Intip Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Akibat KB

(0)
13 Sep 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cuka apel bisa dijadikan cara alami menghilangkan flek hitam di wajah akibat KBCara alami menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB salah satunya adalah cuka apel
Sama seperti obat pada umumnya, penggunaan kontrasepsi dengan metode pil maupun suntik, juga bisa menimbulkan efek samping, salah satunya flek hitam. Beruntung, saat ini sudah ada banyak cara alami menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB. Flek hitam bisa muncul saat kulit memproduksi terlalu banyak melanin, zat pewarna di kulit. Peningkatan produksi zat ini berkaitan erat dengan keberadaan hormon estrogen dan progesteron, dua hormon yang merupakan bahan baku utama dari pil KB ataupun suntik KB. Kedua hormon tersebut juga bisa diproduksi secara alami oleh tubuh dan biasanya meningkat saat masa kehamilan. Itulah sebabnya, flek coklat kehitaman juga sering muncul pada ibu hamil.

Cara alami menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB

Cara alami sering dipilih untuk menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB. Sebab, cara ini dinilai lebih praktis dan aman. Namun ingat, bahan alami pun bisa memicu alergi dan efek samping lain apabila tidak digunakan dengan tepat. Sehingga, Anda tetap perlu berhati-hati.Berikut ini beberapa tanaman yang dinilai dapat membantu memudarkan flek hitam di kulit.

1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung aloin, senyawa alami yang sudah terbukti bisa membantu mengatasi hiperpigmentasi di kulit. Untuk menggunakan lidah buaya sebagai penghilang flek hitam, berikut ini langkahnya.
  • Oleskan gel lidah buaya alami ke area kulit yang mengalami flek sebelum tidur.
  • Cuci wajah menggunakan air hangat keesokan paginya.
  • Ulangi setiap hari hingga warna kulit semakin merata.

2. Cuka apel

Manfaat cuka apel untuk kesehatan kulit sangatlah beragam, salah satunya sebagai penghilang flek hitam. Untuk menggunakan bahan ini, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.
  • Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1.
  • Oleskan campuran tersebut ke area kulit yang flek.
  • Ulangi dua kali sehari.
  • Segera cuci wajah setelah selesai mengoleskan cuka apel.
Jangan mengoleskan cuka apel langsung ke wajah tanpa melarutkannya terlebih dahulu. Sebab hal tersebut akan memicu iritasi di kulit. Jika iritasi masih tetap muncul meski Anda telah melarutkan cuka apel, segera hentikan penggunaannya.

3. Teh hijau

Menurut penelitian, kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dalam teh hijau, bisa menghambat terjadinya proses hiperpigmentasi yang dapat berujung pada munculnya flek hitam. Teh hijau juga mengandung asam gallat dan asam ellagic yang baik untuk kesehatan kulit.Penggunaan teh hijau sebagai cara menghilangkan flek hitam akibat KB cukup sederhana. Anda cukup mengompres area kulit yang flek dengan kantung teh hijau yang sudah diseduh selama beberapa menit setiap hari.Namun ingatlah untuk selalu menyesuaikan suhu kantung teh tersebut. Tunggu hingga tidak terlalu panas agar saat di kompres ke kulit, sehingga tidak menyebabkan luka atau iritasi.

4. Teh hitam

Untuk menggunakan teh hitam sebagai cara alami menghilangkan flek hitam di wajah, lakukan langkah-langkah berikut ini.
  • Seduh daun teh hitam dengan air panas.
  • Diamkan selama dua jam lalu saring.
  • Celupkan gulungan kapas kecil ke air teh hitam yang sudah dingin tersebut.
  • Oleskan ke area wajah yang mengalami flek hitam 2 kali sehari.
  • Lakukan enam hari seminggu selama empat minggu

5. Susu

Susu dapat menghilangkan flek hitam karena senyawa asam laktat yang dikandungnya. Berikut ini cara mudah menggunakan bahan susu untuk mengatasi efek samping penggunaan KB:
  • Celupkan gulungan kapas ke susu.
  • Oleskan kapas tersebut dua kali sehari ke area kulit yang flek.
  • Ulangi setiap hari hingga flek memudar.

6. Buah delima

Buah delima mengandung asam ellagic, sejenis antioksidan yang dinilai mampu memudarkan flek hitam di wajah, termasuk akibat penggunaan KB.Kandungan tersebut bekerja dengan cara menghambat kerja enzim tyrosinase, yaitu enzim yang berperan penting dalam pembentukan melanin. Untuk merasakan manfaat buah delima dalam menghilangkan flek hitam, Anda dapat mengoleskan esktraknya ke area wajah yang diperlukan secara rutin.

7. Bunga anggrek

Ekstrak bunga anggrek dinilai sama efektifnya dengan vitamin C untuk memudarkan flek hitam. Mengoleskan ekstrak bunga anggrek ke kulit selama delapan minggu secara rutin, dipercaya bisa memudarkan flek hitam serta mengecilkan ukuran flek.

8. Bawang merah

Bawang merah jenis Allium cepa dinilai baik untuk mengatasi flek hitam akibat penggunaan KB. Ekstrak bawang merah yang didapatkan dari kulit bawang merah kering seringkali menjadi campuran krim pencerah kulit.Meski begitu, perlu diingat bahwa penggunaan bawang merah untuk mencerahkan warna kulit ini dilakukan setelah tanaman tersebut diolah dengan cara tertentu. Jadi, Anda tidak disarankan untuk menempelkan langsung bawah merah ke kulit, karena berisiko menimbulkan iritasi.

Catatan dari SehatQ

Cara alami menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB ada beragam. Anda bisa memilih langkah yang dirasa paling sesuai dengan kondisi kulit. Namun ingat, meski alami, tetaplah berhati-hati dalam menggunakan bahan-bahan di atas.Selain dengan cara alami, Anda juga bisa menjalani perawatan dari dokter seperti menggunakan krim, ataupun menjalani prosedur dermabrasi hingga laser.
perawatan kulitpenggunaan kbflek hitamkontrasepsi
Family Doctor. https://familydoctor.org/condition/melasma/
Diakses pada 1 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-pigmentation
Diakses pada 1 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325920
Diakses pada 1 September 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/natural-remedies-for-dark-spots-4047382
Diakses pada 1 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait