dalam batas wajar.

5. Memiliki aktivitas antibakteri

Rimpang kunyit hitam, terbukti bisa menghambat pertumbuhan bakteri gram positif seperti Staphylococcus aureus dan bakteri gram negatif seperti E. coli. Kedua bakteri ini sangat sering menginfeksi manusia.

Bakteri S. aureus merupakan biang kerok dari berbagai infeksi kulit termasuk bisul, dan E. coli sering menyebabkan diare maupun keracunan makanan.

6. Mengatasi penyumbatan pembuluh darah

Manfaat kunir hitam yang cukup signifikan salah satunya adalah rempah ini dapat mengurangi gumpalan darah yang menyumbat di pembuluh darah. Saat pembuluh darah tersumbat, maka berbagai gangguan berbahaya seperti stroke dan masalah jantung bisa terjadi.

Manfaat kunyit hitam bisa meredakan gejala depresi
Kunyit hitam bisa membantu meredakan gejala depresi

7. Meredakan gejala depresi

Kunyit juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Rempah yang satu ini juga dinilai bermanfaat untuk meredakan gejala depresi. Khasiat ini didapatkan dari ekstrak metanol di dalamnya yang setelah diteliti, ternyata mengandung flavonoid, saponin, dan asam tanin sebagai pelindung otak dari kerusakan sistem saraf pusat yang mengganggu respons antidepresi.

8. Mencegah kanker

Kanker terjadi saat sel-sel di tubuh rusak oleh mutasi yang disebabkan oleh paparan radikal bebas berlebih. Sementara itu, ekstrak kunyit hitam terbukti memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya mutasi tersebut.

9. Mengurangi efek samping obat kemoterapi

Pertumbuhan sel-sel kanker di tubuh bisa ditekan dengan prosedur kemoterapi alias mengonsumsi obat-obatan khusus yang bisa menghancurkan sel tersebut.

Namun tidak jarang, obat kanker yang dikonsumsi tidak hanya menghancurkan sel kanker tapi juga sel sehat di sekitarnya.

Kunyit hitam, sebagai rempah alami ternyata terbukti dapat mencegah efek samping dari cyclophos phosphamide yang merupakan obat kemoterapi. Sebab, kunyit hitam tinggi antioksidan, sehingga bisa mencegah kerusakan sel lebih lanjut.

10. Mengatasi heartburn atau penyakit lambung

Konsumsi kunyit hitam juga dapat mengatasi penyakit asam lambung (heartburn) dan juga sakit perut. Kunyit mengandung ibuprofen yang dipercaya dapat mengurangi rasa sakit karena gangguan lambung.

Sifat anti inflamasi juga bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat gangguan lambung. Cara untuk menikmati kunyit hitam untuk mengatasi asam lambung adalah dengan mencampurkan ramuan kunyit dengan madu atau gula merah.

Baca juga: Ini Manfaat Daun Kunyit untuk Kesehatan

Catatan dari SehatQ

Manfaat kunir hitam untuk kesehatan memang sangat beragam. Namun, Anda tetap tidak disarankan untuk menjadikannya sebagai pengobatan utama dalam mengatasi penyakit, karena penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan banyak manfaat di atas.

Apabila ingin mencoba menggunakan kunyit hitam sebagai pengobatan pendamping, pastikan untuk berkonsultasi ke dokter sebelumnya. Anda juga tetap perlu mewaspadai risiko efek samping yang mungkin muncul, seperti alergi.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang khasiat tanaman obat seperti kunyit hitam untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

makanan sehatherbaltanaman obat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved