Intip Manfaat Kunyit Hitam yang Bisa Cegah Infeksi hingga Tangkal Kanker


Manfaat kunyit hitam untuk kesehatan tak kalah melimpah dibandingkan dengan rempah kunyit biasa. Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma caesia Roxb ini dipercaya dapat membantu mencegah infeksi bakteri, meredakan nyeri, hingga mencegah kanker.

(0)
08 Feb 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat kunyit hitam untuk kesehatan salah satunya bisa jadi pereda nyeri alamiManfaat kunyit hitam untuk kesehatan salah satunya bisa mencegah kanker
Manfaat kunyit hitam untuk kesehatan tak kalah melimpah dibandingkan dengan rempah kunyit biasa. Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma caesia Roxb. ini dipercaya dapat membantu mencegah infeksi bakteri, meredakan nyeri, hingga mencegah kanker.Kunyit hitam berasal dari Indonesia serta beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Secara tradisional, rempah ini memang sudah dikenal sebagai tanaman obat yang ampuh untuk meredakan berbagai penyakit, mulai dari luka di kulit, impotensi, hingga alergi.Secara medis, beberapa penelitian pun sudah dilakukan untuk membuktikan khasiat kunyit hitam untuk kesehatan. Berikut ini penjelasannya.

Manfaat kunyit hitam untuk kesehatan

Penelitian untuk memahami khasiat rempah yang satu ini sudah banyak dilakukan. Berikut ini beberapa kesimpulan yang bisa didapat tentang manfaat kunyit hitam untuk kesehatan.
Manfaat kunyit hitam untuk mencegah penuaan dini
Kunyit hitam akan membantu meredakan penuaan dini

1. Memiliki sifat antioksidan

Ekstrak kunyit hitam dinilai memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat paparan radikal bebas berlebih.Radikal bebas berlebih dapat memicu berbagai penyakit, mulai dari penuaan dini hingga penyakit jantung.

2. Meredakan mual

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, kunyit hitam terbukti memiliki sifat antiemetik. Artinya, rempah yang satu ini dapat membantu meredakan mual dan muntah. Manfaat tersebut didapatkan dari ekstrak etanol kunyit hitam.

3. Meredakan nyeri

Ekstrak kunyit hitam juga dapat bertindak sebagai analgesik dan antipiretik alami. Jadi jika diolah dengan tepat, rempah ini dapat dijadikan sebagai salah satu herbal alami untuk meredakan nyeri dan menurunkan demam.
Manfaat kunyit hitam untuk meredakan radang sendi
Kunyit hitam bisa meredakan radang sendi

4. Membantu mencegah peradangan di tubuh

Peradangan atau inflamasi bisa terjadi di berbagai organ tubuh, termasuk tenggorokan, gusi, hingga sendi. Saat kadar inflamasi di tubuh tinggi, maka risiko terkena berbagai penyakit pun akan meningkat.Meningkatknya kadar inflamasi di tubuh bisa terjadi saat seseorang sering mengonsumsi makanant tidak sehat seperti gorengan. Sebaliknya, mengonsumsi makanan sehat yang bisa meradakan inflamasi, dapat menjadi solusi untuk melawannya.Kunyit hitam, lebih tepatnya dalam bentuk ekstrak, dinilai memiliki sifat antiinflamasi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, rempah ini baik dikonsumsi selama masih dalam batas wajar.

5. Memiliki aktivitas antibakteri

Rimpang kunyit hitam, terbukti bisa menghambat pertumbuhan bakteri gram positif seperti Staphylococcus aureus dan bakteri gram negatif seperti E. coli. Kedua bakteri ini sangat sering menginfeksi manusia.Bakteri S. aureus merupakan biang kerok dari berbagai infeksi kulit termasuk bisul, dan E. coli sering menyebabkan diare maupun keracunan makanan.

6. Mengatasi penyumbatan pembuluh darah

Manfaat kunyit hitam yang cukup signifikan salah satunya adalah rempah ini dapat mengurangi gumpalan darah yang menyumbat di pembuluh darah. Saat pembuluh darah tersumbat, maka berbagai gangguan berbahaya seperti stroke dan masalah jantung bisa terjadi.
Manfaat kunyit hitam bisa meredakan gejala depresi
Kunyit hitam bisa membantu meredakan gejala depresi

7. Meredakan gejala depresi

Rempah yang satu ini juga dinilai bermanfaat untuk meredakan gejala depresi. Khasiat ini didapatkan dari ekstrak metanol di dalamnya yang setelah diteliti, ternyata mengandung flavonoid, saponin, dan asam tanin sebagai pelindung otak dari kerusakan sistem saraf pusat yang mengganggu respons antidepresi.

8. Mencegah kanker

Kanker terjadi saat sel-sel di tubuh rusak oleh mutasi yang disebabkan oleh paparan radikal bebas berlebih. Sementara itu, ekstrak kunyit hitam terbukti memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya mutasi tersebut.

9. Mengurangi efek samping obat kemoterapi

Pertumbuhan sel-sel kanker di tubuh bisa ditekan dengan prosedur kemoterapi alias mengonsumsi obat-obatan khusus yang bisa menghancurkan sel tersebut.Namun tidak jarang, obat kanker yang dikonsumsi tidak hanya menghancurkan sel kanker tapi juga sel sehat di sekitarnya.Kunyit hitam, sebagai rempah alami ternyata terbukti dapat mencegah efek samping dari cyclophosphosphamide yang merupakan obat kemoterapi. Sebab, kunyit hitam tinggi antioksidan, sehingga bisa mencegah kerusakan sel lebih lanjut.

Catatan dari SehatQ

Manfaat kunyit hitam untuk kesehatan memang sangat beragam. Namun, Anda tetap tidak disarankan untuk menjadikannya sebagai pengobatan utama dalam mengatasi penyakit, karena penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan banyak manfaat di atas.Apabila ingin mencoba menggunakan kunyit hitam sebagai pengobatan pendamping, pastikan untuk berkonsultasi ke dokter sebelumnya. Anda juga tetap perlu mewaspadai risiko efek samping yang mungkin muncul, seperti alergi.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang khasiat tanaman obat seperti kunyit hitam untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatherbaltanaman obat
PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26941535/
Diakses pada 27 Januari 2021
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/329487681_MEDICINAL_PROPERTIES_OF_BLACK_TURMERIC_A_REVIEW
Diakses pada 27 Januari 2021
Pharmaceutical and Bioscience Journal. http://www.ukjpb.com/article_details.php?id=271
Diakses pada 27 Januari 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5598318/
Diakses pada 27 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait